Kampung Kurcaci Purbalingga - wisata alam bernuansa desa hobit | jadditahu.com

Kampung Kurcaci Purbalingga - wisata alam bernuansa desa hobit

Baca Juga

Jadditahu.com - kampung kurcaci Purbalingga - Tidak hanya Lembang, Bandung yang punya objek wisata ala film The Hobbit.
Satu lagi objek wisata bernuansa alam juga dengan suasana kurcaci siap untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah tepatnya di dusun Brobahan, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com

Di Purbalingga ada destinasi wisata yang lagi jadi trend nih sobat, namanya "Kampung Kurcaci", bangunannya terinspirasi film Lord of The Ring dimana menggambarkan suasana perkampungan Desa Shire yang memiliki bentuk rumah mungil tempat tinggal Hobbit (kurcaci).

Pernah nonton film Lord Of The Ring yang dulu sempat booming?

Coba bayangin perkampungan hobit alias kurcaci di film ini bisa sobat jumpai langsung, Dan kabar baiknya, sobat tidak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri. Datang saja ke Purbalingga, sobat sudah bisa merasakan suasana langsung Kampung Kurcaci tentunya ala Indonesia.


Sobat akan menyaksikan suasana ala Desa Shire dan seakan akan berada dalam cerita fantasi fiksi dalam film Lord of the Ring. Kampung kurcaci juga di menamakan oleh pengelolanya sebagai sekolah alam Kampung Kurcaci. Disebut Kampung Kurcaci bukan karena kampung ini memiliki penduduk dengan ukuran tubuh yang mini, tapi karena rumah-rumah yang ada disini berbentuk mini dan memiliki desain layaknya rumah kurcaci.

Liburan ke Kampung Kurcaci purbalingga sangat cocok untuk sobat yang terbiasa hidup di hiruk pikuknya suasana perkotaan, karena di Kampung Kurcaci purbalingga konsep tempat wisatanya dibuat dengan tema suasana alam yang dijamin membuat betah. Hawa sejuk Kampung Kurcaci hampir mirip seperti di Lembang. Bahkan Kampung Kurcaci terasa lebih dingin karena berada di ketinggian 3.428 MDPL (meter di atas permukaan laut) di kaki Gunung Slamet. Memiliki landscape hutan pohon damar yang hijau dan berusia ratusan tahun menambah keindahan pemandangan sekitarnya.
Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com


Suasana rindang dan sejuk tak pelak membuat para wisatawan betah berlama-lama untuk duduk di bawah pohon damar yang rindangnya atau sekedar menikmati uniknya rumah-rumah pohon. Sambil bercengkrama dengan sahabat atau keluarga, banyak area yang bisa sobat gunakan untuk berfoto selfie di areal seluas tiga setengah hektare ini.

Rute menuju ke Kampung Kurcaci Purbalingga sebagai berikut:

Rute Dari Pemalang/Belik/Randu Dongkal

Ambil jalan menuju Belik - Gombong –Pratin/Kutabawa ambil belokan kanan menuju kebun strawberry(Desa Serang). Kampung Kurcaci berada di Jl.Raya Brobahan, 1 km setelah rest area lembah asri.

Rute Dari Purwokerto

Dari arah Purwokerto jika ingin menuju Kampung Kurcaci Purbalingga, rute yang bisa sobat tempuh ada sebagai berikut:
Sokaraja menuju Kalimanahdilanjutkan ke arah Purbalingga kotakemudian ambil arah menuju Bobotsari, setelah sampai di Bojongsarikemudian Mrebet ambil belokan kiri pada Pertigaan Serayu ke arah Desa Serang. Kampung beralamatkan di Jalan Raya Brobahan, berjarak kira-kira 1 km  sebelum rest area lembah asri.

