Taman Buah Mekarsari - taman buah terbesar di indonesia | jadditahu.com

Taman Buah Mekarsari - taman buah terbesar di indonesia

Baca Juga

jadditahu.com - Taman Buah Mekarsari bisa dibilang merupakan salah satu dari pusat dari keanekaragaman hayati buah-buahan unggul dari seluruh Indonesia dan buah-buahan tropika besar
diduniadilestarikan dan dikumpulkan. Taman Buah Mekarsari juga sekaligus sebagai tempat breeding / pemuliaan, agronomi/ penelitian budidaya serta tempat bibit unggul diperbanyak untuk selanjutnya disebarkan untuk masyarakat dan petani.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Jam buka Taman Buah Mekarsari


  • Senin s/d Jumat buka jam 10.00  s/d16.30
  • Sabtu, Minggu dan hari libur buka jam 09.00 s/d 16.30


Harga Tiket Masuk dan Karcis Parkir Taman Wisata Mekarsari


  • Dewasa dan anak-anak : 25.000 per orang (weekdays maupun weekend)


Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Menggunakan sistem Top Up yaitu seperti hanya mengisi saldo agar bisamenikmati berbagai  wahana yang ada didalam. Sobat tidak lagi perlu antrehanya untuk beli tiket bila pengen naik suatu wahana.

Jadi Rp. 25 ribu tiket masuk tadi berisi karcis masuk kawasan Rp. 15 ribu dan Rp. 10 ribu buat gelang RFID, Nah gelang RFID inilah yang digunakanuntuk mengisi saldo. Kamu bisa bawa pulang gelang RFID jika sudah selesai main dengan sisa saldo yang masih ada untuk diisi lagi ataupun kembali menukarkannya.

Tarif retribusi


  • Motor : Rp. 5 Ribu
  • Mobil : Rp. 15 Ribu
  • Bus : Rp. 35 Ribu
  • Wahana di Taman Wisata Mekarsari :  Rp. 10 Ribu – Rp. 55 Ribu.




Transportasi ke Taman Buah Mekarsari

Lokasi dari Taman Buah Mekarsari berada di Kec Cileungsi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Untuk dapat sampai ke lokasi ini bisa sobat tempuhdengan menggunakan angkutan umum jurusan yang menuju ke Jonggol dari Bekasi, Bogor maupun Jakarta.

Cek petanya di sini



Dengan angkutan umum :

Dari Universitas Kristen Indonesia  (UKI) ambil jurusan bus Cileungsi, diteruskan dengan angkot jurusan Cileungsi - Jonggol. Sobat bisa berhenti tepat di depan lokasi.

Bila kamu dari arah Kota Bekasi, menaiki bus jurusan Bekasi-Jonggol, maka sobat bisa langsung turun di depan lokasi Taman Wisata Mekarsari.

Kemudian apabila dari Kampung Rambutan, sobat bisa naik angkutan kota jurusan Bogor – Jonggol dan turunnya bisa di depan lokasi Taman Wisata Mekarsari.

Dengan kendaraan pribadi :

Jika kamu ingin memakai kendaraanpribadi, sobat bisa ikut jalan tol Jagorawi kemudian exit di pintu Tol Cibubur lalu ambil jalur Cileungsi. Setelah keluar dari tol, kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 20 sampai30 menit sobat akan sampai di Taman Wisata Mekarsari.

Tentang Taman Wisata Mekarsari

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Pada tahun 1990 Ibu Tien Suharto yang pada saat itu merupakan istri presiden Soeharto mendirikan taman wisata yang indah dan diberi nama Taman wisata Mekarsari, diresmikan dandibuka untuk masyarakat umum pada tahun 1995. Di lokasi taman wisata ini, sobat bisa menyaksikan hamparankebun buah yang terdapat beraneka ragam tanaman buah di dalamnya.

Tidak hanya bisa melihat-lihat, sobatjuga diperbolehkan langsung untukmemetik buah-buahan langsung dari pohonnya kemudian bisa dimakan di tempat. Selain itu, kamu bisa juga lihatbagian areal pembibitan serta juga areal penyemaian, areal rumah plastik, wahana outbound, kebun sayur, kolam pemancingan, Tabulampot (tanaman buah dalam pot) serta beragam fasilitaspenunjang lainnya.

Untuk bisa mengikuti panduan dari tour guide dari melihat pemandangan dalam areal taman buah kemudian memetiknya, sobat cukup ikut Greenland Tour. Greenland Tour adalahsebuah tour untuk para wisatawan untuk berkeliling Taman Buah Mekar Sari sekaligus bisa petik buah di lokasi langsung dari pohonnya.

Taman Wisata Mekarsari mempunyai 100.000 pohon dan varietasnya sebanyak 1.470 tanaman buah termasuk didalamnya ada tanaman biofarmaka, tanaman rempah, tanaman hias, tanaman pangan, tanaman industri, tanaman sayur dan tanaman pelindung.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Taman Wisata Mekarsari juga memilikilaboratorium penyilangan untukvarietas tumbuhan dimana sudah bisa menghasilkan varietas baru sepertijambu air irung petruk, Barbados cherry, nenas arnis, jambu air cengkih, jambu air toon klow, juga persilangan buah nangka dan cempedak bernama pedakka.

