Macam-macam Asuransi di Indonesia Beserta Daftar Lengkap Perusahaan Asuransi di Indonesia | jadditahu.com

Macam-macam Asuransi di Indonesia Beserta Daftar Lengkap Perusahaan Asuransi di Indonesia

Baca Juga

jadditahu.com - macam-macam asuransi di indonesiaDi indonesia terdapat berbagai jenis dan model asuransi.

Asuransi atau pertanggungan merupakan salah satu dari beragam macam lembaga keuangan non bank yang cukup baik sebagai pilihan investasi alternatif untuk meminimalisir risiko atas suatu unexpected events atau kejadian tak terduga. Di indonesia beragam perusahaan asuransi atau insurace company diawasi oleh lembaga negara yaitu OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ).

Menurut OJK pada situs resminya menerangkan definisi dari insurance atau asuransi adalah suatu perjanjian antara Perusahaan asuransi (penyedia jasa layanan asuransi) yang seterusnya disebut sebagai penanggung dengan masyarakat pemegang polis yang seterusnya disebut sebagai tertanggung.

Macam-macam asuransi di indonesia

Tertanggung membayar iuran dalam bentuk sejumlah premi guna memperoleh penjaminan atas risiko kehilangan, kerusakan, kerugian serta kematian untuk memperoleh keuntungan yang tertanggung harapkan, apabila terjadi peristiwa yang tak terduga (unexpected events) seperti hal diatas terjadi. macam-macam asuransi di indonesia

Hal diatas menggambarkan bahwa penanggulangan merupakan bentuk tindakan perlindungan dari ancaman risiko. Sejumlah uang yang disebut premi diberikan pemegang polis / tertanggung untuk dibayarkan kepada pihak penanggung (perusahaan asuransi) yang telah setuju untuk memberi proteksi  yang berupa kompensasi bila di masa mendatang seorang pemegang polis dari suatu perusahaan asuransi ditimpa kejadian yang tidak terduga yang mengakibatkan mengalami kerugian.

Klaim asuransi berhak diajukan pemegang polis (tertanggung) atau peserta asuransi saat mengalami musibah dan mengakibatkan kerugian maupun kerusakan yang detail spesifikasinya tertuang dalam lembar polis asuransi.

Pihak ketiga yang ditunjuk tertanggung juga bisa menjadi penerima asuransi bila namanya tertulis sebagai pemegang polis perusahaan asuransi.

Beragam jenis asuransi di indonesia dikenal dan dikelompokkan berdasarkan resiko dan fokusnya. 


Kedua hal inilah yang berpengaruh dalam meninjau tingkat keseragaman untuk mengukur tingkat resiko yang ditanggung berdasarkan dari jenis kebijakan. Untuk mengantisipasi dan meminimalisir potensi kerugian, suatu perusahaan asuransi baik di indonesia maupun di negara lain biasanya menentukan penawaran tingkat premi dengan menyesuaikan tingkat resiko dari masing-masing jenis asuransi.

Berikut adalah berbagai macam dan jenis asuransi di Indonesia :


1. Asuransi Jiwa (life insurance)


Life insurance adalah suatu jenis asuransi yang memberikan perlindungan berupa tanggungan dalam bentuk keuntungan finansial yang diberikan kepada pemegang polis atas kematiannya. Life insurance memiliki sistem pembayaran yang berbeda antara satu dengan yang lain.
Terdapat perusahaan asuransi yang penangguhan pembayarannya disediakan setelah terjadinya kematian dan ada juga perusahaan asuransi yang cara pembayarannya memungkinkan pemegang polis melakukan klaim pembayaran dana terlebih dahulu sebelum kematiannya.

Selain dapat diperuntukkan untuk kepentingan pribadi (diri sendiri dengan atas nama tertanggung saja) life insurance juga dapat diperuntukkan bagi kepentingan pihak ketiga. Bahkan life insurance juga dapat diperuntukkan untuk kehidupan orang lain.

Sebagai contoh, ada seorang karyawan swasta yang membeli life insurance dengan tujuan memberikan manfaat kepadanya setelah istrinya meninggal. Orang tua juga bisa mengasuransikan diri mereka terhadap kematian anak kandungnya.


2. Asuransi Kesehatan



Asuransi Kesehatan adalah asuransi yang paling mudah dan banyak ditemui di kehidupan masyarakat di indonesia pada umumnya. Masyarakat Indonesia cukup familiar dengan model asuransi yang satu ini. Asuransi kesehatan merupakan asuransi dimana produk yang ditawarkan fokus terhadap masalah kesehatan tertanggung / pemegang polis karena suatu penyakit dan dana penanggungan akan diberikan untuk membiayai proses perawatan.

