Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur ini Sebaiknya Anda Hindari | jadditahu.com

Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur ini Sebaiknya Anda Hindari

Baca Juga

Kebiasaan buruk sebelum tidur
Kebiasaan buruk sebelum tidur
Kebiasaan buruk sebelum tidur yang sebagian orang lakukan,
kebanyakan disebabkan karena ketidak tahuan bahwa hal itu berdampak buruk bagi mereka.

Sebelum tidur sadar maupun tidak sadar, suatu kebiasaan akan menjadi rutinitas yang apabila tidak dilakukan sebelum tidur akan terasa ada yang kurang.

Sebagian orang mungkin mempunyai berbagai kebiasaan sebelum tidur entah itu kebiasaan yang baik atau kebiasaan buruk.

Sebelum tidur ada yang terbiasa memeriksa hand phone, minum segelas susu cokelat hangat, merokok, dan masih banyak lagi kebiasaan lain. 

Apakah anda sering kesulitan tidur atau sampai tidak bisa tidur dengan nyenyak? Mungkin hal ini ada kaitanya dengan kebiasaan anda sebelum beranjak tidur yang ternyata mempengaruhi tidur anda.

Sebagai contoh cerita seorang wanita, Dewi berumur 27 tahun adalah wanita karir yang mempunyai banyak aktifitas.

Sebuah smart phone tidak lepas dari genggamannya. Bahkan, sebelum dia tidurpun dewi rutin berselancar didunia maya dengan ponselnya atau hanya melihat update di akun media sosialnya. Apakah anda juga melakukan rutinitas itu seperti dewi?

Namun sebetulnya tanpa dewi sadari, kebiasaan sebelum tidur yang dilakukannya dapat berpengaruh buruk untuk kesehatannya. 

Mari kita simak bersama, kebiasaan apa saja yang berdampak buruk yang seharusnya tidak dilakukan sebelum tidur:


Kebiasaan Menggunakan Perangkat Elektronik Sebelum Tidur Ternyata Berdampak Buruk



Menurut study pada tahun 2013 yang dilakukan oleh Mayo Clinic mengungkap bahwa produksi hormon melatonin dapat terganggu karena penggunaan perangkat elektronik seperti smart phone, laptop atau menonton televisi sebelum beranjak tidur. 

Hormon melatonin ini memiliki fungsi dalam membantu seseorang untuk dapat tidur. Bisa dipastikan jika kebiasaan buruk sebelum tidur diatas rutin anda kerjakan, anda akan kesulitan tidur tentunya.

Untuk itu hindari kebiasaan penggunaan perangkat elektronik seperti contoh diatas minimal 1 jam sebelum Anda beranjak tidur, dan pastikan dalam penggunaan perangkat elektronik jarak aman antara layar dan mata minimal 30 cm.


Kebiasaan Buruk Minum Kopi Sebelum Tidur



Sebanyak 80 sampai 120 mg kafein terkandung dalam secangkir kopi yang biasanya anda minum. 

Dibutuhkan waktu paling tidak 12 jam lamanya agar kafein bisa hilang dalam tubuh. 

Kafein memberikan efek berupa tambahan energi dan meningkatnya kewaspadaan seseorang. Kopi sering digunakan agar lebih lama untuk tetap terjaga. 

Apabila sebelum tidur anda sering minum kopi, kafein yang terkandung dalam kopi merangsang otak anda seperti halnya kokain, heroin dan amfetamin.

Meskipun efek kafein dalam kopi dapat dibilang ringan, tetapi kafein mampu memanipulasi saluran otak yang membuat kafein bersifat adiktif/kecanduan.

Kebiasaan buruk ini bisa-bisa membuat anda mengalami insomnia. 

Insomnia merupakan kondisi dimana anda mengalami kesulitan tidur atau sama sekali tidak bisa tertidur. 

Bahkan dalam kasus pada beberapa orang, minum kopi saat makan siang bisa mengganggu kualitas tidur pada malam harinya.

