cara Mengatasi Error 404 Page not Found | jadditahu.com

cara Mengatasi Error 404 Page not Found

Baca Juga

mengatasi eror 404 page not found

mengatasi error 404 page not found

Untuk menghilangkan error 404 page not found atau halaman tidak ditemukan sangat mudah.
Tentu kamu pernah merasa kesal ketika membuka situs web atau blogmu sendiri terdapat peringatan eror karena mesin perayap tidak bisa menemukan suatu halaman yang telah terindex pada google webmaster tool. Kamu hanya perlu membuka google webmaster tool  untuk menghapus suatu halaman atau post yang berstatus crawl error 404.

Kenapa bisa terjadi error 404 - page not found atau halaman tidak ditemukan?

Kesalahan ini bisa terjadi ketika link post maupun artikel pada blog atau situs kamu ada yang tidak sengaja terhapus atau bisa juga karena kamu hapus suatu link tanpa terlebih dahulu melakukan remove url (menghilangkan link) yang sudah terlanjur terhapus, akibatnya akan terjadi broken link (link rusak). Selain itu penyebab eror 404 bisa juga karena salah ketik sub domain suatu blog atau situs website dan alamat url yang sudah kedaluarsa.

Ketika jumlah page not found banyak, kita harus menghapus satu per satu crawl link yang eror pada webmaster. Penghapusan link dengan cara manual bisa efektif dalam menghilangkan crawl error. Jika sudah tidak ditemukan eror saat google bot melakukan perayapan pada webmaster, jangan lupa untuk memantau secara continue dan secara rutin untuk memastikan webmaster terbebas dari halaman yang tidak ditemukan.

Berikut langkah menghilangkan error 404 page not found

mengatasi eror 404 page not found

mengatasi error 404 page not found


1. Buka search preference dan edit google search console untuk menuju google webmaster bagi kamu pengguna blog, dan untuk situs web masuk dan log in langsung di google webmaster.

 2. Tambahkan situs kamu pada add properties. Pada search console pilih crawl eror. Klik download untuk mengetahui semua alamat link page error.

mengatasi eror 404 page not found

mengatasi error 404 page not found

3. Pilihlah format file (pilih gogle doc)yang akan mendownload seluruh list link eror untuk dibuka pada notepad atau pada aplikasi smartphone.

4. Buka file yang telah kamu download dan copy salah satu link yang rusak. Masih pada google search console,  pilih opsi google index untuk masuk menu remove url

mengatasi eror 404 page not found

mengatasi error 404 page not found

5. Pilih temporarily hide dan pastekan link rusak yang tadi kamu copy, kemudian continue. Pilih submit untuk menghapus link pada mesin pencari, masukkan satu persatu link yang rusak sampai semua broken link  tersubmit untuk di remove urlnya. Proses submit memerlukan waktu agak lama dan masih berstatus pending, tetapi kita langsung lanjut ke langkah selanjutnya.

6. Kembali pada opsi crawl eror, centang lagi kotak priority dan pilih mark as fixed untuk menyatakan semua link eror sudah diperbaiki. Tunggu beberapa hari dan buka crawl eror, pastikan url eror sudah hilang dan berstatus Url error not detected.

Tutorial diatas adalah cara menghapus page not found 404, lantas bagaimana cara pencegahan agar tidak lagi terjadi crawl eror?

Agar menghindarkan situs atau blog kamu dari eror, pastikan sebelum kamu menghapus suatu halan atau artikel untuk terlebih dahulu melakukan penghapusan linknya dengan opsi remove url di webmaster. Setelah memastikan status url sudah selesai dihapus, barulah kamu hapus artikel atau postnya dari situs atau blog.


Lalu bagaiama bila link yang kita hapus sudah terlanjur tersebar pada beberapa situs atau media sosial?

Mungkin kamu pernah memberikan referensi informasi dalam bentuk link kepada orang lain yang kebetulan berhubungan dengan artikel atau post yang kamu buat, atau kamu terlanjur menyebar link atau page ke media sosial. Tapi bagaimana kalau sampai halaman yang kamu sebarkan tiba-tiba terhapus sehingga orang yang membuka halaman yang sudah kamu share menemukan error 404 atau page not found?

Ini menjadi masalah karena eror yang sudah kita perbaiki tiba-tiba ada lagi karena link yang sudah terlanjur kita sebarkan. Cara mengatasi persoalan diatas adalah dengan mengalihkan link halaman yang error 404 atau page not found ke halaman yang sehat dan dapat diakses. Garis besarnya adalah ketika seseorang membuka halaman yang error, bisa langsung alihkannya menuju halaman yang lainnya.

Misalnya judul post artikel yang kamu buat adalah "cara menghilangkan page not found pada webmaster" terhapus dan sudah tershare pada banyak medsos, kamu hanya perlu membuat artikel baru yang berkaitan dengan judul kamu yang pertama sebagai contoh kamu buat artikel baru dengan judul "cara mengatasi halaman tidak ditemukan" sebagai pengalih artikel lama kamu.

Berikut cara mengalihkan artikel atau post lama kamu

mengatasi eror 404 page not found

mengatasi error 404 page not found

1. Buka settingan search preference (preferensi penelusuran) kemudian pada opsi error dan redirection pilih custom redirection (pengalihan khusus).

2.isi kolom from (dari) dengan url lama yang sudah terhapus linknya, dan isi kolom to (kepada) dengan url pengganti yang baru dengan isi artikel atau post yang relevan dengan artikel yang terhapus.

Kenapa harus menggantikan dengan artikel yang relevan? Selain menghindari terjadinya error 404 karena halaman yang dicari tidak ditemukan, link yang terlanjur kamu sebar akan menarik para pengunjung untuk mendapat informasi tertentu dan apabila pengunjung blog membuka pengalihan link baru yang masih terdapat kesamaan tema atau topik, mereka tidak mungkin merasa kecewa karena telah berkunjung di situs atau blog kamu.

3. Checklist atau centang pilihan permanen lalu save (simpan) dan save change (simpan perubahan).

Kesimpulannya ketika kamu ingin menghilangkan atau memperbaiki halaman yang error 404 atau halaman yang tidak ditemukan (broken link) gunakan cara penghapusan satu persatu halaman/link yang bermasalah untuk kemudian ditandai sebagai mark as fixed (sudah diperbaiki). Selain itu untuk halaman yang sudah terlanjur tersebar luas/tershare ke banyak situs gunakan juga custom redirection (pengalihan situs) untuk menghindari error 404 terlulang lagi. Setelah semua sudah dilakukan, pantau webmaster kamu untuk memastikan situs atau blog kamu selalu bebas error 404.

Berikut kita sudah bahas bersama mengenai sebab sampai cara mengatasi dan memperbaiki error 404 page not found, semoga bermanfaat.

4 Responses to "cara Mengatasi Error 404 Page not Found"

  1. jadi gitu ya cara mengatasi error 404!? nice infonya bro1


    Borong! Budget 75rb Aja! dari shopee!

    https://shopee.co.id/web/events3/code/1556857016/

    ReplyDelete
  2. Thanks sob, waduh kalau borong nunggu gajian dlu sob wkwkw

    ReplyDelete
  3. terimakasih gan sudah mau sharing cara mengatasi eror 404, sangat membantu.

    ReplyDelete