Penangguhan perusahaan asuransi diberikan berdasarkan penyebab pihak tertanggung mengalami sakit. Penyebab terjadinya sakit yang disebabkan karena cedera, cacat, sampai kematian akibat kecelakaan biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. Asuransi kesehatan dikenal bisa juga dibeli untuk kepentingan tertanggung saja atau kepentingan pihak ketiga.

Perusahaan maupun instansi tempat bekerja biasanya memberikan Asuransi kesehatan untuk seseorang pekerja atau karyawan.

Berikut adalah contoh dari asuransi kesehatan bisa anda dipilih adalah asuransi rawat inap pada rumah sakit dengan 2 jenis proteksi yaitu proteksi dengan sistem reimbursement dan proteksi dengan sistem kartu.

Jenis proteksi asuransi kesehatan dengan sistem kartu menggunakan kartu yang disebut sebagai kartu provider, setelah menunjukkan kartu provider pemegang polis akan ditanggung seluruh biaya obat, kunjungan dokter, biaya rumah sakit, operasi dan biaya lain ketika dirawat inap. Pembayaran dilakukan dengan hanya menunjukkan sebuah kartu tersebut, kemudian pihak asuransi yang kemudian akan membayarnya.

Jenis proteksi dengan sistem reimbursement berbeda dengan sistem kartu dimana pemegang polis diharuskan membayar terlebih dahulu semua biaya rumah sakit untuk selanjutnya melakukan klaim dengan menunjukkan nota dan kuitansi pembayaran biaya kesehatannya kepada perusahaan asuransi.


3. Asuransi Kendaraan (vehicle insurance)



Vehicle insurance di indonesia pernah mengalami jaman kejayaan dengan jenis asuransi mobil yang menjadi pusat trendnya. Fokus penagguhan pada asuransi mobil diberikan untuk kasus kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh pemegang polis asuransi maupun terhadap tanggungan cedera kepada orang lain, Kerusakan kendaraan bermotor yang dimiliki tertanggung maupun kehilangan kendaraan dapat menggunakan jenis asuransi kendaraan.
Macam-macam asuransi di indonesia

Macam-macam asuransi di indonesia


vehicle insurance adalah salah satu model asuransi yang sudah tidak asing lagi. Saat terjadi kerusuhan Mei 1998 jenis asuransi kendaraan menjadi produk asuransi yang paling dicari. Peristiwa 1998 memberikan peningkatan kesadaran secara drastis pada masyarakat dalam hal kepemilikan proteksi atas kendaraan pribadinya.


4. Asuransi kepemilikan Rumah Dan Properti



Biasanya para pemilik aset maupun properti pribadi sebagai contohnya rumah, akan melindungi apa yang dimiliknya menggunakan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Rumah dianggap sebagai salah satu aset yang dinilai cukup berharga. Keuntungan jika anda memiliki jenis asuransi ini ialah anda akan memiliki perlindungan terhadap kejadian tidak terduga (kerusakan atau kehilangan) yang mungkin terjadi untuk jenis aset atau barang-barang tertentu milik pribadi tertanggung.

Dengan dimilikinya asuransi kepemilikan rumah dan properti, perlindungan dalam bentuk keringanan akan diberikan jika aset dan properti tertanggung mengalami musibah seperti kebakaran atau unexpected event lainnya yang mengakibatkan kerugian finansial.


5. Asuransi Pendidikan (education insurance)



Pendidikan untuk masa depan, barang kali ungkapan ini yang menjadikan education insurance menjadi asuransi populer dan favorit bagi para pemegang polis.

Dianggap sebagai alternatif terbaik, asuransi pendidikan sejauh ini dinilai sebagai sebuah solusi untuk menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak.

Sesuai dengan tingkatan pendidikan yang akan direncanakan nantinya, biaya premi asuransi yang harus dibayarkan kepada perusahaan asuransi berbeda-beda.


Anak merupakan investasi seumur hidup. Education insurance untuk anak kini menjadi sesuatu perhatian bagi para orang tua, khususnya para orang tua yang telah memahami pentingnya memiliki asuransi pendidikan.

