Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Cara menggunakan stick PS3 di android tanpa root

Baca Juga

jadditahu - cara menggunakan stick PS3 di android tanpa root. Sobat pasti pernah bermain game di berbagai console. Mulai dari nintendo, Playstation, xbox dan yang lain.


Menggunakan stick ps3 di android

Menggunakan stick ps3 di android



Kontrol tangan dalam bermain game terasa mantab dengan bentuk stick konvensional console diatas. Dari tahun ke tahun beragam bentuk dasar stick game dari berbagai console cenderung sama. Hal ini karena banyak gamer yang sudah cocok dengan bentuk yang didesain menyesuaikan anatomi tangan kebanyakan orang.


Desain fisik stick game atau gamepad mampu mengakomodir kecepatan dan kelincahan tangan dalam bermain game. Kenyamanan menggunakan stick game atau gamepad kini dapat sobat nikmati ketika memainkan game android. Berbagai game pada android kini bisa kamu mainkan dengan cara menggunakan stick PS3.

Loh kok bisa pakai stick PS3 ? Bukankah main game android itu menggunakan layar sentuh?


Memang umumnya game-game android dibuat dengan cara kontrol sederhana lewat touch screen atau layar sentuh, seperti game COC ( Clash of Clan), game bergenre strategy maupun game yang memerlukan logika akan lebih praktis menggunakan sentuhan tangan saat memainkannya di perangkat android.

Tetapi lain halnya dengan game-game android bertema fight ataupun adventure, untuk memainkannya memerlukan kecepatan tangan yang bila dimainkan dengan touchscreen pada hp android sama sekali tidak nyaman dan kurang merasakan atmosfer dan feel permainan.

Mengapa harus menggunakan stick PS3?

Bentuk dari stick game mulai dari console PS1, PS2, Kemudian PS3 hampir mirip. Hal yang membedakan adalah cara menggunakan stick PS3 dengan menggunakan bluetooth yang tidak memerlukan kabel lagi untuk disambungkan ke perangkat game. Pada stick PS3 terdapat colokan port usb yang dapat dihubungkan langsung ke smartphone hp android.

Sesuai judul diatas yaitu cara menggunakan stick PS3 di android tanpa melakukan root. Sebenarnya terdapat aplikasi bernama Sixaxis Controller besutan Dancing Pixel Studios untuk memainkan stick PS3 di android dengan menggunakan bluetooth, tapi sayangnya tidak semua perangkat android mampu menjalankan aplikasi ini karena syarat untuk menjalankannya membutuhkan akses root. Artinya hp sobat harus di root terlebih dahulu agar bisa main game android menggunakan stick PS3.

Terus Bagaimana dong caranya agar bisa main game android dengan stick PS3 tanpa root?


Memang sih apabila hp android sobat sudah dioprek dengan root akan terasa memiliki akses lebih ketika menggunakannya, tetapi beberapa pakar android tidak menyarankan hal tersebut. Faktor keamanan karena hp android kamu memiliki resiko lebih besar terserang malware atau virus adalah sebabnya.

Kembali lagi ke tema main game android dengan stick PS3 tanpa root. Bagi sobat yang hp-nya belum memiliki akses root, tidak perlu khawatir. Karena terdapat aplikasi lain bernana Sixaxsis Enabler. Sobat tidak perlu repot-repot melakukan root untuk bisa memakai stick di hp android.

Berbeda halnya dengan Sixaxis Controller yang harus memiliki persyaratan akses root, Sixaxis anabler bisa digunakan bila:

1. HP android kamu kompatible dan sudah support dengan koneksi kabel OTG (pada kebanyakan perangkat android saat ini umumnya sudah kompatible akses OTG, hal simple untuk mengetahui apakah perangkat androidmu support OTG atau tidak adalah dengan menghubungkan perangkat hp android sobat dengan flashdisk lewat kabel OTG seperti gambar dibawah)

Menggunakan stick ps3 di android

Menggunakan stick ps3 di android



2. Perangkat android sobat harus cocok dengan firmware stick PS3.
Bagaimana cara mengetahui firmware perangkat android kita support dengan stick PS3?
Pada umumnya perangkat android versi 3.0 sudah dilengkapi dengan Human Interface Device atau HID. HID adalah driver yang berfungsi agar perangkat android dapat mendeteksi fungsi mouse dan game pad (stick PS3), tetapi tidak semua pabrikan andoid menyertakan tool ini pada produknya dan juga meskipun sudah disertakan terkadang hardware dari perangkat android itu sendiri kurang support atau tidak kompatible.