Para pengunjung tidak hanya bisa merasakan segarnya beragam buah khas nusantara, tetapi juga bisa merasakan buah-buahan langka yang sulit kamu temukan di luar TamanMekarsari. Paket tour diatas bisa para pengunjung nikmati cupup dengan merogoh kocek 55 rb untuk tiaporangnya. Didalam paket itu includekamu juga icipi beragam olahan buah langka secara langsung, sobat juga dapat 1 tiket untuk naik kereta wisata, jus buah segar, satu keranjang kecilbuah salak, oleh-oleh bibit tanaman. Cukup menarik kan Guys!
Alamat taman buah mekarsari

Ada satu areal yang jadi tempat favorit oleh sebagian besar wisatawan yang berkunjung, yaitu di rumah plastik. Di rumah plastik kamu bisa lihat beragamvarian tanaman melon, yang diantaranya seperti golden langkawi, golden light, renong, jade flower serta glamour. Berbagai varian melon diatas berasal dari dalam maupun luar negeridari bibit unggul yang memiliki kualitasbaik.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Di tanggal 5 Agustus 2013 karena keperluan renovasi Taman Buah Mekarsari ditutup sementara, kemudian baru dibuka setelah selesai direnovasi dengan menambahan outbound dan wisata air tanggal 15 Februari 2014.



Wahana wisata Mekarsari

Dengan luas 264 hektare Taman ini telah dilengkapi dengan berbagaisarana keperluan wisata yang ditujukan untuk wisatawan dalam ataupun mancanegara. Wisata yang ada di tengah taman buah ini sudah adabermacam wahana yang membuat pengunjung merasa lebih dekat denganalam sekitar, di antaranya adalah:

Family Garden

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Di area Edukasi wisata  Nursery /pembibitan Mekarsari, para wisatawan bisa belajar bagaimana cara menanamdengan metode Tanaman Buah Dalam Pot atau disingkat Tabulampot kemudian dua pot Tabulampot bisa kamu bawa serta pulang untuk ditanam dirumah, mengunjungi rumah serangga, dan tempat penukarancenderamata souvenir.


Rekreasi Danau (25 ha)

Keindahan Danau Mekarsari dapat kamu nikmati sembari mencobaserunya bermacam atraksi air yang tersebar disejumlah Water Zone area.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Hembusan angin segar bisa sobatrasakan ketika menyusuri danau dengan menggunakan Dragon Boat dan Perahu Kano. Sementara itu ada juga permainan air lain yang dapat dimainkan seperti Water Bike, Banana Boat, Giant Bubble, Mini Aqua Boat dan Floating Donat.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com



Keindahan panorama danau yang alami dapat kamu nikmati bersama keluarga tercinta dengan berkeliling memakai atraksi air Perahu Naga /Dragon Boat.

Sobat juga nikmati keseruan mengayuh sepeda buah ketika diatas permukaan air. Siapkan dirimu untuk sedikit berolahraga sambil mengayuh menikmati serunya menyusuri air yang membentang luas bersama keluarga tercinta dengan wahana Sepeda Air Buah / Fruity Bike.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Sobat juga bisa memilih Sepeda Air / Water Bike untuk merasakan sensasi mengayuh sepeda diatas permukaan air dan mestinya sensasi bersepeda yang berbeda dapat kamu rasakan biladibanding ketika mengayuh sepeda di darat.

Bagi sobat yang suka permainan yang memicu adrenalin, Mekarsari jugamemberikan atraksi baru dengan memberikan atraksi yang menegangkan, diantaranya Flying Fish, Rolling Donut, dan New Banana Boatsembari menikmati cantiknya pemandangan Danau Mekarsari.



Kids Fun Valley

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Kids Fun Valley telah disediakan beragam wahana yang memberikan nuansa riang untuk memanjakan putera–puteri anda dan tentunya dengan tampilan permainan yang bisa membuat anak-anak tertarik.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com



Kids Fun Valley adalah lembah yangkhusus diciptakan buat tempat anak-anak untuk bermain dan menambah keceriaannya. Beberapa permainannya seperti Bom-Bom Car Mono Rail, Aeroplane, Fancy Train dan Mini GoKart bisa jadi pilihan yang bagus untuk menyenangkan anak-anak.

The Pongo Show

The Pongo Show merupakan sebuah show 4 Dimensi berteknologi sangat canggih. Teknologi yang digunakan adalah "Augmented Reality Show" dan yang pertama di Asia loh.

Sosok Pongo adalah orang utan, di mana pada saat pertunjukanberlangsung penonton bisa melihat sosok pongo yang seakan nyata dan mengajak para penonton untukberinteraksi secara langsung. Pertunjukkan ini juga melibatkan tenaga ahli dari luar guys untuk membuat sosok pongo terlihat nyata.



