Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Wisata Umbul Ponggok - wisata hits under water anti mainstream

Baca Juga

jadditahu.com - Wisata Umbul Ponggok - wisata under water yang dijamin anti mainstrem.

Tentang Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah sebuah kolam yang terbentuk karena adanya proses alam, kemudian selanjutnya berkembang menjadi destinasi wisata snorkling yang saat ini cukup dikenal di Klaten.

Kolam yang terbentuk alami ini sejak zaman Belanda ternyata sudah ada loh, memiliki ukuran 50x25 m dengan kedalaman antara 1,5 m sampai 2,6 m. Sobat tidak perlu perlu lagi takut apabila terbawa gelombang, karena destinasi wisata kali ini bukanlah tempat snorkling sepertihalnya kebanyakan wisata snorkling yang biasanya berlokasi di daerah laut atau dekat pantai.

Sumber mata air Umbul Ponggok berasal dari sumber mata air alam yang sangat jernih dan segar. Berbeda dari kolam renang buatan pada umumnya yang memiliki dasar kolam berupa lantai keramik, Umbul Ponggok memiliki dasar kolam yang sangat alami yaitu bebatuan dan berupa hamparan pasir hampir diseluruh dasar kolamnya ditambah lagi ada ikan warna-warni yang jumlahnya ribuan sehingga membuat kamu berasa seperti sedang menyelam dibawah laut.
Wisata Umbul Ponggok

Wisata Umbul Ponggok, source: instagram.com

Ikan-ikan tawar yang ada memang sengaja dipelihara di kolam ini. Ukurannya pun ada yang yang kecil sampai yang cukup besar. Sobat jangan khawatir karena keberadaan ikan air tawar di ponggok tidak akan menganggu karena sangat jinak. Meski ribuan ikan memenuhi Umbul Ponggok tapi airnya tidak amis sama sekali karena airnya terus-menerus mengalir.

Keberadaaan kolam dengan air yang bening ini berada di Kaki Gn. Merapi ini nyatanya memang mengundang banyak pengunjung terpesona.

Wisata Umbul Ponggok

Wisata Umbul Ponggok, source: instagram.com


Selain digunakan sebagai tempat bersnorkling, Umbul Ponggok juga sering dipilih sebagai tempat berlatih diving untuk para penyelam pemula sebelum terjun langsung untuk penyelaman di laut. Tersedia juga kolam berukuran pendek yang disediakan untuk anak-anak sebagai tempat bermain air atau berenang.

Wisata Umbul Ponggok

Wisata Umbul Ponggok, source: instagram.com


Nah kalau yang satu ini yang lagi menjadi hits, yaitu view fotografi di dalam air umbul ponggok miliki yang menjadi andalan untuk berfoto.

Ya! Hal ini harus sobat lakukan untuk mengabadikan kecantikan view under water Umbul Ponggok. Tidak afdol kalau mengunjungi destinasi wisata yang satu ini tanpa berfoto. Pengunjung yang tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir, karena sobat tetap bisa melakukan sesi pemotretan dengan menyewa jasa kamera underwater plus sudah termasuk operator kameranya juga loh!

Bagi anda yang gemar nge-Dive Umbul Ponggok juga sudah menyediakan Diving Packet, Power Dive packet (walker) berupa sewaan alat diving dan sewa property untuk berfoto juga ada. Para pengunjung yang berminat cukup menghubungi langsung pengelola di dalam lokasi Umbul Ponggok.

Wisata Umbul Ponggok

Wisata Umbul Ponggok, source: instagram.com




  • Alamat : Jl. Polanharjo, Ponggok, Klaten, kurang lebih 25 km dari kota Solo.
  • Pengelola : BUMDesa Tirta Mandiri
  • Akses jalan menuju Umbul Ponggok : Dari Jalan raya Solo-Yogya, perhatikan SPBU Pakis kemudian ambil arah kanan. Terus Ikuti jalannya sampai melewati jalan agak berkelok menuju pertigaan ambil arah kiri. (Gunakan GPS sebagai pemandu)


  • Daftar Tiket dan Tarif sewa peralatan di Kolam Umbul Ponggok Klaten


  • Harga Tiket Masuk : Rp.15.000 per orang
  • Parkir Mobil Rp. 4.000
  • Parkir Motor Rp. 2.000
  • Sewa Pelampung Rp. 7.000
  • Sewa Snorkel Rp 12.000
  • Sewa Kaki Katak/Fin Rp 7.000
  • Sewa Ban Rp 5.000
  • Ruang Bilas Rp 1.000

  • Sewa Kamera Underwater Rp. 60.000/30 menit dan Rp. 100.000/60 menit
  • Paket Foto grup Underwater untuk 7 orang Rp. 100.000/60 menit.
  • Foto prewedding di Umbul Ponggok
Umbul Ponggok juga sudah ada penawaran paket foto bagi sobat yang akan melakukan photo prewedding, mulai dari Rp 1.699.000 s/d Rp 2.290.000.