Beberapa perangkat yang telah di test dengan Sixaxis Enabler dan berjalan dengan lancar:
- Samsung Galaxy Note 2/3/4/5
- Samsung Galaxy S3/S4/S5/S6
- Samsung Galaxy Note 8.0
- Samsung Galaxy Note 10.1 Original/2014
- Samsung Galaxy Tab Pro 8.4
- Samsung Galaxy Tab3 8.0
- LG G2/G3/G4
- LG G Pad 8.3
- Motorola XOOM
- Minix Neo X5
- Nexus 7 2012/2013
- Nexus 5
- Nexus 10

Beberapa perangkat android yang dilaporkan terjadi error ketika memakai Sixaxis Enable:

- HTC One M7/M8/M9 (non-Google Edition)
- Samsung Galaxy S7/S7 Edge
- Samsung Galaxy Note 7
- Samsung Galaxy Tab2 7.0
- LG G5
- Moto G (non-Google Edition)
- Moto X

Jika perangkat android sobat termasuk dalam perangkat error diatas, saran saya coba untuk melakukan update firmware terbaru pada update software.

Hal yang harus disiapkan adalah:


  • Kabel OTG mini usb
  • HP Android / Tabled Android
  • Stick PS3 beserta kabel sticknya

Langkah-langkah menghubungkan


  • Pasangkan Kabel stick PS3 ke kabel OTG mini usb
Menggunakan stick ps3 di android

Menggunakan stick ps3 di android


  • Hubungkan masing-masing konektor ke port masing-masing
  • Buka Sixaxis enabler dan pilih "ENABLE", setelah itu akan ada notifikasi di android kamu yang memeinta ijin untuk memperbolehkan memakai perangkat usb, klik OK untuk mengijinkan. Akan muncul STATUS: Sixaxis connected (sixaxis telah terhubung), please tab PS button
Menggunakan stick ps3 di android

Menggunakan stick ps3 di androi

  • Klik tombol bulat lambang Playstation yang ada pada stick PS3 (4 lampu indicator akan berkedip, tunggu sebentar sampai satu lampu saja yang menyala)
Menggunakan stick ps3 di android

Menggunakan stick ps3 di android


  • Akan muncul STATUS: Sixaxis enabled, please try botton and stick (stick PS3 siap untuk kamu mainkan di android)



Kamu bisa memainkan beragam game ada pada google playstore yang mendukung penggunaan gamepad atau stick. Pada tutorial berikut ini saya mencoba untuk memainkan game Beach Buggy Racing.

Pada setting game game Beach Buggy Racing pilih opsi setting kemudian control. Jika stick belum terdetect, tekan tombol bulat icon ps3 pada stick maka akan ada pilihan view gamepad (gamepad sudah terdetect). Tekan tombol tersebut untuk mulai pengaturan tombol stick PS3.

Selain juga bisa digunakan untuk bermain game android, stick PS3 bisa juga digunakan untuk bermain untuk game PS1 di android.

Menggunakan stick ps3 di android

Menggunakan stick ps3 di android



Cara untuk terhubung sama dengan tutorial bermain game android diatas. Hanya yang membedakan dalam bermain PS1 diandroid adalah harus menggunakan emulator untuk memainkan gamenya.

Cara mengatasi Troubleshooting atau kendala ketika menghubungkan stick PS3 dan Perangkat Android

Tutorial diatas sudah kita bahas bersama langkah demi langkah agar sobat bisa menggunakan stick PS3 untuk bermain android. Jika masih belum bisa terhubung pastikan hal-hal dibawah agar sobat sukses bermain dengan nyaman di android.

1. Pastikan stick PS3 sobat berjalan dengan baik dengan kabel usb

Tes pada komputer windows dengan menghubungkan stick dengan komputer via kabel usb. Jika stick PS3 sobat dalam kondisi baik, komputer akan mendeteksinya sebagai perangkat gamepad walaupun komputer tidak meresponse apabila sobat menekan tombol stick PS3.

2. Pastikan kabel OTG bisa berjalan pada perangkat kamu

Tes dengan keybord usb atau mouse usb bila memungkinkan

3. Pastikan stick PS3 kamu tidak terhubung dengan perangkat lain disekitarnya, dengan cara mematikan perangkat lain yang menggunakan koneksi bluetooth
4. Jika kamu pernah menginstall aplikasi lain yang berhubungan dengan gamepad PS3 di android, lakukan uninstall.

Berikut telah kita bahas bersama mengenai tutorial " cara menggunakan dtick PS3 di android tanpa akses root"

Semoga bermanfaat dan jangan lupa penulis mengharapkan para pembaca untuk klik tombol share dibawah.





Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Cara menggunakan stick PS3 di android tanpa root"

  1. Klo untuk main aov kan prlu settingan khusus gan, brangkali tau nama software remappernya gan? Mksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau software khusus belum ada gan, setau saya kalau aov sudah ada joy stick yang ditempel langsung di layar

      Delete