Cara index postingan blog di google dan bing dengan sitemap webmaster | jadditahu.com

Cara index postingan blog di google dan bing dengan sitemap webmaster

Baca Juga

Sesuai dengan judul diatas, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara agar postingan yang kamu buat tampil atau terindex di mesin pencari menggunakan tool webmaster. Tetapi lebih baik kita bahas dulu "apa keuntungan jika postingan kamu terindex di google dan bing?"


Tujuan dari seseorang membuat suatu blog adalah berbagi informasi mengenai hal-hal yang dia ketahui melalui postingan yang dibuat kepada orang lain atau share informasi. Saat ini jika seseorang membutuhkan suatu informasi, hal yang terpikirkan adalah mencari informasi dari internet melalui mesin pencari seperti google dan bing.

Membuat Sitemap Blog Google Bing Webmaster

index postingan blog di google dan bing webmaster

Informasi dari halaman halaman web atau blog yang dikelola seseorang bisa ditemukan oleh orang lain lewat mesin pencari apabila sudah terindex. Lalu apa yang harus dilakukan supaya postingan bisa dengan mudah ditemukan pada mesin terindex? Disinilah salah satu fungsi dari tool webmaster yaitu membantu membuat blog agar terindex atau termuat di mesin pencari dengan membuat sitemap.

Sitemap atau peta situs berisi semua halaman artikel yang dibuat pada suatu blog atau situs web dan secara otomatis akan mengindex postingan kamu di mesin pencari, halaman blog yang terindex akan bisa ditemukan dengan mesin pencari melalui keyword pencarian.


Kenapa harus index postingan dengan sitemap webmaster google dan bing?



Mesin pencari Google adalah yang paling banyak digunakan dan hampir semua informasi dapat ditemukan disini. Cara penggunaan yang simple mampu menarik para pencari informasi. Sedangkan bing menempati urutan kedua karena bila sitemap blog atau situs web kamu didaftarkan pada mesin pencari ini, biasanya postingan kamu akan terindex juga di mesin pencari yahoo.

Bagaimana langkah-langkah cara submit dan index dengan postingan di google webmaster?



Untuk cara yang satu ini, kita menggunakan tool webmaster yang telah disediakan google, tool ini membantu google bot (robot pencari yang berfungsi menemukan informasi berbagai situs untuk diindex di mesin pencari).

Berikut langkah-langkah pembuatan google sitemap pada webmaster:


index postingan blog di google dan bing webmaster 

A. Terlebih dulu lakukan proses verifikasi atas situs blog atau website kamu. Proses verifikasi ini bertujuan untuk memastikan pemilik dari situs yang akan diindex sesuai dengan pemilik situs sesungguhnya.

Dengan memasukkan kode html tertentu ke template untuk ditambahkan. Sesuai pada gambar diatas (1) Buka menu setting dan pilih "search preferences" dan (2) pilih edit pada "google console"untuk membuka menu google webmaster tool.



Membuat Sitemap Blog Google Bing Webmaster

index postingan blog di google dan bing webmaster

B. Setelah masuk pada webmaster (1) tambahkan situs kamu pada pilihan "add property", (2) akan muncul pop-up kolom isian alamat website seperti gambar disamping. Isikan alamat home page kemudian tambahkan dengan klik add.

C. Setelah menambahkan alamat home page, tool webmaster akan mensyaratkan untuk melakukan konfirmasi kepemilikan situs dengan cara melakukan copy paste meta name sesuai yang diberikan untuk ditambahkan pada kode html pada template.
Membuat Sitemap Blog Google Bing Webmaster

index postingan blog di google dan bing webmaster

Kamu bisa tambahkan meta name diatas dengan (1) kembali ke menu awal dan pilih " theme"  dan klik "edit HTML". (2) Tambahkan atau Paste kode meta name dibawah kode <head> (untuk mencarinya ketik ctrl+f dan search  <head>  pada kolom pencariaanatau sebelum kode </head> seperti contoh dibawah.

