Manfaat Puasa Untuk Kesehatan dan khasiat lain di dalamnya | jadditahu.com

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan dan khasiat lain di dalamnya

Baca Juga


Manfaat puasa untuk kesehatan tidak diragukan lagi, ada banyak dan beragam. 


Bukan hanya wajib dijalankan ketika bulan suci ramadhan tiba, tetapi diluar itu bila anda mengerjakannya puasa dengan kesungguhan niat dan kesungguhan hati banyak faedah yang luar biasa yang akan anda dapatkan.

manfaat puasa untuk kesehatan

manfaat puasa untuk kesehatan



Fungsi puasa bukan hanya dapat dirasakan jiwa, dengan ketenangan hati dan semakin bertambahnya keimanan serta kedekatan hubungan batin kepada Allah SWT, tetapi puasa juga menyimpan banyak manfaat lain terutama dalam hal kesehatan tubuh.

Manfaat puasa untuk kebugaran badan, tubuh akan melakukan proses detoksifikasi yaitu mengeluarkan zat-zat racun yang banyak tertimbun dalam tubuh kita. 

Berikut beragam Fungsi puasa untuk kesehatan tubuh, yang akan kita ulas selengkapnya.

Semakin kita sering menjalankan puasa, tentunya racun yang dapat dikeluarkan semakin banyak dan membuat tubuh semakin bugar. 


Puasa Memiliki Manfaat Mengurangi Stress dan Menjaga Kesehatan Otak


Kesehatan otak menjadi lebih baik ketika anda puasa.

Merujuk hasil penelitian di Baltimore pada Institute of Aging ditemukan fakta bahwa permasalahan mental para penderita penyakit Parkinson dan Alzheimer dapat diringankan dengan menjalankan puasa.


Manfaat puasa bagi kesehatan

manfaat puasa untuk kesehatan otak



Dengan anda mengerjakan puasa maka neurotropik akan meningkat dan membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel otak baru yang akhirnya bisa membuat otak berfungsi lebih maksimal.

Otak menjadi sangat sehat dan maksimal dalam beroperasi dengan cukup hanya berpuasa dalam satu atau dua hari dalam seminggu, Jika puasa sebulan penuh bayangkan hasil yang anda dapatkan untuk kesehatan dan ketajaman otak anda.

Selain itu, khasiat puasa untuk kesehatan juga berfungsi untuk menurunkan jumlah hormon kortisol yaitu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal. 


Jika jumlah hormon kortisol turun maka tingkat stres pada seseorang akan berkurang.


Puasa menjaga keseimbangan anabolisme dan katabolisme


Puasa berbeda dengan starvasi atau kelaparan, kelaparan memiliki dampak mengganggu kesehatan tubuh. Tetapi sebaliknya dengan puasa, ketika anda berpuasa akan terjadi suatu keadaan dimana keseimbangan katabolisme dan anabolisme seimbang. Keseimbangan katabolisme dan anabolisme menyebabkan asam amino beserta bermacam-macam zat lainnya melakukan peranya dalam membantu proses peremajaan sel serta komponennya, menyediakan asam amino serta membantu produksi glukosa dalam darah.

Asupan nutrisi pada saat buka dan sahur memastikan hati memperoleh jumlah cadangan protein yang cukup sehingga tubuh akan tetap memproduksi protein esensial yang lain seperti fibrinogen, globulin dan albumin.



Hal diatas tidak terjadi saat starvasi (kelaparan) jangka panjang, penumpukan lemak nantinya akan terjadi  dalam jumlah besar, dan bisa mengakibatkan terjadinya sirosis hati. Tetapi ketika anda menjalankan puasa di bulan ramadhan, hati masih berfungsi dengan baik dan aktif.



Pelihara Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung Dengan Manfaat Puasa



Pada saat puasa, tubuh secara otomatis melakukan menaikkan HDL (Kolesterol Baik) dan menurunkan LDL (Kolesterol Jahat). Hal ini membuat jantung dan pembuluh darah tetap terjaga kesehatannya.


Penjelasan diatas jelas menunjukkan manfaat puasa untuk kesegaran penampilan luar maupun menjaga kesehatan organ vital dalam tubuh.


