Pesan berbintang di whatsapp starred messages - Apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya? | jadditahu.com

Pesan berbintang di whatsapp starred messages - Apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya?

Baca Juga

jadditahu.com - Pesan berbintang di whatsapp - Apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya? Selamat pagi sobat semua, sobat kebanyakan pasti sudah familiar dengan aplikasi chat whatsapp.
Baik pengguna perangkat ber-OS android, windows phone dan IOS pasti tidak asing lagi dengan aplikasi messager yang satu ini.

Pesan berbintang di whatsapp

Pesan berbintang di whatsapp



Whatsapp dan BBM messager seolah menjadi aplikasi wajib para pengguna smartphone, kedua aplikasi ini sanagat penting untuk berkirim pesan baik hanya sebatas pesan teks maupun pesan media seperti vidio, gambar, audio bahkan file dokumen kantor seperti pdf.

Saya sendiri lebih memilih aplikasi whatsapp karena memiliki fitur yang lengkap dan tampilan lebih menarik. Whatsapp juga sudah memiliki pelanggan lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.


Seiring perkembangannya aplikasinya, whatsapp messenger semakin menyempurnakan baik dari segi kecepatan maupun dari segi tampilannya. Kembali ke tema awal tentang pesan berbintang, apa sih fungsinya dan bagaimanakah cara penggunaan starred messages. Kita akan bahas lebih lanjut dibawah.

Fungsi Pesan berbintang di whatsapp ( starred messages )


Kali ini bersama akan kita bahas tentang fitur pesan berbintang atau starred messages. Fitur yang ditambahkan pada tahun 2015 ini cukup membantu dan memberikan kemudahan bagi pengguna whatsapp dalam mencari obrolan chat yang dirasa penting untuk disimpan.

Obrolan chat yang telah sobat beri tanda pesan berbintang atau starred messages akan tersimpan dan mudah dilihat nantinya.

Contohnya, ketika sobat sibuk dan tidak sempat membaca chat yang sobat rasa penting sobat bisa menambahkan pesan berbintang (starred message) pasa chat itu untuk kemudian dibaca nanti.

Pesan berbintang ( starred message) juga berfungsi agar pesan penting tidak terhapus. Pada group chat whatsapp yang kita ikuti terdapat banyak anggota member group dan pastinya selain memberikan kita sedikit tambahan informasi yang bermanfaat juga lebih banyak berisi obrolan ringan yang menurut kita adalah hal yang tidak penting. Apabila tidak kita menandai obrolan penting tadi tentunya lama kelamaan akan tertutup oleh obrolan yang terus berlanjut dan akhirnya akan sulit dicari lagi. Sobat akan kehilangan jejaknya dan pasti malas untuk melakukan scrolling satu per satu keseluruhan bagian chat group.

Berilah icon starred messages atau pesan berbintang pada bagian chat yang sobat inginkan.

Ketika kita hapus obrolan yang berada di group, bagian chat yang telah kita tandai dengan pesan berbintang akan aman tersimpan dan tidak ikut terhapus bersamaan keseluruhan obrolan group.

Fitur pesan berbintang sebenarnya hampir mirip dengan fitur pada gmail. Pada gmail pesan yang penting juga dapat anda arsipkan dengan menambahkan icon bintang pada pilihan email.

Cara menggunakan Pesan Berbintang ( starred massage )


1. Buka salah satu obrolan group atau chat pribadi

Pesan berbintang di whatsapp

Pesan berbintang di whatsap

2. Pada obrolan chat, ketuk dan tahan sampai terblok bagian chat yang ingin sobat simpan seperti gambar dibawah.
Setelah itu pilih icon bintang  pada bagian atas layar untuk menandai pesan itu sebagai pesan berbintang (starred messages).

Pesan berbintang di whatsapp

Pesan berbintang di whatsapp


3. Setelah sobat memilih icon bintang akan terlihat perbedaannya dengan pesan yang lain seperti pada screen shoot dibawah (kotak merah adalah pesan biasa dan kotak merah adalah pesan berbintang).

Pesan berbintang di whatsapp

Pesan berbintang di whatsapp


Ketika riwayat pesan pada log chating sobat hapus, maka pesan berbintang tadi akan tetap tersimpan. Bagaimana cara melihatnya?


  • Kembali pada layar depan whatsapp dan pilih icon 3 titik yang ada di pojok kanan atas.
Pesan berbintang di whatsapp

Pesan berbintang di whatsapp


  • Pilih starred messages atau pesan berbintang, maka seluruh pesan berbintang yang sobat pilih akan terlihat keseluruhannya. Semua chat berbintang baik itu dari group maupun dari chat prinadi akan ditampilkan disini walaupun riwayat chat telah sobat hapus.
Pesan berbintang di whatsapp

Pesan berbintang di whatsapp

Bagaimana cara menghapus atau menghilangkan pesan berbintang / starred messages

Untuk menghapus pesan berbintang sangatlah mudah, sobat hanya perlu menahan atau block chat berbintang yang ingin sobat hapus.

Setelah itu pilih icon hapus pesan berbintang pada bagian header atas (lingkaran kuning), maka pesan yang tadi berbintang akan menjadi pesan biasa.

Pesan berbintang di whatsapp

Pesan berbintang di whatsapp

Sebagai catatan : pesan yang tadi diubah menjadi pesan biasa tidak akan terhapus setelah sobat mengubahnya. Sobat dapat menghapusnya dengan cara menghapus riwayat chat atau bagian chat itu sendiri.

Kesimpulan: ketika sobat menyematkan tanda pesan berbintang, sobat tidak hanya akan dimudahkan dalam mencari hal-hal yang penting pada suatu riwayat obrolan, tetapi sobat juga dapat menyelamatkan bagian obrolan yang mungkin tidak sengaja terhapus.

Baiklah pada pembahasan diatas telah kita bahas bersama mengenai pesan berbintang di whatsapp beserta fungsi dan kegunaannya. Semoga bermanfaat, bila terdapat hal yang ingin sobat tanyakan jangan ragu untuk bertanya ya dengan mengisi kolom komentar dibawah.

Judul: Pesan berbintang di whatsapp

0 Response to "Pesan berbintang di whatsapp starred messages - Apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya?"

Post a Comment