Hp Android Pertama kali di dunia - Mbahnya smartphone besutan google | jadditahu.com

Hp Android Pertama kali di dunia - Mbahnya smartphone besutan google

Baca Juga

jadditahu.com - Hp Android Pertama kali di dunia - Mbahnya smartphone perdana besutan google - Ponsel pintar atau Smartphone saat ini sudah dianggap sebagai kebutuhan yang wajib bagi masyarakat luas, dengan beragam merek dan pilihan harga smartphone canggih dalam genggaman dengan mudah.


Bila dulu sobat menggunakan ponsel cuma untuk telepon dan sms, saat ini ponsel lebih berfungsi sebagai sarana entertaiment seperti memainkan musik, berselancar internet, bermain game dan bisa juga sebagai sarana memudahkan dalam hal pekerjaan.

Di tahun 2005 nama android masih belum begitu dikenal oleh masyarakat umum. Di Indonesia pun nokia seakan menjadi pemain tunggal dengan produk andalannya bermodel candybar dan beberapa produk PDA yang kala itu seolah menjadi perangkat kalangan bisnis yang kala itu berharga mahal. Pada kesempatan kali ini jadditahu.com akan mengulas dan menelusuri bagaimana sejarah awal mula adanya smartphone Android pertama.

Seperti yang telah dilansir Gsmarena Rabu (02-03-2016),pada saat ini perkembangan perangkat smartphone dunia didominasi perangkat layar sentuh yang semakin merajarela dan bersaing satu sama lain antar fendor besar, setiap fendor mengandalkan (OS) operating system buatan Android, Microsoft dan Apple yang ditanamkan pada smartphone yang mereka produksi.

Kehadiran beragam smartphone canggih buatan bermacam-macam fendor berkelas dunia ini nyatanya perlahan namun pasti langsung menumbangkan keperkasaan model candybar andalan nokia dan segala tipenya yang dulu pernah berkuasa dalam kurun waktu beberapa tahun.

Hp android pertama kali di dunia - Andy rubin, source: wikipedia.com

Android muncul berawal dari Andy Rubin yang menciptakan suatu operasional sistem (OS) berlogo robot hijau bersama dengan timnya yang diberinama android. Rubin selanjutnya memutuskan untuk menjual OS ini kepada Lawrence Page yaitu si pendiri google. Lawrence page atau larry yakin robot hijau android akan menjadi sistem operasi nomor satu di dunia.

Hp android pertama kali di dunia - lawrence page, source : wikipedia.com

Rubin tanpa ragu menjual OS Androidnya pada google tahun 2005, setelah itu 3 tahun berselang bersama vendor asal taiwan HTC, Google meluncurkan smartphone touch screen pertama berbasis Android pada bulan Oktober 2008.

Peluncuran perdananya bertempat di New York, Amerika Serikat dan di beri nama HTC Dream atau HTC T-Mobile G1. Perangkat smartphone android hasil kerjasama Google dan HTC ini pada saat itu merupakan satu-satunya perangkat yang mampu melakukan open-source.

Android memiliki kelebihan yang mengizinkan penggunanya untuk mengekspresikan diri, mengubah tampilan dan menambah beragam aplikasi.

Hp android pertama kali di dunia - HCT Dream, source : wikipedia.com

HTC T-Mobile G1 secara mengejutkan menduduki peringkat lima besar dalam penjualanan ponselnya di Amerika Serikat setelah enam bulan sejak diluncurkan di pasaran.

Hal ini sontak membuat Rubin terkejut dengan langkah cepat Google yang berhasil memanfaatkan peluang emas dalam waktu singkat dan membuat robot hijau mendadak tenar.

Rubin sebenarnya bukan pemain baru dalam hal industri perangkat smartphone. Pada tahun 2002 Larry sudah memiliki perusahaan bernama Danger inc yang sudah memiliki profit luar biasa berkat penjualan produk andalannya bernama HipTop.

Hp android pertama kali di dunia - Danger, source : wikipedia.com

Sekilas bentuk fisik dari smartphone HTC T-Mobile G1 boleh dibilang sangat mirip dengan ponsel HipTop produksi Danger inc. Kesuksesan Hiptop membuat Larry yakin bahwa kelak android akan lebih berkembang bersama google. Lalu apa bagaimana sih spesifikasi smartphone pertama android ini, mari kita lihat isi dari mbahnya ponsel android HTC Dream T-Mobile G1 berikut.


Spesifikasi HTC T-Mobile G1

Sebagai perangkat smartphone touch screen pertama yang telah ditanami OS Android, HTC T-Mobile G1 terlihat kuno dan lawas bila sobat bandingkan dengan smartphone terkini yang tampil stylish. HTC Dream memiliki layar sebesar 3,2 inch dengan resolusi 320 x 480, walaupun si "Dream" sudah mendukung layar sentuh tapi sobat bisa temukan empat tombol arah di bawah layar lengkap dengan trackball tidak ketinggalan keyboard Qwerty fisik yang berada di balik layar ponsel ditambah satu tombol menu utama yang berbentuk persegi kecil.

Hp android pertama kali di dunia - HCT Dream, source : wikipedia.com


Smartphone android HTC Dream menjadi pelopor untuk berkembangnya robot hijau Android sampai OS ini memiliki beragam update versi penyempurnanya sampai saat ini. Android menamakan setiap versi Os-nya dengan nama cemilan yang memiliki rasa manis.


