Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Pengalaman Belanja di jd.id Dengan Pembayaran COD - compare harga tokopedia

Baca Juga

Pengalaman Belanja di jd.id

Pengalaman Belanja di jd.id 

Pengalaman belanja di jd.id yang saya alami untuk pertama kalinya berkesan memuaskan, khususnya untuk pembelian barang elektronik.

Bila mendengar kata-kata belanja online, yang terlintas dipikiran kita biasanya belanja online memiliki hal-hal negatif. Hal negatif itu diantaranya rawan penipuan, barang yang diterima tidak sesuai harapan dan barang diterima dalam kondisi rusak.


Seperti pengalaman belanja yang saya bahas pada artikel sebelumnya mengenai pengalaman belanja saya di toko online shopee yang biasanya menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Tetapi kali ini saya akan mencoba belanja barang elektronik berukuran besar seperti tv, kulkas, kompor dll.

Pada kesempatan kali ini yang akan saya review adalah tentang pengalaman belanja di jd.id dengan cara pembayaran COD ( Cash on delivery atau Pembayaran setelah barang diterima).


Kenapa saya pilih pembayaran dengan cara COD?


Karena ketika kita berbelanja barang elektronik di toko online terlebih barang pesanan kita memiliki ukuran yang besar dan ditambah lagi kita belum memiliki pengalaman belanja di suatu toko online yang notabenya belum kita ketahui baik atau tidaknya pelayanannya, pasti kita tidak mau mengambil resiko menghabiskan uang untuk barang belajaan online yang mungkin tidak sesuai harapan.

Kenapa saya memilih belanja di jd.id?


Toko online yang baik selain memiliki barang dagangan yang lengkap, umumnya juga memiliki situs website yang terlihat baik dan tidak sembarangan. Dilihat dari segi tampilan toko onlinenya jd.id bisa dibilang memenuhi syarat.

Baik buruknya pelayanan juga bisa dilihat dari pendapat orang lain.

Pengalaman belanja orang lain yang pernah belanja di jd.id, sedikit banyak memberikan gambaran mengenai kondisi barang, cara pembayaran, kecepatan pengiriman atau hanya komentar kepuasan.

Sejauh ini jd.id tidak meragukan dilihat dari review komentar dari para pembeli.

Hampir semua para pembeli memberikan penilaian baik dalam baris komentar yang berisi review positif berdasarkan pengalaman belanja mereka masing-masing di jd.id.

Walaupun ada satu atau dua pembeli yang mengungkapkan pengalaman tidak puas dan mengalami kejadian seperti barang yang dikirim rusak ketika belanja di jd.id, tetapi jd.id langsung memberi tanggapan dan solusi atas komplain pelanggan dalam tanggapan komentar.

Hal itu saya rasa adalah modal baik bagi toko online itu sendiri, karena calon pembeli akan merasa yakin untuk belanja di jd.id.

Sebelum melakukan pesanan pembelian di jd.id saya hubungi customer service terlebih dahulu untuk menanyakan syarat dan ketentuan mengenai kerusakan barang untuk pengiriman COD saya nantinya.

Dari live chat dengan cs jd.id, info awal yang saya dapatkan mengenai beberapa hal tentang pengiriman barang dengan pembayaran COD yaitu :

Pengalaman Belanja di jd.id

Pengalaman Belanja di jd.id 

Ketika barang diterima dan terdapat kerusakan, barang mendapat jaminan pengembalian dan refund.

Pengembalian barang yang cacat atau rusak bisa dilakukan melalui kurir pengirim langsung apabila kurir bersedia (jadi ketika barang yang diantar ke rumah anda mengalami masalah atau rusak dan ingin dikembalikan, bisa langsung dikembalikan saat itu juga kepada kurir pengantar barang dengan catatan kurir bersedia)

Pengembalian juga bisa dilakukan dengan pickup barang untuk wilayah jabodetabek (anda yang beralamat di wilayah jabodetabek mendapat fasilitas penjemputan langsung ke rumah untuk pengambilan barang rusak)

Dana dapat di refund setelah anda melakukan konfirmasi ke pihak jd.id atas pengembalian kembali barang rusak/cacat.

