Cara memainkan game PS1 di HP android gratis dan mudah | jadditahu.com

Cara memainkan game PS1 di HP android gratis dan mudah

Baca Juga

memainkan game ps1 di hp android

jadditahu.com - Cara memainkan game PS1 di android. Nostalgia dengan game-game lawas mungkin memiliki arti sendiri bagi para gamers.
Meskipun jadul, kenangan memainkan game yang pernah trend dimasa lalu pasti masih terasa istimewa walaupun sekarang banyak game-game yang memiliki kualitas baik dan grafis yang mumpuni.


Masih ingatkah sobat dengan game-game klasik seperti tenchu, harvest moon, resident evil 2, atau army man? Game-game itu pernah populer pada tahun 90'an sampai tahun 2000 yang dimainkan pada konsole PS1 (Play station one) atau PSX. Perkembangan dunia game yang sangat cepat dengan penyempurnaan kualitas game beserta perangkat consolenya perlahan menggusur game-game lama yang sempat merajai deretan game terbaik pada masanya digantikan pernyempurnaan game pada masa kini.

Penulis masih teringat dari mulai memainkan game-game nintendo, PS1, PS2, PS3 dan yang terakhir PS4. Mulai dari main di rental PS dengan membayar 2500 per jam sampai punya console PS sendiri di rumah. Meskipun masih dijual perangkat PS1 beserta kaset CD-nya di toko tertentu, tapi jika membelinya pasti terasa aneh karena beli playstation 3 atau 4 saja ada. Kenapa harus main game jadul di PS?

Terus gimana, kan kalau aku pengen nostalgia game PS?

Posting kali ini kita akan membahas tentang bagaimana memainkan game PS1 atau PSX di hp android. Apa yang harus dipersiapkan untuk memainkan game PS1 di HP Android:

1. Usahakan HP android kamu memiliki versi android 4.0 atau lebih untuk bermain game dengan lancar.
2. Dowload emulator epsxe for android - Link aplikasi : disini
Setelah download aplikasinya ketika dan proses install berlangsung, jika sobat belum mengaktifkan opsi terima sumber dari luar / unknow source bisa diaktifkan dari menu setting.
memainkan game ps1 di hp android

memainkan game ps1 di hp android

Unknow source atau sumber tidak dikenal adalah aplikasi pihak ketiga diluar google play store. Aktifkan unknow source / sumber tidak dikenal untuk menginstall epsxe for android. (Pada contoh diatas penulis memakai smartphone asus, mungkin terdapat perbedaan tampilan menu setting pada masing-masing hp android. Jika belum bisa menemukan menu unknow source, coba untuk mencari opsi dengan menuliskan unknow source pada kolom pencarian seperti gambar diatas)


3. Download Bios PS1 - Bios : disini

memainkan game ps1 di hp

memainkan game ps1 di hp android

Setelah menginstal aplikasinya, download file biosnya dan tempatkan pada sembarang folder. Jalankan file bios dengan klik run bios pada menu depan aplikasi epsxe for android. Emulator epsxe akan menscan file bios dan menemukannya. Bios adalah data tambahan yang diperlukan untuk menjalankan emulator epsxe for android pada hp.
4. Download file game pada emuparadise

Setelah aplikasi epsxe PS1 dan Bios sudah terpasang dan ditemukan, mulailah browse game-game nostalgia PS1 kesukaan kamu pada website emuparadise. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana tetapi sejauh ini situs ini adalah andalan para pecinta game lawas untuk mendapatkan file game yang dinginkan

memainkan game ps1 di hp android

Pada website ini terdapat 5130 game PSX atau PS1 dan menyediakan semua game dari berbagai genre dan hampir semua game yang sobat cari bisa ketemu disini. Rata-rata file dalam satu disc game PS1 berukuran 200-300 mb dalam bentuk zip.  Ekstrak file game dengan win rar atau zip yang aplikasinya tersedia pada playstore atau bisa juga kamu ekstrak dengan aplikasi komputer. Setelah ekstrak selesai ukuran file game PS1 akan berubah ukuran menjadi 400-600 mb. Hasil file ekstrak file game PS1 biasanya berformat .iso, .nrg, .bin atau format file CD game yang lain. Bukan hanya file game untuk PS1 saja, tetapi emuparadise menyeduakan file game mulai dari nintendo, atari, PSP, PS2 dan console game yang lain beserta emulator untuk memainkannya.

Mainkan game PS1 di hp androidmu dengan controller stick PS3, untuk selengkapnya baca post dibawah


Hal yang tak kalah pentingnya ketika akan memainkan game PS1 di hp adalah penempatan game-game pada folder khusus. Tempatkan hasil file ekstrak kedalam folder khusus game PS1 untuk memudahkan sobat untuk menemukan dan memainkan filenya.

Mulai memainkan game PS1 di HP android


memainkan game ps1 di hp android

memainkan game ps1 di hp android

Setelah semua langkah diatas sudah dilakukan, pilih run game untuk memulai mainkan game favorit kamu. Tekan icon refresh untuk memulai pencarian file game yang tadi sudah sobat ekstrak. Rescan untuk scan games yang tersimpan. Pilih All untuk memimdai seluruh penyimpanan (internal memory dan SD card).

memainkan game ps1 di hp android

Bila setelah rescan game PS1 yang telah tersimpan pada smartphone android belum terdeteksi, cari file dengan klik tiga titik yang ada di opsi kanan atas kemudian pilih browse files. Cari di folder tempat sobat menyimpan hasil ekstrak game PS1 dan pilih judul game dan mainkan gamenya. Jika game yang tersimpan sudah sobat mainkan ataupun sudah merasa bosan dengan game lama.

Ngeche** PS1 di HP

Kesulitan game yang kadang bikin sobat sebal ketika memainkan game tidak perlu terjadi ketika main PS1 dengan aplikasi epsxe android. Aplikasi ini bisa menyesuaikan kode che** berdasarkan game yang sedang dimainkan.

Tapi sebagai seorang gamers pasti pantang untuk melakukan che** game. Che** bisa digunakan ketika permainan sudah terasa mentok dan tidak ada jalan lain kecuali dengan cara curang.
File game PS1 bisa sobat pindahkan ke media penyimpanan yang lain seperti flashdisk atau hardisk eksternal untuk dimainkan kembali bila diperlukan.

Baiklah bersama kita telah bahas cara memainkan game PS1 pada hp android, semoga tutorial diatas bermanfaat.

0 Response to "Cara memainkan game PS1 di HP android gratis dan mudah"

Post a Comment