Untuk kedua rute diatas baik dari pemalang atau Purwokerto jika sobat  masih bingung mimin sarankan untuk menggunakan perangkat GPS tracking atau bisa juga melalui googlemaps yang biasanya sudah terinstall pada smartphone dengan OS Android. Cek Lokasinya disini



Harga Tiket dan Parkir di kampung kurcaci Purbalingga

Sobat cukup membeli tiket Rp 5.000,00 untuk tiap orang ketika masuk di kampung Kurcaci dan tambahan Rp 2.000,00 untuk parkir sepeda motor. Suasana persahabatan yang hangat terasa, begitu berada di tempat lokettiket, seorang petugas menyambut dengan ramah dengan bahasa Jawa Kromo (Bahasa jawa halus). “Anda memasuki kawasan bahasa Jawa Krama, monggo guneman ngagem boso Jawi Kromo” yang artinya silahkan gunakan Bahasa Jawa kromo yang tertulis sisi loket. Nampaknya pengelola juga menjadikan kampung kurcaci sebagai sarana belajar berbahasa jawa halus yang kini mulai ditinggalkan oleh para generasi muda.

Seiring semakin populernya kampung kurcaci pengelola mulai melakukan pembenahan untuk lahan parkir agar pengunjung merasa aman dan nyaman,akan disiapkan areal khusus dalam waktu dekat yang bisa menampung kurang lebih 200an sepeda motor dan juga space parkir mobil karena saat ini untuk tempat parkir mobil memang masih terbatas tutur salah seorang pengelola wisata. Nantinya parkir area yang baru ini akan dibangun disekitar kampung kurcaci dan jaraknya tidak jauh sehingga memudahkan para pengunjung.

Jam Operasional kampung kurcaci Purbalingga

Sobat mempunyai banyak waktu menikmati keindahan alam Kampung Kurcaci Purbalingga. Kampung ini buka setiap hari mulai jam 09:00 pagi sampaijam 05:00 sore. Jadi tidak perlu kuatir dan repot-repot atur jadwal saat akan berkunjung.



Ada saja yang bisa sobat temui di Kampung Kurcaci?

Di Kampung Kurcaci soabat dapat menikmati banyak hal, terutama hawa sejuk dan rindang yang ditawarkan wisata alamnya.

Terdapat 9 hal yang Setidaknya bisa sobat jumpai ketika berwisata ke Kampung Kurcaci Purbalingga:



1. Rumah Kurcaci

Konsep Rumah Kurcaci awalnya diperuntukkan untuk menarik minat anak-anak setempat yang difungsikan untuk sekolah alam rupanya justru menjadikannya viral setelah para pengunjung mengunggahnya di media sosial.

Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com



Rumah kurcaci nampaknya menjadi salah satu penambah daya tarik para wisatawan untuk sekedar berfoto-foto di depannya.

Rumah berukuran mini berbahan kayu dengan cat berwarna merah dan kuning ini memiliki atap yang pendek, jadi memang terlihat cocok jika disebut sebagai rumah kurcaci.
Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com



Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com


Ada tambahan lagi guys! Baru-baru ini pengelola menambahkan 1 lagi nih koleksi rumah kurcacinya, dan mungkin dalam beberapa tahun akan nambah lagi menjadi satu RT, dengan pak hobit sebagai ketua RT-nya hehe.



2. Kampung Kurcaci Camping Ground

Bagi sobat yang ingin berkemah di sini juga bisa lho. Kampung Kurcaci menyediakan tempat Camping Ground cukup luas. Cocok digunakan untuk anak-anak sekolah dalam kegiatan perkemahan.

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com


Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com



Tinggal membawa perlengkapan berkemah dan tenda, sobat pun dapat menikmati udara yang masih sejuk dengan mendirikan tenda di Kampung Kurcaci, buat api unggun untuk menghangatkan badan di malam hari.



3. Curug Lawang

Karena berada di daerah pegunungan yang terletak di kaki Gunung Slamet dan memiliki kontur alamnya yang tinggi maka tidak heran kampung Kurcaci  Purbalingga juga memiliki sebuah (Curug) air terjun bernama curug Lawang.

Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com



Curuk merupakan sebutan air terjun bagi sebagian daerah termasuk Purbalingga.
Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com


Curug Lawang memiliki ketinggian air terjun sekitar 35 meter. Curug ini bias juga digunakan untuk repling, airnya pun mengalir jernih dan bening. Sobat bisa berkemah sekaligus menikmati Curug Lawang, asik bukan!



4. Hutan Wisata Kampung Kurcaci

Rimbunya pohon damar yang tingginya puluhan meter membuat matahari nyaris tidak mengenai ayunan langkahmu ketika berjalan di Hutan Wisata di Kampung Kurcaci.  Maklum saja, karena Hutan Wisata di Kampung sudah berumur ratusan tahun.

Sobat akan merasakan sensasi yang berbeda dengan suasana tenangnya. Hutan Wisata di Kampung Kurcaci benar-benar bisa menenangkan pikiranmu.



5. Sekolah Alam Kampung Kurcaci

metode pembelajaran melalui Sekolah Alam mulai populer di beberapa daerah yang terbukti membuat anak lebih rileks membuat beberapa proses pembelajaran mulai melirik dengan yang sama, hal itu juga sedang dikembangkan di Desa Serang.

Anak-anak warga Desa Serang lebih bersemangat mengikuti kegiatan belajar dengan adanya Sekolah Alam Kampung Kurcaci.

Dengan sekolah alam, anak-anak warga Desa Serang lebih antusias ketika  mengikuti kegiatan belajar. Sekolah alam memang sudah banyak dilaksanakan di beberapa daerah karena dengan metode belajar di alam membuat anak-anak kecil nyaman dan merasa seru ketika proses pembelajaran.





6. Rumah Pohon Kampung Kurcaci



Memang tidak seperti halnya rumah pohon yang ada di di Tahura WAR Lampung atau yang ada di Kalibiru Jogja atau, namun keberadaan rumah pohon menambah daya tarik tersendiri di Kampung Kurcaci Purbalingga.

Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com



mungkin Rumah Pohon Kampung Kurcaci lebih mirip dengaan rumah pohon yang ada di taman kupu-kupu Gita Persada, hanya saja rumah pohon Kampung Kurcaci terbuat dari kayu. Berbeda lagi dengan taman kupu-kupu Gita Persada yang rumah pohonnya berbahan bambu.

Kurang lengkap rasanya bila tidak menikmati uniknya rumah pohon ini saat berkunjung ke Kampung Kurcaci.



7. Permainan Tradisional



Dampak perkembangan teknologi tidak melulu mendatangkan pengaruh positif. Seiring dengan perkembangan teknologi membuat berbagai permainan tradisional sudah sangat jarang dijumpai karena saat ini anak-anak lebih senang berjibaku dengan beragam perangkat gadget yang semakin canggih.

Kampung Kurcaci memiliki beberapa arena permainan tradisional yang bisa kamu mainkan. Berbagai permainan tradisional ini bakalan mengingatkan kita semasa masih kecil dimana gatget belum begitu menjamur dan permainan tradisional masih menjadi andalan.

Setelah mengunjungi Kampung Kurcaci, akan menyadarkan kita bahwa tanpa perangkat gadget pun permainan bisa terasa seru dengan berbagai permainan tradisional yang dimainkan secara berkelompok.







8. Giant Swing

Bila kamu suka dengan wahana yang memacu adrenalin, maka kamu wajib coba wahana baru yang ditawarkan Kampung Kurcaci berikut ini.
Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga - source: instagram.com


Wahana ini bernama Giant Swing, Kita akan diangkat setinggi 25 meter kemudian dilepaskan untuk berayun bebas. Berani coba?

Bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung mimin sarankan untuk mencoba wahana yang satu ini.



9. Perpustakaan Kurcaci

Bukan cuma sebagai sarana bersenang-senang, kampung kurcaci juga menyediakan perpustakaan mini untuk sarana belajar atau hanya sekedar membaca koleksi buku yang ada disini. Jadi setelah jalan-jalan berkeliling kampung kurcaci, kita bisa sejenak santai sambil baca koleksi buku di perpustakaan kecil ini. Asyik kan?