Refund yang melalui pembayaran transfer diperkirakan membutuhkan waktu 3-5 hari dan pembayaran melalui kartu kredit membutuhkan waktu 7-14 hari.

Bagi kamu yang beralamat di luar jabodetabek barang juga bisa dikembalikan melalui ekspedisi pengiriman kemudian ongkos kirim akan diganti oleh jd.id, dengan catatan menggunakan pengiriman reguler / pengiriman biasa dan bukan kilat dengan melampirkan resi pengiriman.

mengenai kepuasan mereka dan pelayanan customer service baik call center maupun live chat, membuat saya ingin mencoba belanja di jd.id.


Pengalaman belanja di jd.id berdasarkan harga barang




Pengalaman Belanja di jd.id

Pengalaman Belanja di jd.id 

Pengalaman ketika saya coba melakukan perbandingan ketika belanja online sebuah televisi 32" dengan merek dan tipe yang sama, di dua toko online berbeda terdapat selisih harga yang lumayan. Berikut hasil perbandingannya:

Setelah mencari tipe dan merek yang sama dan saya coba belanja dan bandingkan antara salah satu toko online yang sudah terkenal yaitu tokopedia, harga termurah yang ditawarkan di salah satu lapak adalah Rp 3.035 ribu, dan di shopee harga yang ditawarkan adalah Rp. 3.099 ribu, selisih 64 rb lebih mahal harga di jd.id.

Tapi jangan salah, bila diteliti lebih jauh harga yang ditawarkan ketika kamu belanja di jd.id tidak ada tambahan biaya lagi dalam hal ongkos kirim, alias free ongkir dan berlaku untuk pengiriman seluruh indonesia.

Jadi harga yang tertera pada toko online sama dengan jumlah pembayaran atas pesanan kamu. Total pembayaran untuk belanjaan saya di jd.id sebesar Rp 3.099 ribu dan bagi anda yang beralamat di luar pulau jawa, harga ditawarkan tetap sama.


Hal diatas adalah cerita berdasarkan pengalaman pembayaran untuk belanjaan saya di jd.id kemarin.

Kita beralih mencoba belanja di tokopedia, harga yang ditawarkan memang lebih murah, tetapi ketika anda akan melakukan pembayaran ada tambahan ekstra biaya belanja sebesar antara 180-280 untuk ongkos kirim dan ditambah biaya tambahan 5 ribu.

Tutorial cara belanja jd.id





Harga produk sebesar Rp 3.035 ribu, saya mencoba menggunakan jasa pengiriman JNE dengan ongkos kirim reguler sebesar 210 ribu dan biaya tambahan 5 ribu (biaya tambahan ini belum saya ketahui biaya apa). Total pembayaran keseluruhan untuk belanjaan saya di tokopedia kali ini sebesar Rp 3.250 ribu.

Bila alamat kamu di luar pulau jawa bisa dipastikan memiliki ongkos kirim yang lebih mahal.

Jadi tetap saja bila ditotal ongkos kirimnya membuat harga lebih mahal dalam total pembayarannya.

Karena itu saya lebih memilih belanja di jd.id agar lebih hemat, total cost yang bisa dihemat Rp 151 ribu.


Pengalaman belanja di jd.id berdasarkan lama pengiriman



Karena disini pengalaman belanja yang dibahasadalah di jd.id, maka pembahasan untuk lamanya waktu barang sampai ke alamat rumah adalah berdasarkan pengalaman saya belanja televisi di jd.id kemarin.

Ketika melakukan pesanan melalui aplikasi tercatat waktu pemesanan saya tanggal 04 mei jam 9 malam. Keesokan paginya tanggal 05 Mei kiriman notifikasi jd.id masuk melalui sms jam 11 siang, mengonfirmasikan tentang nomor pesanan saya dan informasi bahwa barang belanjaan telah ada pada jasa pengiriman.

Nah, dengan nomor pesanan yang kita dapat dari sms tadi status pengiriman dapat kita pantau secara langsung.

Loh Bagaimana caranya mengetahui status barang belanja anda di jd.id ?


Pengiriman barang belanja anda di jd.id menggunakan jasa kiriman khusus bernama j-express atau Jx.