Berkurangnya asupan lemak jahat dapat mengurangi terbentuknya plak yang berpotensi menyumbat pembuluh darah.

Penyumbatan aliran darah karena plak dapat memicu berbagai ganguan pada pembuluh darah maupun jantung. 

Plak yang menyumbat aliran darah menuju jantung berakibat rawaannya terkena serangan jantung, kemudian bila plak menyumbat aliran darah yang menuju ke otak menyebabkan terjadinya stroke.

Puasa Mempunyai Khasiat Menurunkan Berat Badan


Mungkin selain untuk beribadah, sebagian orang menjalankan puasa dengan niat untuk menurunkan berat badan. 

Memang benar salah satu kegunaan puasa yang banyak diketahui adalah bisa menurunkan berat badan. 

Catatan yang harus dipenuhi agar faedah puasa diatas didapatkan adalah: 


Bila rakus menghabiskan makanan diatas meja, bukan hanya faedah puasa bagi kesehatan anda saja yang berkurang tetapi juga kekusyuan dalam beribadah juga berkurang.


Pola makan sehari-hari ketika tidak puasa umumnya berlebih dan tidak sehat, tetapi ketika menjalankan puasa pola makan otomatis akan berubah serta mempermudah kita untuk menurunkan berat badan. 

Anda tidak perlu lagi untuk melakukan diet ketat, ketika selama sahur dan berbuka puasa makanlah makanan yang sehat dengan porsi yang cukup.

ketika sahur sebaiknya kurangi asupan karbohidrat berlebihan, bila perlu makanlah nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Kandungan serat dalam nasi merah dapat membuat anda kenyang lebih lama.

Selain menghindari makan karbohidrat berlebih, agar lebih menambahkan efektifitas dalam menurunkan berat badan sebaiknya jangan tidur setelah selesai sahur. Kalori yang masuk ketika sahur sama saja akan anda tertimbun bila anda langsung tarik selimut.

Satu hal tambahan, sewaktu datang kumandang azan magrib tanda berbuka puasa, jangan balas dendam saat waktu buka ya. Perut boleh saja keroncongan seharian penuh, tapi bila makan tanpa ada batasan sama saja perut tetap buncit.


Manfaat puasa untuk menangkal radikal bebas. 


Apakah arti radikal bebas itu dan apa pengaruhnya pada tubuh kita?

Apakah arti radikal bebas itu dan apa pengaruhnya pada tubuh kita?



Definisi Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan kumpulan molekul yang bersifat reaktif pada tubuh manusia dan pada prinsipnya bisa merusak molekul penting yang berada dalam sel.

Sumber dari radikal bebas bisa berasal dari dalam tubuh akibat hasil dari metabolisme, maupun bersumber dari luar seperti sinar ultra violet, asap rokok,  zat pemicu radikal bebas yang terkandung pada makanan maupun sumber polutan lain.

Jumlah radikal bebas yang berlebih dalam tubuh dapat menurunkan aktivitas enzim yang bekerja, kerusakan dinding sel dan mutasi sel.

Ada beberapa penyakit akibat radikal bebas, diantaranya adalah kanker, jantung, katarak dan parkinson. Radikal bebas juga menyebabkan penampilan wajah mrngalami kulit menjadi keriput, penuaan dini dan timbul bintik kecoklatan.

Berikut merupakan sumber makanan yang mengandung anti oksidan.

1. Selenium

Selenium sebenarnya bukanlah termasuk dalam antioksidan tetapi selenium berperan dalam produksi enzym yang memiliki fungsi antioksidan. Makanan yang mengandung Selenium antara lain

  • kuning telur
  • bawang merah
  • bawang putih
  • brokoli
  • air minum
  • anggur merah


2. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang terlarut dalam lemak. Vitamin E dan Lipoprotein memberikan proteksi dalam tubuh dengan mencegah terjadinya oksidasi sehingga radikal bebas tidak  terbentuk.

3. Vitamin A

Seperti halnya Vitamin E, Vitamin A bisa terlarut dalam lemak. Vitamin A bereaksi dengan radikal bebas dan menjadi antioksidan.

4. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang mampu terlarut dalam air. Tubuh tidak mampu membentuk Vitamin dan sumber vitamin didapatkan dari makanan ( buah-buahan dan sayuran) maupun supplement.