<html> <head> <meta name="msvalidate.01" content="KODE META NAME KAMU" /> <title>Your SEO optimized title</title></head> <body>page contents </body> </html> 

Setelah ditambahkan (3) Simpan perubahan template dengan "save theme". Buka kembali halaman webmaster dan pilih "verifikasi".

6. Setelah berhasil diverifikasi beginilah tampilan website kamu, lanjutkan membuat sitemap dengan klik alamat website seperti dibawah.

Membuat Sitemap Blog Google Bing Webmaster

index postingan blog di google dan bing webmaster

Klik "sitemap" pada dashbor dan pilih "add sitemap" di pojok kanan. Isikan kolom dengan sitemap.xml kemudian pilih "add". Setelah selesai maka akan ada tampilan seperti diatas. Halaman website kamu perlahan akan tersubmit keseluruhannya, selang beberapa hari satu demi satu halaman yang tersubmit akan berubah status menjadi ter index yang menandakan halaman yang itu sudah berhasil ditampilkan pada mesin pencari google. Kamu juga bisa melihat peringkat postingan kamu di mesin pencari dengan tool lain.


Uraian diatas telah kita bahas bersama tentang cara index postingan di mesin pencari google.

Lalu bagaimana jika kamu juga ingin index semua halaman website atau blogmu di mesin pencari bing atau yahoo?


Langkah-langkah membuat dalam mengindex di bing tidak jauh berbeda dengan cara index postingan di google, sama-sama melalui webmaster masing-masing situs pencari.

Baiklah langsung saja berikut langkah-langkahnya.

Membuat Sitemap Blog Google Bing Webmaster

index postingan blog di google dan bing webmaster

Buka bing webmaster tool disini, bagi kamu yang belum mempunyai username terlebih dahulu sign up dan bagi yang sudah langsung sign in dengan akun kamu dan masuk di menu webmasternya.

A. Pilih add site kemudian (1) isi dengan home page kamu kemudian klik add. Website atau blog yang berhasil ditambahkan saat ini masih belum diverifikasi, (2) pilih "verify now" untuk melanjutkannya.

B. Lanjutkan dengan cara (3) verifikasi kode html sama dengan poin C (1,2 dan 3) pada cara menambah sitemap pada webmaster google diatas. Bedanya kali ini kode yang diberikan bing webmaster berbeda dengan kode di webmaster google. Tetap tambahkan kode html dibawah <head> didalam template seperti panduan yang saya jelaskan diatas.

C. Setelah terverifikasi, kembali ke halaman utama dan pilih "add sitemap" untuk membuat sitemap bing situs web kamu. Isi kolom dengan home page kamu dan sitemap sesuai dengan gambar dibawah. Klik add dan sitemap sudah berhasil dibuat.

Membuat Sitemap Blog Google Bing Webmaster

index postingan blog di google dan bing webmaster

Sama halnya dengan webmaster pada google, webmaster bing memerlukan beberapa hari untuk bisa mengindeks semua halaman situs web atau blog kamu.

Lama pengindeksan halaman tergantung pada jumlah halaman situs web atau blog yang kamu buat. Biasanya untuk melakukan index 1 halaman web, tool webmaster memerlukan waktu satu sampai dua hari untuk bisa terindeks.


Nah diatas telah kita bahas bersama tentang Cara 
index postingan blog di google dan bing webmaster dari awal sampai selesai, semoga berguna.


5 Responses to "Cara index postingan blog di google dan bing dengan sitemap webmaster"

  1. salah satu kunci sukses seorang blogger adalah memahami lebih detail tentant webmaster tools ini, pentingnya data terstruktur blog akan membuat blog cepat terindeks juga yah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas ralabuma, walau kita lupa untuk mengindeks postingan kita. Webmastertool akan otomatis merayapi postingan kita di mesin pencarinya

      Delete
  2. Google Webmaster Telah Menghadirkan Fitur Cepat Untuk Mengindeks google Tanpa Harus Mamasuki Halamannya.

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Apart from changes made to the company website, the assumption is often that the company and, if it is using one, its SEO service, has zero control over what appears in search engine results.Blog Comment

    ReplyDelete