Saat itu android telah menyediakan open-source yang bisa di akses melalui Android Market (saat ini berganti nama menjadi Google Play). Di dalam Android Market kala itu sudah terdapat beragam aplikasi yang bisa diunduh secara gratis dan belum tersedia aplikasi premium atau berbayar seperti pada saat ini. jadi pengguna HTC T-Mobile G1 bisa dengan mudah mengunduhnya tanpa harus membayar.

Ketika baru dibuat hanya terdapat sekitar 50 aplikasi dan game yang bisa diunduh di Android Market dengan cuma-cuma.  semuanya bisa diunduh gratis. Fitur seperti copy paste, pemberitahuan pada layar atas, widget pada layar utama sudah ada di smartphone HTC T-Mobile G1.

Smartphone Android HTC Dream sudah dilengkapi Google map dan Gmail, hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 1.150 mAh dan juga belum memiliki fitur pemutar musik yang mumpuni.

HTC T-Mobile G1 sudah memiliki pelindung anti gores Gorilla Glass dengan prosesor Qualcomm 528MHz, Adreno 130 sebagai otaknya.

Kapasitas RAM sebesar 192 MB dengan internal memory 256 MB. Ada yang unik dari perangkat yang satu ini, yaitu tidak adanya jack 3,5 mm sebagai media headset, tetapi disediakan fitur Bluetooth v2.0 untuk mendengarkan musik.

Smartphone Android touch screen pertama google ini memang terkesan dadakan dan belum betul-betul siap untuk dipasarkan. Hal ini bisa dilihat dari beberapa kekurangan pada smartphone yang satu ini, diantaranya adalah kualitas hasil rekaman video 3 MP pada kamera utama yang tidak terlalu baik.

Beberapa keluhan dari para pengguna HTC T-Mobile G1 yang dilaporkan pada laman GSM Arena, pada 18/11/2015 lalu contohnya soal keterbatasan RAM dan memori internal yang dirasa mepet.

Bahkan ada yang berkomentar ketika melakukan install aplikasi seorang yang mengeluh tidak bisa menginstallnya Whatsapp yang notabenya aplikasi chating wajib smartphone karena low memory space.

Diatas sudah kita bedah tentang ponsel android pertama yang masih jadul, lalu bagaimana panasnya persaingan platform android canggih saat ini?

Kali ini ZTE bergilir ingin menghadirkan inovasi terbarunya di kancah MWC 2017. Berbeda dari trend ponsel sekarang yang berlomba-lomba menghadirkan ponsel premium dengan melakukan upgrade pada bagian kamera, ZTE justru mengeluarkan varian ZTE Gigabit yang diklaim sebagai ponsel 5G Android pertama.

Hp android pertama kali di dunia -

Hp android pertama kali di dunia - source : priceprice.com



ZTE Gigabit ditengarai memiliki kecepatan download sampai 1 Gbps. Hal ini dapat terwujud dengan adanya Modem X16 LTE yang mempunyai kecepatan 10 kali kecepatan LTE dalam hal konektivitas dari kebanyakan smartphone yang saat ini beredar.

Bukan hanya modem baru, dengan teknologi 256-QM modulation dan 4x4 MIMO antena yang dihadirkan ZTE mampu mencapai kecepatan tinggi meskipun file yang didownload memiliki kapasitas besar.


Selain hal diatas, ponsel 5G ber-OS Android pertama ini juga dapat mendukung pengolahan data dan download procces hingga tiga kali lebih cepat bila dibandingkan ponsel LTE pada umumnya. Dengan 1 Gbps kecepatan internet yang dimiliki ZTE berharap ponsel ini bisa digunakan untuk membuka cloud storage data dengan cepat, pemutaran  konten berbasis VR 360 derajat, sampai streaming film dan musik dengan lancar.

Tidak berlebihan bila ZTE menyebut ponsel ini sebagai Super Smartphone Generation karena dilihat dari keseriusan ZTE untuk menggarap segmen smartphone yang menggunakan teknologi jaringan 5G.

Desain ZTE Gigabit

Dari sisi tampilan ZTE Gigabit nampaknya tidak ingin terlalu menonjolkan sisi kemewahan seperti halnya ponsel yang saat ini banyak beredar di pasaran. ZTE lebih mengutamakan desain yang membuat para penggunanya merasa nyaman untuk berkomunikasi dan cocok untuk genggaman tangan.

Mesin ZTE Gigabit

Di bagian otaknya terpasang chipset Qualcomm Snapdragon 835 pada ZTE, dengan dukungan RAM yang mumpuni yaitu sebesar 4GB.

Multitasking pun tidak menjadi masalah dan ringan, smartphone Android 5G ini juga sudah memiliki sistem operasi Android versi 7.0 atau Nougat.

Diajang MWC 2017 ZTE sendiri sudah memamerkan ponsel Android 5G pertama ini bersama dengan ZTE Blade V8 dan ZTE Axon 7 Max. Tapi sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari ZTE menyangkut spesifikasi detail ZTE Gigabit ini.

Berikut telah kita telusuri bersama asal usul hp android pertama kali di dunia baik yang jadul maupun yang sudah canggih beserta sejarahnya. Jangan lupa like dan share ya :)

0 Response to "Hp Android Pertama kali di dunia - Mbahnya smartphone besutan google"

Post a Comment