Cara mengunci flashdisk dengan password BitLocker dengan mudah | jadditahu.com

Cara mengunci flashdisk dengan password BitLocker dengan mudah

Baca Juga

Cara mengunci flashdisk password BitLocker

Sesuai dengan judul diatas, kita akan bahas bersama cara mengunci flashdisk pribadi kamu menggunakan password yang dibuat untuk menjaga keamanan data dan privasimu.
Mungkin sobat pernah mengalami perangkat penyimpanan seperti flashdisk pribadi dibuka oleh orang lain baik teman maupun sahabat, padahal didalamnya terdapat berbagai data-data yang tidak ingin sobat share dengan orang lain, sekalipun orang terdekat.

Kenapa memilih mengunci flashdisk dengan password, yang kita akan bahas kali ini?

Karena flashdisk merupakan media penyimpanan yang berfungsi sebagai backup data-data pribadi maupun data kantor yang terkadang memiliki tingkat kerahasiaan yang tidak boleh orang lain tahu agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan maupun penyalahgunaan data pribadi.

Bagaimana cara mengunci flaahdisk kita dengan  password agar aman?

Flashdisk pribadimu dapat diproteksi dengan menambahkan password dengan aplikasi bawaan komputer pada segala jenis operation system windows. Aplikasi ini bernama Bitlocker.

Cara mengunci flashdisk password BitLocker

Cara mengunci flashdisk password BitLocker

Cara penggunaan bitlocker pertama dapat sobat cari dengan klik tombol icon windows yang ada pada pejok kiri bawah layar komputer.

Pada kolom pencarian ketik bitlocker maka akan tampil aplikasi menu atau sub menu bitlocker, pilih manager bitlocker untuk membuka aplikasinya.

Setelah membuka aplikasinya, disitu akan ditampilkan drive yang ada pada komputer kamu (Drive C, D,  E, atau yang lain) termasuk perangkan penyimpanan kamu (flashdisk) beserta statusnya, status off (jika drive atau penyimpanan belum terproteksi password bitlocker) dan status on (bila sudah terproteksi password bitlocker).

Klik turn on bitlocker pada samping icon media penyimpanan untuk memulai proses enkrisi pemberian password pada flashdisk, selain flashdisk pemberian password juga bisa dilakukan untuk drive yang lain pada komputer. Jadi selain flashsisk, drive pada hardisk komputer juga bisa diberi password pengaman lho. Tinggal pilih turn on bitlocker pada media penyimpanan yang akan dikunci.



 flashdisk password BitLocker

Centang kotak use password to unlock drive untuk memberikan password yang kamu buat sendiri. Terdapat dua kolom untuk mengisi password yang kamu buat, dan kolom yang satunya untuk mengetik ulang password yang tadi dibuat (retype password). Isikedua kolom itu dengan kata atau huruf yang sama (INGAT DAN CATAT PASSWORD YANG KAMU BUAT) dan klik tombol next untuk melanjutkan.

Kemudian ada pilihan tentang dimana kamu akan menyimpan recovery key (kunci apabila password yang kamu buat nanti mungkin terlupa atau lupa password). Bisa kamu simpan dalam bentuk file atau langsung sobat print.

Bila sobat menyimpan recovery key dalam bentuk file, akan ada pilihan tempat dimana recovery file tersebut disimpan. Simpan sesuai keinginan sobat.

flashdisk password BitLocker

flashdisk password BitLocker

Setelah menyimpan bitlocker recovery key akan ada pop up yang dengan tulisan "are you ready to encrpt this drive?" ( Apa kamu siap melakukan enkripsi untuk drive ini? ). Klik Start encrypting untuk memulai proses encripsi. Proses enkripsi mungkin membutuhkan waktu satu jam atau lebih.



flashdisk password BitLocker

flashdisk password BitLocker

Tunggu sampai proses enkripsi selesai dan complete, setelah proses selesai setiap sobat akan membuka flashdisk dalam komputer akan ada pop up yang meminta untuk mengisikan password. Isikan password sesuai dengan password pilihan sobat diatas. Flashdisk pun aman dari tangan-tangan jahil.


Kekurangan mengunci flashdisk dengan password bitlocker

Ketika flashdisk dikunci dengan password bitlocker media lain seperti mp3 player, Mp4 player, atau media pemutaran file vidio,foto atau dokumen lainnya tidak bisa membaca data yang tersimpan dalam flashdisk. Hanya laptop atau komputer yang bisa membuka kunci bitlocker dan melihat file didalamnya.

Berikut ulasan tentang cara mengunci flashdisk dengan password bitlocker. Semoga berguna, jika berkenan tinggalkan jejak komentar atau share ya.



0 Response to "Cara mengunci flashdisk dengan password BitLocker dengan mudah"

Post a Comment