Kok bisa ya berfoto Sama macem-macem kendaraan dalam kolam Umbul Ponggok?

Ternyata cukup banyak juga traveler yang terkadang bertanya tentang “gimana caranya nurunin sepeda motor ke dalam kolam Umbul Ponggok?”

Wisata Umbul Ponggok

Wisata Umbul Ponggok, source: instagram.com


Yup, belakangan ini karena sudah sering wira wiri foto-foto antimainstream media sosial yang berlokasi di umbul ponggok dengan menggunakan media sepeda motor asli yang di tenggelamkan dalam kolam sebagai property photo membuat Umbul Ponggok Klaten semakin viral.

Umbul ponggok kini telah jadi tempat wisata yang lumayan nge-hits karena foto-foto epiknya yang keren punya.

Mungkin kamu ada yang bertanya “ngapain sih nyemplungin motor ke air? Sayang kan sepeda motornya.” Apalagi yang dimasukin ke kolam motor Ninja 250 cc. Gila kan! Dengan usaha yang bisa dibilang tidaklah mudah, pose ekstrim pada akhirnya bisa diabadikan.

Nah, berdasarkan informasi yang berasal dari salah seorang traveler yang menurunkan motornya dibantu teman-temannya. Sekitar sembilan motor tril tidak tanggung-tanggung dimasukkan sampai dasar kolam Umbul Ponggok Klaten.

Pasti sobat penasaran bukan gimana sih caranya? Dan bagaimana bisa? Ayo kita bedah bersama bagaimana motor sampai bisa direndem di air kaya gitu hehe.


  • Mengosongkan Tangki Bahan Bakar Kemudian Kuras Hingga Bersih
  • Mengosongkan Oli Mesin Kemudian Kuras Hingga Bersih
  • Agar lebih aman Copot Knalpot kemudian Sumpal Lubang yang Menuju Karburator dan Mesin
  • Pelan-Pelan turunkan Motor Hingga Sampai di Dasar Kolam
  • Ketika Sudah Berada di Dasar Kolam, Kasih beban sebagai Pemberat supaya Motornya Tidak Oleng oleh gelombang karena Perenang yang lalu lalang.
  • Setelah Ready Semua propertynya, Tinggal pasang gaya deh terus cekrekk..cekrekk


Memang sih Perjuangan Tidaklah Mudah, Tapi usaha tidak menghianati hasil kok.

Jangan sampai Salah Tempat ya! Cari Posisi yang bagus


Apa kata pengunjung?

Devi Arina “Pertama kalinya kesini, Umbul Ponggok tempatnya recommended dan seru buat dikunjungi. Kita serasa di laut karena bisa berenang sama ikan beneran, airnya dingin banget, dan berasal dari mata air murni, banyak fasilitas yang bisa kita sewa seperti pelampung, alat snorkling, camera under water dll.”

Qori Rachmawati : “wajib berkunjung deh ke Umbul Ponggok Kalo lagi di Klaten, karena disini kamu bisa rasain bersnorkling tapi di air tawar . Airnya yang bersumber dari mata air langsung buat airnya bening banget, dan no bahan kimia alias no kaporit. Disini akan kamu rasain sensasi berenang sama ikan-ikan selain itu banyak spot foto yang instagramable.”

Suluh Perbowo : “Pemandian yang menurut saya memberi pengalaman berbeda. Dasar kolamnya ada batuan koralnya juga. Berenang sama ikan seperti di laut. Fasilitas penyewaannya lengkap muali dari kacamata renang dan baju renang sampai menikmati pengalaman snorkeling dan diving.

Detective Kenceph : “Obyek wisata under water yang mungkin sudah dikenal sampai manca negara, disini kamu termanjakan pesona dan suasana di dasar kolam yang bikin takjub, airnya keluar langsung berasal dari mata air yang jernih dan segar. Ayo rasakan sendiri fasilitas dan suasana yang menarik oleh umbul Ponggok.