Melemahnya mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing juga menjadi faktor tingginya biaya pendidikan. Ditambah kondisi lain yang berpengaruh pada biaya pendidikan anak nantinya yang turut menyumbang tingginya biaya pendidikan.

Tidak jarang orang tua sekarang memilih untuk mempunyai education insurance karena menyadari bahwa biaya pendidikan akan memberatkan mereka.

6. Asuransi Bisnis


Arti dari asuransi bisnis adalah model asuransi yang memiliki pelayanan jasa perlindungan atas peristiwa kehilangan, kerusakan dan kerugian dalam jumlah yang besar yang mungkin terjadi pada kegiatan bisnis seseorang .


Beberapa penggantian kerusakan pada Asuransi Bisnis yang diakibatkan karena angin ribut, ledakan, tabrakan, kebakaran, gempa bumi, banjir, petir, hujan, hingga kerusuhan.

Keuntungan yang biasanya dipromosikan Perusahaan asuransi bisnis berupa beragam perlindungan investasi dan bisnis, perlindungan terhadap karyawan sebagai salah satu aset bisnis, perlindungan asuransi kesehatan untuk para karyawan, hingga paket asuransi jiwa secara keseluruhan untuk karyawan.


7. Asuransi Umum (General insurance)


General insurance atau yang lebih dikenal dengan asuransi umum adalah bentuk perlindungan dari resiko kerugian ataupun kehilangan manfaat dengan tanggung jawab hukumnya berasal dari pihak ketiga.

Jaminan perlindungan yang ditawarkan asuransi umum  biasanya berjangka pendek (kurang lebih satu tahun). Macam dari beberapa jenis asuransi umum, diantaranya adalah:


a) Jaminan sosial

Pada hakikatnya jaminan sosial merupakan asuransi dasar yang wajib dimiliki oleh tiap-tiap warga negara dengan maksud agar setiap warga negara memperoleh jaminan hari tuanya. Pada umumnya premi jaminan sosial dibayarkan secara paksa, sebagai contohnya ketika seseorang menerima gaji, terdapat potongan atas gaji yang diterimanya setiap bulan.


b) Asuransi Sukarela atau Voluntary Insurance


Voluntary Insurance adalah suatu bentuk perlindungan asuransi yang dijalankan secara sukarela. Voluntary insurance dikelompokkan ke dalam 2 jenis yaitu Commercial Insurance (asuransi komersial) dan Government Insurance(asuransi pemerintah).

Jenis asuransi komersial atau Commercial insurance merupakan suatu bentuk pemberikan perlindungan (proteksi) terhadap seseorang, keluarga maupun perusahaan terhadap resiko yang mungkin timbul sebagai akibat dari kejadian yang tidak terduga atau unexpected events. Sedangkan Government insurance merupakan bentuk perlindungan asuransi yang dijalankan dan diselenggarakan oleh negara.


8. Asuransi Kelautan atau Marine insurace



Marine insurance adalah bentuk dari produk asuransi yang khusus diperuntukkan pada bidang kelautan, dengan fungsi memastikan seluruh proses shipping (pengangkutan kapal) berjalan dengan lancar dan muatan kapal sampai kepada pemilik kargo yang dituju. Marine insurance terbentuk karena dasar dari setiap proses distribusi barang melewati laut memiliki resiko yang mungkin terjadi berupa kerusakan kapal, kerusakan kargo dan melukai penumpang.

Perlindungan atas resiko pada Marine insurance atau asuransi kelautan diperuntukkan untuk diri anda maupun barang yang yang anda bawa menggunakan moda transportasi angkutan laut.

Pihak-pihak yang terlibat dalam jenis Marine insurance adalah para penggunaan jasa yang menggunakan moda transportasi kapal untuk mengirimkan beragam jenis komoditas barang atau cargo.

Dalam menentukan besaran premi asuransi angkutan laut memiliki beberapa faktor diantaranya yaitu jenis barang yang diasuransikan, sejauh mana resiko yang diasuransikan, sarana pengangkut, pengepakan barang (packing) dan perjalanan yang ditempuh menuju pelabuhan tujuan.