Dengan Vitamin C radikal bebas dapat dilemahkan dan vitamin c memiliki peran penting dalam peningkatan sistem imun tubuh.

Vitamin C dan vitamin E bersirkulasi bersama di dalam tubuh dengan molekul Lipoprotein, melindunginya dari terjadinya oksidasi hingga mencegah terbentuknya radikal bebas.


Dengan kita berpuasa dan diimbangi dengan menginsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat mencegah beragam efek negatif akibat radikal bebas.


Manfaat Dalam Kesehatan Pikiran Karena Menjalankan Puasa



Yoga dan meditasi telah dikenal bermanfaat untuk ketenangan pikiran dan kesehatan, ternyata ketika sedang melakukan puasa ada manfaat tersembunyi yaitu pikiran seseorang menjadi lebih rileks dan melambat.

Puasa mengharuskan kita untuk menahan marah, tetap tersenyum, dan berpikiran positif. Karena sifat tersebut itu hormon endofin pun meningkat, akan timbul efek rasa nyaman dan pikiranpun tajam.

Manfaat puasa membuat anda bekerja semangat sesuai harapan pimpinan, banyak teman karena wajah berseri. Tampak awet muda penampilan anda. Lengkap bukan!

Hormon endofin ternyata juga berpengaruh untuk daya imun tubuh, bila diproduksi dalam jumlah banyak akan membuat anda lebih semangat dalam bekerja, melawan racun serta mencegah penuaan.


Pikiran yang melambat dapat meningkatkan daya konsentrasi sehingga membuat kita bekerja lebih tajam dan kreatif.


Puasa Untuk Mengurangi Kebiasaan Buruk Yang Menganggu Kesehatan 


Pada saat anda mengerjakan puasa yang didalamnya terdapat larangan untuk berbuat segala hal-hal berbau negatif, maka secara tidak langsung ketika puasa perbuatan dan kebiasaan negatif dapat ditangkal dan dijauhi.

Puasa dapat anda jadikan titik balik dari segala hal buruk menuju hal yang suci dan baik.

Pasda saat inilah momentum yang paling tepat untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti halnya pola makan tidak sehat pada siang hari dan merokok adalah ketika berpuasa.



Puasa bermanfaat melatih kita agar lebih bisa mengendalikan diri untuk tidak melakukan hal diatas. Kebiasaan buruk bisa anda minimalisir atau malah bisa anda hilangkan dengan puasa.

Puasa mengajarkan kita untuk berlatih menahan diri meskipun apa yang kita inginkan ada di depan mata.


Puasa Memiliki Manfaat Menjaga Kesehatan Ginjal


Seperti yang kebanyakan orang ketahui, ginjal merupakan salah satu organ vital yang memiliki fungsi amat penting di dalam tubuh manusia.


Fungsi dari organ gijal adalah sebagai sarana bagi tubuh kita untuk melakukan penyaring kotoran dalam darah yang selanjutnya dibuang melalui urin manusia. 

Zat berbahaya dari segala yang kita makan dan minum disaring melalui  ginjal. 

Ginjal berperan dalm penyaringan glukosa, gizi dan zat lainnya yang terdapat di dalam tubuh.

Ginjal akan berfungsi maksimal jika kekuatan osmosis dalam urin berada pada kisaran 1000-12.000 ml osmosis/kg air. 

Ginjal dapat  mencapai target osmosisnya  ketika kita berpuasa, asupan air ke dalam tubuh berkurang. 

Hal tersebut akan memberi dampak yang baik terhadap kesehatan ginjal anda.

Bukan hanya itu, jumlah volume darah dalam tubuh juga diatur organ ginjal sehingga darah yang ada di dalam tubuh tetap seimbang.

Keseimbangan kimia dalam darah terjaga dan mencegah PH darah agar tidak terlalu asam.

Manfaat puasa untuk kesehatan ginjal seperti dijelaskan diatas, terbukti meringankan kerja ginjal dan menyehatkan organ penting ini.


Melalui Puasa Kesehatan Dalam Tubuh Dapat Terjaga, Karena Proses Detoxsifikasi 


Manfaat puasa berikutnya adalah mendetoksifikasi racun dalam tubuh, khususnya pada sistem pencernaan.

