Puncak Mahameru Gunung Semeru - Ayo ke Pucak Pulau Jawa ! | jadditahu.com

Puncak Mahameru Gunung Semeru - Ayo ke Pucak Pulau Jawa !

Baca Juga

jadditahu.com - Puncak mahameru gunung semeru.


Gambaran umum dan Letak Gunung Semeru

Gunung Meru atau Gunung Semeru merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Di pulau jaya Gunung Semeru dikenal sebagai gunung yang paling tinggi. Puncak gunung semeru atau yang lebih dikenal dengan puncak Mahameru memiliki ketinggian 3.676 (mdpl) atau 12.060 ft.


Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com


Posisi geografis
antara 8°06' LS dan 112°55' BT.
Pendakian Rute termudah
Tumpang, Kabupaten Malang
Letusan terakhir
2008
Jenis Gunung
Strato volcano
Flora
pohon akasia,  cemara, pinus, dan jenis Jamuju, alang-alang, Kirinyuh, harendong, tembelekan, dan Edelwiss putih
Fauna
budeng, luwak, kijang, kancil, belibis (di Ranu Kumbolo)


Puncak Mahameru gunung Semeru - Pendaki pertama


Tercatat Pada tahun 1838 seorang ahli geologi asal belanda bernama Clignet menjadi orang pertama yang melakukan pendakian di gunung ini. Kemudian di tahun 1945 ahli botani masih dari Belanda bernama Widodaren menyusulnya.

Dengan puncak mahamerunya Gunung Semeru berada di urutan ketiga dimana Gunung Kerinci di Sumatera menduduki urutan pertama disusul Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat di urutan kedua dari urutan gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Jonggring Saloko adalah nama kubah Kawah yang terletak di puncak mahameru Gunung Semeru. Jonggring Saloko dulunya memiliki  tinggi 3.744,8 m sampai pada tahun 1973 pada bagian selatan kubah terjadi dorongan yang mengakibatkan aliran lava mengalirlah di sisi selatan kawah  menuju daerah Candipuro dan daerah Pronojiwo, kabupaten Lumajang.

Gunung Semeru masuk ke dalam
wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain itu Gunung Semeru juga menduduki 2 wilayah kabupaten yang berbeda yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang  Provinsi Jawa Timur.



Perjalanan ke puncak mahamameru gunung semeru


Untuk mendaki gunung semeru sobat bisa lewat dari kota malang atau kota lumajang. Tapi jalur yang akan kita bahas adalah dari kota malang.


  • Dari Terminal Kota Malang, oper angkot menuju desa tumpang (Terminal Tumpang)
  • Dari terminal tumpang naik truck atau jeep yang banyak terdapat pada pasar terminal
  • Naik jeep atau truck sayur sampai pos ranu Pani desa terakhir di kaki gunung semeru Ongkos Rp. 20.000
  • Menuju Gubug Klakah (kepengurusan surat ijin Rp 6.000 untuk maksimal 10 orang ), asuransi perjalanan Rp 2.000 dan karcis masuk  Rp. 2.000
  • Bagi pendaki yang membawa tenda akan dikenai tambahan biaya per tenda Rp 20.000 dan yang membawa kamera akan ditambahkan Rp 5.000 per kamera.


Di pos ini bila para pendaki membawa banyak barang bawaan, bisa menggunakan jasa portir warga setempat. Dalam perjalanan ke puncak mahameru gunung semeru portir selain bisa mengangkat barang juga bisa berperan sebagai penunjuk arah pendakian dan memasak.

Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com


Pendaki bisa bermalam di Pos Ranu pani (ketinggian 2.200 meter diatas permukaan laut), Nah di Pos Ranu pani sendiri ada dua buah danau (ranu) yaitu Ranu Pani dengan luas 1 hektar dan Ranu Regulo dengan luas 0,75 hektar.

Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com


Sobat kemudian akan menjumpai di gapura "selamat datang", arahkan perjalanan terus ke arah kiri menuju bukit, tetapi hindari menyusuri jalanan lebar karena arahnya menuju perkebunan penduduk.


Para pendaki biasanya memakai jalur pendakian umum tetapi ada pula jalur jalan pintas yang sering digunakan para pendaki lokal namun saran saya tetaplah di jalur yang umum karena jalur pintas memiliki medan sangat curam. Be safety guys!!!

Pada awal perjalanan kita akan memasuki jalur landai, dilanjutkan dengan menyusuri lereng bukit yang kebanyakan ditumbuhi dengan alang-alang.

Tidak tampak adanya tanda penunjuk arah, namun setiap 100 meter terdapat tanda ukuran jaraknya untuk setiap 100 meternya. Kadang terdapat pohon tumbang dan ranting-ranting pada jalur yang dilewati.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 5 km dengan menyisir lereng bukit yang ditumbuhi bunga bunga edelweis, selanjutnya sobat akan sampai di Watu Rejeng.

Di Watu Rejeng terdapat pemandangan bukit-bukit dan lembah yang berpadu dengan hutan pinus dan cemara membuat pemandangan menjadi sangat indah. Dari kejauhan Kepulan asap dari puncak mahameru kadang dapat sobat saksikan.

Perjalan selanjutnya adalah menuju Ranu Kumbolo, untuk dapat menuju kesana jarak yang harus kita tempuh adalah sekitar 4,5 km.

Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com



Berada di ketinggian 2.400 meter diatas permukaan laut dengan luas area 14 hektar, ranu kumbolo menyajikan pemandangan yang indah terutama saat pagi hari karena sinar mentari yang terbit akan tampak dari sela-sela bukit.

Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com



Terdapat shelter atau pondok pendaki di Ranu Kumbolo, para pendaki juga bisa mendirikan tenda di sini. Pemandangan di Ranu Kumbolo di pagi hari nampak indah dengan adanya danau dengan air yang bersih. Di danau terdapat ikan yang lumayan banyak dan belibis liar kadang sesekali nampak dari kejauhan.

Persiapkanlah persediaan air sebanyak mungkin ketika sobat di Ranu Kumbolo. Setelah sejenak istirahat kita lanjutkan perjalanan menuju puncak mahameru gunung semeru dengan mendaki bukit yang lumayan terjal, jika anda menoleh kebelakang view danau akan terlihat indah. Terbentang padang rumput luas yang menunggu di depan bukit yang dinamakan oro-oro ombo.

Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com


Padang rumput atau Oro-oro ombo, setelah itu sobat akan memasuki kawasan hutan cemara yang dinamakan Cemoro Kandang, disini menurut cerita masih terdapat kijang yang kadang terlihat berkeliaran.

Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com

Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com


Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju pos selanjutnya yaitu Pos Kalimati. Pos kalimati ini terletak di ketinggian 2.700 mdpl (meter diatas permukaan laut), disini sobat bisa beristirahat sejenak dengan mendirikan tenda. Pos Kalimati memiliki landscape berupa padang rumput luas dan terletak pada tepi hutan cemara, jadi untuk urusan membuat api unggun sobat tidak perlu khawatir karena banyak terdapat ranting-ranting untuk bahan bakarnya.

Bila sobat menelusuri ke arah barat (kanan) pada pinggiran hutan kalimati akan ada sumber mata air bernama Sumber Mani diperlukan kurang waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai kesana dan kembali lagi ke pos.


Selain di kalimati para pendaki bisa juga mendirikan tenda di Arcopodo.  Perjalanan ke arcopodo memakan waktu 1 jam dari kalimati. Belok ke kiri (arah timur ) sejauh kurang lebih 500 meter, kemudian berbelok ke arah kanan ( arah selatan ) dengan menuruni Oro-oro ombo kalimati. Saran saya lebih baik berkemah di kalimati dibandingkan arcopodo karena tanahnya rawan longsor dan juga kondisi udaranya berdebu, sebaiknya menggunakan safety glass agar mata tetap terlindung dari debu yang berterbangan.

Berada di ketinggian 2.900 mdpl Arcopodo adalah wilayah terakhir sebelum menuju puncak gunung mahameru gunung semeru selebihnya kita akan melewati wilayah berpasir.

Jangan kaget ya guys, terdapat tikus gunung di wilayah Kalimati maupun di Arcopodo. Lebih baik barang bawaan yang berat sobat tinggalkan dulu di kalimati atau arcopodo.

Perjalanan dari Arcopodo menuju puncak mahameru gunung Semeru memerlukan waktu tiga sampai empat jam, Sebaiknya perjalanan dari arcopodo ke puncak dilakukan pada pagi buta sekali sekitar jam 02.00 pagi karena pada siang hari arah angin akan cendurung menuju utara ke arah puncak dengan membawa serts gas beracun yang berasal dari Kawah Jonggring Saloka.

Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com



Perjalanan ke puncak mahameru gunung semeru akan sobat tempuh dengan melalui bukit pasir yang sangat mudah merosot dan curam.

Untuk panduan pendaki, perjalanan ke puncak mahameru dipermudah dengan adanya bendera berbentuk segitiga yang berwarna merah sebagai panduan perjalanan.

Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com


Sesampainya di punjak mahameru suhu lebih dingin akan lebih terasa, suhu di puncak mahameru berkisar antara 4 - 10 derajat Celsius. Bahkan bisa sampai 0 derajat celcius pada saat puncak musim kemarau hingga dijumpai kristal es. Kondisi punca juga sering berkabut.

Puncak mahameru gunung semeru

Puncak mahameru gunung semeru - source : instagram.com



Gas Beracun Gunung Semeru


Pendakian ke puncak mahameru gunung semeru disarankan untuk tidak melewati sisi sebelah selatan dan kawah Jonggring Saloko karena untuk menghindari aliran lahar dan gas beracun.

Gas beracun ini dikenal dengan sebutan wedhus gembel, nama wedhus gembel diberikan karena bentuk nya yang seperti bulu kambing gimbal yang dalam bahasa jawa dinamakan wedhus gembel.


Waktu Pendakian Puncak Mahameru 


Lebih baik sobat melakukan pendakian di musim kemarau yaitu antara bulan Juni sampai September untuk menghindari terjadinya tanah longsor dan angin kencang pada bulan Desember sampai Januari.

Soe Hok Gie

Sobat mungkin tidak asing dengan nama Soe Hok Gie. Iya, salah satu mahasiswa yang sekaligus aktivis indonesia yang kuliah pada Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI) ini meninggal dunia pada tahun 1969 akibat menghirup asap beracun Gunung Semeru. Gie bersama rekanya Idhan Dhanvantari Lubis meninggal di gunung ke 3 tertinggi di indinesia ini.

Semangat gie dan Idhan membuat gunung semeru menantang untuk ditaklukkan. Bagi sobat yang berniat untuk muncak, ingat ya keselamatan adalah utama.

Happy climbing, semoga artikel kali ini bisa sedikit memberi sobat gambaran tentang puncak mahameru gunung semeru.


0 Response to "Puncak Mahameru Gunung Semeru - Ayo ke Pucak Pulau Jawa ! "

Post a Comment