Untuk itu sebaiknya kebiasaan buruk minum kopi khususnya menjelang tidur sebaiknya anda hindari agar anda lebih mudah terlelap. 


Kebiasaan Buruk Makan Pedas Atau Berlemak Dapat Gangu Tidur Anda



"Kalau gak makan pedas gak enak", ini contoh salah satu perkataan penggemar pedas.  

Kebiasaan makan pedas bagi sebagian orang adalah suatu kebutuhan dan kadang menjadi kegemaran, atau mungkin anda juga termasuk penggemarnya.

Makan dalam porsi besar dan berdekatan dengan jam tidur dapat membuat anda kesulitan untuk tidur, apalagi jika yang Anda konsumsi adalah makanan pedas dan berlemak. 

Kebiasaan makan pedas dan berlemak bisa memicu Gastroesophageal Reflux Disease  (GERD) yaitu nyeri pada bagian ulu hati dan sensasi terbakar pada dada karena asam lambung. 

Hindarilah kebiasaan buruk ini sebelum tidur dengan tidak makan paling tidak 2 jam sebelum anda beranjak tidur, hal ini bertujuan agar tubuh Anda memiliki cukup waktu untuk mencernanya.


Sebelum Tidur Jangan Minum Alkohol



Ketika Anda minum minuman beralkohol, maka ketika tidur mata anda akan mengalami pergerakan, hilangnya kekuatan otot, dan muncul mimpi yang nyata.

Gejala diatas disebut  REM (Rapid Eye Movement), Anda akan merasa lelah pada saat bangun dan sulit dalam berkonsentrasi. 

Selain itu, alkohol juga bersifat diuretik sehingga membuatmu harus sering-sering terbangun untuk buang air. 

Jadi kebiasaan minum alkohol sebelum tidur juga termasuk kebiasaan yang buruk.


Kebiasaan Merokok Sebelum Tidur berdampak buruk



Kebanyakan orang menjadikan rokok sebagai ‘pelarian’ untuk melepas stress dan agar merasa santai. 

Namun pada kenyatanya, dalam sebatang rokok terkandung zat nikotin yang memiliki sifat stimulan dan dapat menyebabkan kamu mengalami kesulitan tidur atau insomnia karena kebiasaan buruk ini. 

Jika mendekati waktu tidur maka efeknya akan bertambah parah. Jadi, jika Anda perokok dan mengalami kesulitan dalam tidur, sebaiknya anda kurangi kebiasaan buruk sebelum tidur yang satu ini.

Tapi alangkah baiknya pertimbangkan berhenti merokok.


Minum Air Terlalu Banyak Sebelum Tidur



Konsumsi air putih yang cukup memang dianjurkan bagi anda untuk mencegah dehidrasi, apalagi bagi anda dengan kamar tidur ber-AC. 

Namun, apabila masuk waktu menjelang tidur sebaiknya hindari minum air dalam jumlah yang yang berlebihan. 

Hal ini untuk mencegah Anda agar tidak terus-menerus terbangun  untuk ke kamar kecil, yang tentunya bisa mengganggu waktu tidur dan kualitas tidur anda.


Hindari Berolahraga terlalu berat Sebelum Tidur



Olahraga teratur memang dapat membantu mengatasi kesulitan tidur/insomnia dan mengatur siklus tidur yang baik. 

Namun, jika anda berolahraga terlalu berat sebelum tidur justru dapat membuat Anda mengalami kesulitan dalam tidur. 

Hal ini terjadi karena aktivitas fisik yang berat seperti olahraga dapat memicu pengeluaran hormon adrenalin, yang dapat menjadikan Anda terjaga sepanjang malam.


Selain melakukan tujuh kebiasaan di atas, maka coba carilah kebiasaan yang dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak.

Misalnya, melakukan meditasi sebelum beranjak tidur, mematikan lampu kamar, atau memutar musik klasik atau musik yang membuat anda rileks. Tidur pun tidak hanya menjadi nyenyak, tetapi juga menyehatkan dan membuat kita siap beraktifitas.

0 Response to "Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur ini Sebaiknya Anda Hindari"

Post a Comment