Pengelolaan kampung kurcaci Purbalingga

Kurang lebih 3,5 hektare luas areal sekolah alam Kampung Kurcaci merupakan tanah milik PT Perhutani. Lembaga Masyarakat Desa Hutan(LMDH) dalam kapasitasnya sebagai pihak pengelola yaitu anggota masyarakat sekitar bersama-sama berkerjasama dengan PT.Perhutanimengembangkan kampung kurcaci menjadi destinasi wisata kabupaten purbalingga. Tentunya masyarakat sekitar selaku pengelola berharap, Perhutani dapat terus bekerjasama dalam hal memberikan kemudahan pengelolaan kampung kurcaci purbalingga. Pada dasarnya masyarakat tidak melakukan perusakan terhadap hutan yang memiliki pohon damar yang berusia ratusan tahun. Para pengelola yang berjumlah 18 orang itu selalu berusaha ramah menyambut wisatawan.

Menurut keterangan salah seorang pengelola dan pemandu wisata, kinikampung Kurcaci telah menerapkan sadar wisata lewat sapta pesona. Masyarakat sekitar dan para anggota LMHD berusaha menjaga kebersihan dan ramah di areal kampung Kurcaci. Ditambahkan salah seorang pengelola, Pembinaan sadar wisata bagi para pengelola dilakukan secara berkesinambungan.

Menurut Pak Edi Susanto, pengelola Rumah Kurcaci sekaligus sebagai penggiat desa wisata setempat pada Jumat, 12 Agustus 2016, Awalnya kampung kurcaci disiapkan untuk anak-anak desa sebagai sekolah alam. Karenanya dibuatkan semacam rumah Kurcaci agar anak-anak tertarik dan ternyata hal ini membuat anak-anak sangat tertarik. Bukan hanya menarik minat anak-anak desa setempat namun banyak wisatawan merasa penasaran dan akhirnya datang kesini. Wisatawan yang datang turut mempopulerkan kampung kurcaci  lewat postingan gambar yang mereka unggah ke media social, nah lewat media social inilah yang menjadikan Kampung Kurcaci semakin lama semakin ramai pengunjung. Menurut Pak Edi sebutan Rumah Kurcaci ini memiliki filosofi bahwa manusia adalah bagian kecil jika dibanding luasnya alam. Saat wisatawan duduk di bawah besarnya pohon yang menjulang tinggi, maka kita akan merasa kecil bagaikan seorang kurcaci dengan filosofi ini maka diharapkan sebagai manusia sifat bersyukur dan saling menghormati akan timbul ketika para wisatawan mengunjungi tempat ini.

Kusin salah satu pemandu wisata di Kampung Kurcaci, menyampaikan, "Kita ingin para wisatawan merasakan suasana persahabatan, damai dan hangat dengan menyuguhkan hutan memiliki udara segar dan bernuansa asri" ujar Kusin.

Kampung Kurcaci Purbalingga sejauh ini berusaha menambah wahana wisata dan fasilitasnya untuk memanjakan para wisatawan. Jadi ayo kita tunggu inovasi selanjutnya dari Kampung Kurcaci Purbalingga semoga semakin populer dan dikenal.

Berikut telah kita ulas bersama wisata kampung kurcaci purbalingga, semoga bermanfaat.

2 Responses to "Kampung Kurcaci Purbalingga - wisata alam bernuansa desa hobit"

  1. mantap ternyaata purbalingga juga punya wisata keren ya, indonesia memang banyak sekali ampe tumpah ruah tempat - tempat wisata yang sudah tereksplore ataupun yang masih tersembunyi. Ngomong2 hampir mirip di jogja yang rumah kurcaci itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, memang beberapa destinasi wisata ada yang menggunakan tema kampung hobit untuk menarik para pengunjung, tapi semakin kita explore semakin terdapat daya tarik dan keunikan tersendiri disetiap tempat. Wisata indonesia gak ada matinya...

      Delete