Dilihat dari namanya mungkin j-express dikelola sendiri oleh jd.id, karena setiap anda memesan barang di jd.id selalu menggunakan jasa pengiriman ini.

Pengalaman Belanja di jd.id

Pengalaman Belanja di jd.id 

Buka situs j-express.id, disutu ada isian 2 kolom kosong. kolom pertama kamu bisa isi nomor AWB (Air way Bill) dan kolom kedua kamu isi nomor pesanan yang tadi. Isi nomor pesanan di kolom ke 2 dan cari.

Pengiriman dengan j-express menurut pengalaman saya kemarin membutuhkan waktu 3-5 hari untuk alamat pengiriman pulau jawa dan 7-14 hari untuk pengiriman di luar pulau jawa.

Disitus jasa pengirimannya terdapat status pengiriman yang lumayan lengkap. Dari mulai barang sampai ke jasa pengiriman, barang sampai ke wilayah transit, barang akan sampai di alamat tujuan kamu, sampai nama kurir dan nomor HP si kurir pengantar barang belanja anda di jd.id.

Ketika barang sudah dalam perjalanan menuju alamat tujuan, kamu juga bisa melakukan tracking lokasi keberadaan barang pesanan anda.

Bila barang akan sampai ke alamat anda si kurir biasanya akan mengirimkan sms yang menyatakan konfirmasi barang anda dan dia juga bertanya tentang patokan wilayah sekitar rumah anda agar dia tidak bingung nantinya dalam mengantar barang anda.

Baik kita kembali lagi tentang barang belanjaan yang masih dalam perjalanan, tanggal 08 Mei barang pesanan saya sudah berada di kota transit. Selanjutnya update status pengiriman pada situsnya mencantumkan tanggal 09 Mei barang sudah sampai pada kota tujuan. Pada hari itu juga jam 9 pagi status barang sudah proses kurir dan siap untuk dikirim.

Akhirnya pesanan saya berupa televisi 32"sampai di rumah dengan selamat lengkap dengan kartu garansi didalamnya tanggal 9 Mei jam 7 malam, sesuai yang dijanjikan maksimal 5 hari pengiriman untuk wilayah pulau jawa.

Pembayaranpun saya lakukan di tempat ketika barang sampai di tangan alias COD.

Penilaian setelah belanja di jd.id


Seperti yang saya bilang diatas, penilaian seseorang bisa membantu orang lain dalam berbelanja khususnya ketika belanja online.

Setelah berbelanja baik atau buruknya pelayanan yang kamu terima, di jd.id kamu dapat menyampaikan kritik saran atau pendapat setelah belanja.

Sampaikan pendapat kamu di menu pesanan saya. Klik pilihan evaluasi, di dalamnya ada penilaian berupa bintang dari 1 sampai 5 dan dibawahnya terdapat kolom komentar untuk menampung unek-unek kamu.

Berikut sekelumit pengalaman belanja di jd.id yang saya rasa baik dan patut dapat bintang 5, semoga bermanfaat.


Bila ada yang ditanyakan, bisa mengisi kolom komentar dibawah.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

4 Responses to "Pengalaman Belanja di jd.id Dengan Pembayaran COD - compare harga tokopedia"

  1. mau tanya bang,, ini sayakan maunya coba-coba eehh malah kepencet,, saat pembatalan lupa nekan,, alahasil barang sudah status kirim,, metode pembayaran COD,, apakah bisa cancel barangnya? kalo bisa gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin saya juga mengalami kasus yang sama gan, dan saya langsung menghubungi customer service di nomor 1500618 atau 021-6330202 / 101. Ketika itu barang sudah di gudang jd.id dan langsung bisa dibatalkan saat itu juga. Ikuti instruksi dari CS ya

      Delete
    2. misal kurir udah di depan rumah bisa? buat jaga" aja, karena udah live chat katanya masih dicari dan diproses..

      Delete
    3. Jika kurir sudah di depan rumah, kalau posisi sudah konfirmasi pembatalan ke CS mungkin bisa gan. Hal terpenting adalah konfirmasi pembatalan pesanan dulu. Karena tugas kurir dalam hal ini hanya mengantarkan barang sesuai instruksi dari pusatnya.

      Delete