9. Asuransi Perjalanan


Jenis asuransi Perjalanan secara keseluruhan mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan jenis asuransi lainnya, Asuransi Perjalanan berfungsi sebagai salah satu bentuk perlindungan kepada nasabah dalam kurun waktu yang relatif singkat yaitu selama melakukan suatu perjalanan menuju suatu tempat sampai kembali pulang ke tempat asal.
Berbagai macam perlindungan yang akan anda dapatkan apabila memiliki Asuransi perjalanan antara lain:

santunan ketika terjadi kecelakaan pada saat perjalanan
Pemberian tanggungan atas biaya pengobatan
evakuasi menuju tempat kecelakaan
penanggungan atas biaya karena kecelakaan yang menimpa
pemulangan jenazah
Perlindungan atas barang bawaan yang dibawa dari resiko kerusakan dan kehilangan

10. Asuransi Kredit


Sebelum kita bahas mengenai asuransi kredit. Anda perlu mengetahui tentang istilah kredit, kreditur dan debitur.

Kredit adalah pinjaman dalam bentuk dana oleh lembaga Keuangan maupun bank yang diberikan kepada nasabah dari suatu lembaga keuangan atau bank tersebut.

Kreditur merupakan badan usaha maupun perorangan yang bergerak di bidang jasa keuangan yaitu meminjamkan dana kepada nasabah dengan pengembalian bunga sebagai imbalannya.

Contoh dari badan usaha jasa keuangan Bank adalah Bank Perkreditan Rakyat, Bank Swasta, Bank BUMN dan Bank Syariah.

Contoh Badan usaha Non Bank adalah koperasi dan perusahaan leasing. sebagai

contoh pada perorangan adalah rentenir.

Debitur adalah orang yang meminjam dana pada perusahaan jasa keuangan atau rentenir, untuk memenuhi keperluan maupun untuk modal kerja.

Setelah dijelaskan 3 istilah diatas, sekarang kita akan bahas bersama arti dari asuransi kredit.

Asuransi Kredit merupakan bentuk perlindungan yang dimiliki kreditur terhadap resiko gagalnya melunasi pinjaman tunai atau fasilitas kredit yang diberikan kepada debitur.

Contoh seorang pengusaha membutuhkan dana untuk modal usahanya, kemudian ia meminjam sejumlah uang di suatu bank. Bank ini kemudian mengasuransikan pinjaman yang dipinjamkannya kepada pengusaha tersebut yang merupakan nasabahnya.

Model asuransi kredit memiliki tujuan untuk melindungi lembaga keuangan baik bank maupun non bank dari kemungkinan kejadian tidak terduga, seperti tidak memperoleh kembali dana yang dipinjam nasabahnya (kredit macet) dan Asuransi kredit juga memberikan pengertian menyangkut keamanan perkreditan. PT. Asuransi Kredit Indonesia dipercaya pemerintah dalam pengelolaan asuransi kredit di Indonesia.

