Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot | jadditahu.com

Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Baca Juga

Jadditahu.com - cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot. Hallo sobat sekalian, apa sobat ingin membuat sebuah blog sendiri? Bila sobat benar ingin membuat suatu blog, bisa jadi terdapat dua alasan kemungkunan.


Kemungkinan pertama sobat ingin membuat blog sendiri adalah murni untuk menulis dan memang mempunyai hobby mencurahkan sesuatu lewat tulisan untuk di share dan dibagi ke semua orang melalui media internet.

Kemungkinan kedua sobat ingin membuat blog sendiri untuk mencoba peruntungan untuk menjadi publisher adsense. Nah disini saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat blog sendiri hanya tanpa repot dengan menggunakan hp atau bisa juga komputer.

Tutorial kali ini akan langsung kita bahas 

Langkah cara membuat blog sederhana tanpa repot

1. Siapkan akun google plus sobat

Bagi kamu yang belum mempunyai akun google+ untuk mendapatkanya cukup dengan membuat akun email gmail baru pada komputer atau hp. (Cara yang saya praktekkan adalah membuat akun g mail baru dengan smartphone, karena cara pembuatanya relatif cepat tanpa ribet).

Baiklah disini saya anggap sobat sekalian sudah memiliki akun gmail. Kita masuk ke langkah membuat blog selanjutnya.

2. Buka alamat situs blogspot dan hubungkan email sobat.

Untuk membuat suatu blog yang sederhana sendiri, terlebih bagi sobat yang sebelumnya belum pernah memiliki blog, sebaiknya memilih platform blogspot. Platform blogspot menurut saya lebih mudah untuk digunakan dan langsung bisa ditautkan ke profil adsense nantinya bila sobat ingin mencoba peruntungan di adsense.

Buka situs blogspot disini . Setelah sobat buka akan ada tampilan seperti dibawah.
Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Clik sign in atau create your blog untuk memulai membuat blog sendiri. Jika menggunakan perangkat hp atau smartphone sobat akan langsung ditautkan pada akun gmail yang sedang log in. Karena pada hp android blog, gmail, google drive maupun akun youtube terintegrasi, maka secara langsung jika sobat sign in pada tampilan awal blogspot akan langsung disambungkan pada akun email yang ada pada perangkat tersebut.

Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Seperti pada gambar, karena perangkat saya terhubung pada beberapa akun gmail, maka ketika membuat blog akan langsung diberi pilihan akun mana yang akan digunakan nantinya. Perlu diingat satu hal penting, jika akun email yang kamu gunakan sudah pernah dipakai untuk mendaftarkan adsense youtube sebaiknya kamu memakai akun yang lain. Karena kebijakan tos pada google adsense telah memisahkan antara akun youtube adsense dan akun blog adsense secara terpisah. Jadi satu akun email hanya bisa digunakan untuk satu akun blog maupun satu akun youtube.

Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Masukkan password email kamu atau password akun google plus-mu. Kemudian klik next untuk melanjutkan menuju menu blogspot. Setelah sobat sudah berhasil melakukan log in dan masuk pada situs blogspot akan ada pilihan selanjutnya seperti gambar dibawah.

3. Buat nama blogmu sendiri sesuai keinginanmu

Buat nama blog sobat sendiri sesuai dengan keinginanmu sendiri. Nama blog bisa disesuaikan berdasarkan tema postingan blog nantinya atau niche blog nantinya.

Contohnya: blog yang akan dibuat, rencananya akan membahas tentang naruto. Sobat bisa membuat nama narutomania.blogspot.com atau narutoku.blogspot.com. Apapun nama blog yang akan sobat buat sendiri, harus memiliki nama yang valid. Valid dalam hal ini nama yang sobat pilih belum dipakai oleh pengguna blog yang lain.

Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Tampak seperti contoh pada gambar, ketika saya memasukkan nama "blogbarusaya" pada lingkaran merah terdapat icon tanda peringatan yang menandakan nama blog sudah dipakai blogger lain. Setelah kemudian diganti nama blog menjadi "blogbarukemarin" muncul icon tanda centang yang menandakan nama yang dipilih belum digunakan blogger lainnya.

Pilih tema tampilan blog pertama kamu. Blogspot telah menyediakan tema dasar yang sederhana yang bisa sobat pilih. Blogspot juga menyediakan 4 tema terbaru yang menurut saya menarik dan lebih bagus dari tema sebelumnya yaitu. Tema contempo, emperio, soho dan notable. Pilih create blog untuk membuat blog kamu.

4. Mulai membuat posting blog pertamamu.

Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot

Pada tahap ini kamu sudah bisa mengirimkan postinganmu sendiri. Dan mulailah menulis sesuai pasion dan hobi mu. Pilih new post untuk memulai tulisan pertamamu.


Kesimpulan: seperti yang saya sampaikan diatas membuat seseorang yang membuat blog pastinya memiliki tujuan tertentu yaitu hobi dan ingin mencoba peruntungan di adsense. Saya pribadi kurang hobi dalam menulis dan tujuan pertama saya adalah mencoba peruntungan di adsense dengan mencoba membuat blog pribadi.


Berikut diatas telah kita bahas bersama cara membuat blog sendiri dengan praktis dan tanpa repot. Semoga bermanfaat ya sobat.

2 Responses to "Cara membuat blog sendiri praktis tanpa repot"