Water Kingdom

Luasnya yang mencapai 5,2 hektar membuat water kingdom jadi salah satu tempat yang dicari para pengunjung di Mekarsari. Water Kingdom membuat para wisatawanpuas bermain air karena langsung terhubung dengan danau. Karena sangat luas, 15 ribu pengunjung bisa ditampung di areana Water Kingdom Mekarsari ini.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Ada beberapa wahana yang musti kamu coba saat masuk di Water Kingdom Mekarsari diantaranya adalah Lazy River yaitu berupa kolam arus yang panjangnya 600 meter dan ada juga papan seluncur dengan panjang 118 meter yang bernama Boomerang slide. Tiket masuknya Rp 50 ribu untuk bisa masuk Water Kingdom Mekarsari.

adalah beberapa fasilitas lain yang ada di Taman Buah Mekarsari.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Beberapa fasilitas wahana lain di Taman Buah Mekarsari adalah Garden Center, Baby Zoo, Greenhouse Melon, Rusa Tutul, Menara Pandang, Sabut Kelapa Outbound, Puri Tirto Sari ( Berupa Bangunan yang ada Air Terjunnya.



Ada juga berbagai kegiatan yang bisa jadi pilihan para pengunjung, diantaranya:

Piknik Keluarga

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com



  • Company Gathering
  • Senam Pagi
  • Wisata Kebun Sayur / Buah
  • Barbeque
  • Berkuda (Bisa dilakukan jam 10 pagikeatas)
  • Fruitwalk (jalan-jalan di kebun buah)
  • Memandikan sapi


Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Bagi sobat yang berencana untuk menginap, Taman Buah Mekarsari juga telah tersedia akomodasi loh!

2 macam tipe penginapan yang disediakan yaitu D'cabin dan Rumah Pohon.


D'cabin

Harga Menginap


  • Senin s/d Kamis (Week days) Rp.660 rbinclude breakfast / Termasuk sarapan pagi.
  • Jumat s/d Minggu (Week ends) Rp.880 rb include breakfast / Termasuk sarapan pagi..


D'Cabin adalah container dengan ukuran 4x3 meter yang dimodifikasi menjadi hotel yang dapat mengakomodasi 4 orang. Fasilitas di dalam D'Cabin cukup lengkap, di dalamnya ada seperti televisi, kulkas,kamar mandinya sudah ada water heater / pemanas air serta AC pendingin ruangan.

Untuk setiap 1 kamar D'Cabin ada 1 Bed untuk dewasa ditambah 1 Bed bertingkat buat anak-anak. Setelah bangun pagi dan sholat subuh sobat bisa berlari pagi berkeliling danau Mekarsari di jogging track yang telah tersedia.

Siang harinya pemandu wisata akanmengajak sobat untuk berkeliling dikebun buah. Pemandu wisata akan memberikan informasi mengenai Taman Buah Mekarsari sembari berkeliling.



Rumah Pohon

Harga Menginap

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com



  • Senin s/d Kamis (Week days) Rp.770 rbinclude breakfast / Termasuk sarapan pagi.
  • Jumat s/d Minggu (Week ends) Rp.990 rb include breakfast / Termasuk sarapan pagi..


Sesuai degan namanya, di rumah pohon sobat akan bermalam di atas pohon dan menyatu dengan asrinya alam ditambah udara yang segar. Lupakan sejenak bisingnya suara-suara kendaraan bermotor karena disinisuasananya nyaman karena jauh dari hiruk pikuknya kesibukan kota.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Salah satu tempat menginap di Taman Buah Mekarsari ini bernama Rumah Pohon Leo. Meskipun bernama rumah pohon, tidak bentuknya sepertirumahnya si tarzan Sob! Bangunannyaberupa batang pohon yang memiliki ukuran besar, akses menuju dalam rumah yang bisa sobat gunakan adalah dengan melewari tangga yang telah disediakan untuk aksesnya.

Suasananya benar-benar terasa alamikarena Rumah pohonnya terbuat darimaterial kayu, kemudian di sekelilingnya berdiri pepohonan danhutan yang rindang.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Kamu yang sudah berkeluarga juga bisa bermain bersama putra putrinya di tanah lapang disekitar rumah pohon. Untuk tiap rumahnya dapat mengakomodir sampai maksimal 4 orang. Di dalam roomnya memiliki fasilitas antara lain Air Contitioner (AC), Televisi, dan kamar mandi didalamnya.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari source : instagram.com


Rumah pohon berbeda dari hotel Guys! Rumah Pohon tidak menyediakan layanan kamar / room service sepertihalnya hotel berbintang. So, tidak ada sambungan telepon yang menghubungkan kamu dengan petugas operator. Suasana Rumah Pohon dibuatsangat mirip dengan suasana hutan, tenang dan nyaman.

Selain 2 pilihan diatas ada juga 2 tambahan paket lainya, yaitu :


  • Family Biking Camp (weekdays & weekend) : Rp. 1.250.000.
  • Family Camp (weekdays & weekend) : Rp 800 Ribu.
Berikut telah kita ulas bersama Taman Buah Mekarsari


0 Response to "Taman Buah Mekarsari - taman buah terbesar di indonesia"

Post a Comment