Menurut pendapat dari beberapa traveler yang mengunjungi umbul ponggok, hasil foto akan lebih baik apabila sesi foto dilakukan ketika pagi hari. Selain karena belum terlalu tingginya mentari pagi, saat pagi belum banyak pengunjung di Umbul Ponggok sehingga pasir didasar Kolam belum banyak yang naik jadi air akan terlihat lebih bening.

Jika sobat pengen mendapatkan hasil jepretan Underwater terbaik, sebaiknya lakukan foto antara pukul 07.00 – 09.00 WIB di pagi hari atau pukul 14.00 – 16.00 WIB di sore hari.



Yuk Belajar Sedikit Sejarah Umbul Ponggok dari Jaman Dulu Sampai Sekarang

Keberadaan Desa Ponggok lebih dari 100 tahun yang lalu sudah mulai dikenal. Pada masa lampau yaitu sekitar tahun 1920-an Desa Ponggok merupakan suatu kawasan industri dengan adanya bukti “Suikerfabriek Ponggok” yaitu Pabrik Gula Ponggok.

Letak dari Pabrik Gula Ponggok berada di timur Umbul Ponggok sekarang atau di seberang jalan raya. Beberapa pabrik gula yang juga lokasinya berdekatan dengan Ponggok diantaranya Suikerfabriek Karanganom, Suikerfabriek Delanggoe dan Suikerfabriek TjokroToeloeng.

Wisata Umbul Ponggok

Wisata Umbul Ponggok, source : media-kitlv.nl


Semasa itu secara administratif wilayah Ponggok masuk dalam wilayah kawedanan Ponggok. Keluarga-keluarga Belanda pada saat itu sudah banyak yang menetap di wilayah Ponggok, hal ini di karenakan Pabrik Gula Ponggok sebagian besar karyawannya merupakan warga Belanda dan menduduki jabatan seperti juru buku, manajer,administratur, dll.

Para keluarga belanda itu tinggal di “Loji-loji” yang lokasinya dulu berada di sebelah utara Umbul Ponggok. Karena kondisi sosial,ekonomi dan politik dunia sedang dilanda krisis dan masa perjuangan Indonesia maka sekitar tahun 1930-an Pabrik Gula Ponggok mengalami kemunduran dan pada akhirnya pabrik gula ditutup kegiatan operasionalnya.

Wisata Umbul Ponggok

Wisata Umbul Ponggok, source : media-kitlv.nl


Kejayaan Pabrik Gula Ponggok semasa dulu dapat dilihat peninggalannya, diantaranya Umbul Ponggok yang sekarang masih eksis.

Umbul Ponggok dahulu merupakan mata air yang dijadikan sebagai water reservoir yang memiliki fungsi untuk menampung air guna mencukupi kebutuhan operasional Pabrik Gula Karanganom dan Pabrik Gula Ponggok, selain itu jug difungsikan sebagai media pengairan untuk daerah perkebunan tebu seperti di wilayah Ceper, Karanganom dan Polanharjo. Setelah berhentinya kegiatan operasional keberadaan water reservoir Ponggok sampai sekarang masih digunakan untuk media pengairan perkebunan dan sawah.

Masyarakat di sekitar lokasi reservoir ponggok lebih familiar menyebut tempat ini sebagai Umbul Ponggok atau dalam bahasa indonesia berarti “mata air Ponggok” dikarenakan airnya bersumber dari mata air alam yang mempunyai kualitas yang baik sehingga juga digunakan warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan air minumnya.

Lambat laun dengan adanya perkembangan jaman, Umbul Ponggok mulai dilirik dari segi potensi wisata. Masyarakat Sekitar dengan dukungan Pemerintah Desa Ponggok dengan kreasi dan inovasinya kemudian “menyulap” Umbul Ponggok menjadi destinasi wisata yang memiliki keunikan tersendiri dengan menitik beratkan diving, snorkling dan foto underwater sebagai temanya.

Untuk menambah minat dan sekaligus menarik para wisata maka umbul ponggok juga dikenal dengan sebutan “Bunaken van Klaten“. Sensasi menyelam di dalam air dan menikmati pesona underwater tetapi dalam kesegaran air tawar menjadikan Umbul Ponggok jadi wahana air yang menjadi andalan di Desa Wisata Ponggok.

Berikut telah kita ulas bersama Wisata Umbul Ponggok, semoga bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Wisata Umbul Ponggok - wisata hits under water anti mainstream"

Post a Comment