Berikut adalah Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia


Nomor Nama Perusahaan Asuransi
01 Perusahaan Asuransi Ekspor Indonesia
02 Perusahaan Asuransi Aegis Indonesia
03 Perusahaan Asuransi Eka Lloyd Jaya
04 Perusahaan Asuransi Bina Dana Arta
05 Perusahaan Lippo General Insurance
06 Perusahaan Maa General Assurance
07 Perusahaan Asuransi Qbe Pool Indonesia
08 Perusahaan Asuransi Takaful Umum
09 Perusahaan Asuransi Kredit Indonesia
10 Perusahaan Sompo Japan Insurance Indonesia
11 Perusahaan Citra International Underwriters
12 Perusahaan Asuransi Multi Artha Guna
13 Perusahaan Asuransi Jasa Tania
14 Perusahaan Asuransi Purna Artanugraha
15 Perusahaan Asuransi Axa Indonesia
16 Perusahaan Asuransi Bangun Askrida
17 Perusahaan Asuransi Ramasatriawibawa
18 Perusahaan Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967
19 Perusahaan Sarana L1ndung Upaya
20 Perusahaan MNC Life Insurance – MNC Life
21 Perusahaan Citra International Underwriters
22 Perusahaan Panin Insurance
23 Perusahaan Asuransi Himalaya Pelindung
24 Perusahaan Asuransi Bringin Sejahtera Art Amakimur
25 Perusahaan Asuransi Parolamas
26 Perusahaan Asuransi Wahana Tata
27 Perusahaan Asuransi Mitsui Sumitomo Indonesia
28 Perusahaan Asuransi Jasaraharja Putera
29 Perusahaan Zurich Insurance Indonesia
30 Perusahaan Asuransi Astra Buana
31 Perusahaan Citra International Underwriters
32 Perusahaan ACE Insurance
33 Perusahaan Tugu Kresna Pratama
34 Perusahaan Asuransi Permata Nipponkoa Indonesia
35 Perusahaan Asuransi Samsung Tugu
36 Perusahaan Asuransi Bintang
37 Perusahaan Commonwealth Life Asuransi Jiwa
38 Perusahaan Asuransi Dayin Mitra
39 Perusahaan Asuransi Raksa Pratikara
40 Perusahaan Asuransi Sinar Mas
41 Perusahaan Citra International Underwriters
42 Perusahaan Asuransi Tri Pakarta
43 Perusahaan Asuransi Ramayana
44 Perusahaan Asuransi Tokio Marine Indonesia
45 Perusahaan Asuransi Allianz Utama Indonesia
46 Perusahaan Chartis Insurance Indonesia
47 Perusahaan Asuransi Central Asia
48 Perusahaan Asuransi Adira Dinamika
49 Perusahaan Tugu Pratama Indonesia
50 Perusahaan Asuransi Binagriya Upakara
51 Perusahaan Citra International Underwriters
52 Perusahaan Asuransi Jasa indonesia
53 Perusahaan Danamon Asuransi
54 Perusahaan Asuransi Wanamekar Handayani
55 Perusahaan Panpacific General Insurance
56 Perusahaan Asuransi Puri Asih
57 Perusahaan Asuransi Mega Pratama
58 Perusahaan Asuransi Umum Centris
59 Perusahaan Asuransi Binagriya Upakara
60 Perusahaan Asia Reliance General Insurance
61 Perusahaan Citra International Underwriters
62 Perusahaan Aviva Insurance
63 Perusahaan Asuransi Indrapura
64 Perusahaan Asuransi Prisma Indonesia
65 Perusahaan Asuransi Recapital (Reguard)
66 Perusahaan Asuransi Art Arindo
67 Perusahaan Asuransi Hanjin Korindo
68 Perusahaan Asuransi Intra Asia
69 Perusahaan Asuransi Raya
70 Perusahaan Pacific Int’l Indonesia Insurance
71 Perusahaan Citra International Underwriters
72 Perusahaan Asuransi Sarijaya
73 Perusahaan Asuransi Wuwungan
74 Perusahaan Berdikari Insurance
75 Perusahaan China Insurance Indonesia
76 Perusahaan Lig Insurance Indonesia
77 Perusahaan Jamindo General Insurance
78 Perusahaan Asuransi Harta Aman Pratama
79 Perusahaan Asuransi Fadent Mahkota Sahid
80 Perusahaan Asuransi Mitra Maparya
81 Perusahaan Asuransi Dharma Bangsa
82 Perusahaan Asuransi Bosowa Periskop
83 Perusahaan Maskapai Asuransi Sonwelis
84 Perusahaan Staco Jasapratama
85 Perusahaan Batavia Mitratama Insurance
86 Perusahaan Asuransi Asoka Mas
87 Perusahaan Asuransi Reliance Indonesia
88 Perusahaan Asuransi Karyamas Sentralindo
90 Perusahaan Asuransi Andika Raharja Putera
91 Perusahaan Asuransi Maipark Indonesia
92 Perusahaan Asuransi Aioi Indonesia
93 Perusahaan Arthagraha General Insurance
94 Perusahaan Asuransi Bhakti Bhayangkara

11 Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia



AIA Financial

PT Asuransi Lippo Jiwa Sakti Berdiri sejak 1983. Sempat berubah nama  menjadi Lippo Life setelah itu menjadi AIG Lippo kemudian delapan puluh persen sahamnya dibeli AIA  (American International Assurance) berubah nama lagi menjadi AIA Financial.

Allianz

Allianz SEJerman merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia, mendirikan cabangnya di berbagai negara termasuk di indonesia. Pada tahun 1981 mulai masuk di indonesia dan memiliki usaha di bidang asuransi jiwa, employee benefit, dana pensiun, asuransi kesehatan serta saving.

Avrist

PT Avrist Assurance (Avrist) merupakan  perusahaan asuransi jiwa multinasional yang pertama di Indonesia. Berdiri pada tahun 1975 avist menyediakan program asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Selain itu memiliki bidang usaha asuransi jiwa kredit & pensiun untuk perseorangan dan kelompok, termasuk didalamnya beragam produk asuransi jiwa takaful atau syariah, melalui berbagai saluran distribusi.

AXA Mandiri

AXA mandiri adalah perusahaan asuransi di indonesia yang sahamnya dimiliki oleh AXA Group dan Bank Mandir. Mungkin anda pernah ditawarkan asuransi ini bila anda adalah salah satu nasabah Bank Mandiri.