Seperti yang diungkapkan Dr Mehmet Cengiz Oz atau yang lebih dikenal dengan program televisinya lewat Dr Oz.

Menurut Dr Oz tubuh mengkondisikan untuk membuang racun dalam tubuh ketika puasa, hal itu tentunya akan semakin menyehatkan tubuh orang yang sedang menjalankan puasa.

Saat puasa tubuh membakar cadangan lemak sebagai energi untuk menggantikan asupan makanan, Kemudian racun-racun dalam tubuh juga ikut terbakar bersama dengan terbakarnya cadangan lemak.

Tubuh dianugerahi kemampuan alami dalam hal sistem detoksifikasi.

Terlebih di bulan puasa, dengan teraturnya pola makan di bulan puasa membuat hati, usus besar dan ginjal yang merupakan organ metabolisme detoks akan secara sistematis mengolah dan memilah makanan beserta racun yang mungkin terkandung di dalamnya.

Tubuh kita akan lebih lancar dan natural melakukan detoksifikasi karena manfaat puasa.

Dalam situs resminya Dr Oz menjelaskan, untuk lebih memaksimalkan detoksifikasi saat puasa ada pilihan item menu yang disarankan dikonsumsi.
  • Menu pertama adalah nanas
Nanas  dapat melancarkan pencernaan karena mengandung zat yang bisa melancarkan pencernaan.
  • Menu kedua adalah pisang
Pisang mengandung  vitamin B6 yang merupakan salah satu kandungan yang untuk memperlancar proses detoksifikasi.
  • Menu terakhir yaitu jahe
Kandungan dalam Jahe mampu merangsang kinerja empedu agar lebih maksimal.

Disamping tiga menu diatas masih ada sayuran-sayuran yang memiliki kandungan yang baik bagi proses detoksifikasi diantaranya seledri, lobak, kol dan mentimun.

Manfaat puasa bagi kesehatan dapat dimaksimalkan dengan pembuangan racun melalui proses detoksifikasi dengan asupan makanan pendukung diatas.

Menu makanan diatas mudah dicari di pasaran dan dengan asupan seimbang manfaat puasa akan lebih terasa kamu rasakan.


Puasa Memiliki Manfaat Untuk Mencegah Diabetes


Penyebab penyakit diabetes oleh kadar gula dan kolesterol yang tinggi. 

Dengan anda menjalankan puasa, konsumsi makanan yang manis-manis dan berlemak pastinya berkurang, sehingga menghindarkan anda dari penyakit diabetes dan turunannya.


Manfaat Puasa Dalam Penyerapan Nutrisi dan Menjaga Kesehatan


Ketika metabolisme dalam tubuh berjalan lancar, maka nutrisi makanan dapat terserap lebih sempurna oleh tubuh. 

Itu semua dapat terjadi saat anda sedang menjalankan puasa.


Puasa Memiliki Manfaat Meningkatkan Imun



Dilansir dailymail.co.uk mengungkapkan sebuah penelitian mengenai manfaat positif puasa dalam membangun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun anda.

Valter Longo, seorang profesor kesehatan dari University of Southern California mengungkapkan saat anda merasa lapar, maka tubuh dengan sendirinya melalui sistem kesehatan tubuh akan melakukan penghematan energi.

Tubuh melakukan penghematan energi salah satunya dengan mendaur ulang kembali sel-sel imun yang tidak lagi diperlukan tubuh.

Sel induk yang menerima sinyal dari tubuh untuk melakukan proses regenerasi dengan membangun sistem yang rusak untuk kembali difungsikan.

Dengan proses diatas  sistem kekebalan tubuh yang baru bisa dihasilkan, sehingga anda terhindarkan dari berbagai serangan virus dan penyakit yang mengganggu kesehatan.

Manfaat diatas bisa anda dapatkan ketika puasa karena saat puasa otomatis anda akan merasa lapar dan akhirnya terjadi peningkatan imun.

Itulah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. 


Sebagai umat muslim kita sepatutnya bersyukur telah diberi kesempatan untuk kembali menjalankan puasa ramadhan dan merasakan manfaat yang besar terutama untuk kesehatan tubuh kita.



0 Response to "Manfaat Puasa Untuk Kesehatan dan khasiat lain di dalamnya"

Post a Comment