Bumiputera 1912

Di Indonesia Bumiputera 1912 adalah salah satu perusahaan asuransi tertua. Sesuai dengan namanya, Bumiputera 1912 berdiri sejak tahun 1912. Hal menarik dari perusahaan asuransi yang satu ini adalah para pemegang polis juga merupakan pemilik perusahaan atau dengan kata lain memegang prinsip mutual share.

CIGNA

Asuransi CIGNA merupakan cabang dari perusahaan asuransi CIGNA Group yang kantornya berpusat di connecticut - Amerika Serikat. Di indonesia CIGNA disirikan pada tahun 1990.

Generali

Nama perusahaan asuransi Generali di Indonesia tidak begitu terdengar dan kurang familiar, tetapi generali yang memiliki induk perusahaan Assicurazioni Generali merupakan perusahaan asuransi nomor satu di Italia dan juga salah satu perusahaan asuransi terbesar di Eropa, dimana Generali dikenal sebagai asuransi terkemuka pada misi satelit luar angkasa. Berdiri pada tahun 1831 di Italia, tetapi baru mulai masuk di indonesia  masuk ke Indonesia pada tahun 2008 setelah menyelesaikan akuisisi terhadap perusahaan Asuransi Arta Mandiri Prima.

Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasrayaadalahbagian dari perusahaan plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang asuransi. Berdiri pada tanggal 31 Desember 1859 yang kala itu bernama Nederlandsche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij (NILLMIJ) menjadikan jiwasraya sebagai perusahaan asuransi jiwa yang pertama di Indonesia.

Manulife

Manulife adalah perusahaan asuransi yang merupakan cabang dari Manulife Financial. Manulife Financial sendiri bila diukur berdasarkan kapitalisasi pasar merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di dunia. Pada saat ini Manulife memiliki karyawan sekitar 26.000  yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia manulife mulai didirikan pada tahun 1985.

Prudential

Prudential Life Assurance PT  (Prudential Indonesia) berdiri sejak tahun 1995, Prudential Indonesia adalah bagian dari Prudential plc yaitu group jasa keuangan ritel bermarkas di inggris tepatnya di London. Unit asuransi jiwa Prudential di tahun 2011 oleh majalah investor dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbaik  dalam kategori perusahaan dengan aset diatas 10 trilyun rupiah.

Sinarmas

Asuransi Sinar Mas (ASM) merupakan bagian dari Sinar Mas Group. Asuransi Sinar Mas (ASM) didirikan di tanggal 27 Mei 1985. Sejak pertama berdiri Asuransi Sinar Mas (ASM) bernama PT. Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Kemudian pada tahun 1991 resmi berganti nama menjadi menjadi PT. Asuransi Sinar Mas.

Pentingnya Manfaat Perlindungan Lebih Dari Beragam Unexpected event dari Asuransi


Beragam macam dan jenis asuransi yang ada di Indonesia telah kita bahas bersama berikut manfaat atas masing-masing jenisny. 


Pada akhirnya anda bisa menyimpulkan jenis asuransi paling tepat dengan menyesuaikan menurut kebutuhan anda.


Kejadian yang tidak terduga atau Unexpected events yang terdapat hampir disetiap kehidupan mau tdak mau akan mengintai dan menimbulkan ketidak pastian. Kejadian-kejadian itu perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan kerugian bagi anda. Untuk membantu menanggung dan menanggulangi biaya kerugian anda, keluarga maupun properti/aset berharga milik pribadi dibutuhkan asuransi yang tepat yang bisa anda percaya.

Kesimpulan penulis

Di indonesia memang terdapat berbagai macam jenis asuransi. Baik asuransi jiwa sampai dengan asuransi syariah. Untuk kebanyakan mayoritas penduduk indonesia yang merupakan umat muslim, terdapat pendapat ulama yang melarang dan ada pula orang yang mengganggap asuransi itu boleh hukumnya. Penulis yang termasuk umat muslim terus terang tidak mampu dan tidak bisa menentukan apakah asuransi itu boleh atau dilarang bagi umat muslim. Semua dikembalikan kepada para pembaca sekalian sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing.

Berikut sudah kita bahas bermacam-macam asuransi di indonesia, semoga bermanfaat.

1 Response to "Macam-macam Asuransi di Indonesia Beserta Daftar Lengkap Perusahaan Asuransi di Indonesia"