Grojogan Sewu Tawangmangu Air Terjun cantik di karanganyar | jadditahu.com

Grojogan Sewu Tawangmangu Air Terjun cantik di karanganyar

Baca Juga

Grojogan Sewu Tawangmangu Air Terjun cantik di karanganyar. Bagi siapa saja yang sedang berkunjung di Grojogan Sewu Tawangmangu, Indahnya pesona dari sebuah Air terjun atau Waterfall untuk tempat
tujuan wisata memang sangat sayang untuk dilewatkan keindahannya. Jatuhan air membuat suara yang membuat hati terasa damai plus ditemani cuaca yang punya hawa yang sejuk serta alam sekitar yang menampakkan keindahannya akan membuat penatmu lepas.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu - source : instagram.com

Beruntunglah untuk kita yang terlahir di Nusantara, karena di negara yang kaya ini banyak terdapat destinasi wisata alam, termasuk di dalamnya termasuk air terjun yang banyak jumlahnya dan masing-masing mempunyai warisan pemandangan eksotis serta tidaklah kalah cantik tentunya apabila dibandingkan dengan air terjun yang berada di mancanegara.

Boleh jadi di luar sana masih banyak sekali terdapat waterfall atau air terjun yang belum banyak terekspose keindahannya oleh para travelers lokal sendiri karena letaknya yang masih tersembunyi guys!

Beberapa air terjun yang di antaranya mungkin banyak dikenal dan tidak asing lagi oleh para travelers, seperti halnya air terjun Benang kelambu yang letaknya berada di kaki rinjani, kemudian ada juga air terjun Sibolangit yang dikenal karena gradasi warnanya, serta tidak ketinggalan air terjun yang letaknya tidak jauh dari danau toba yaitu sipiso-piso.

Kali ini yang akan kita ulas adalah indahnya alam yang ada di pulau jawa, khususnya di kabupaten karanganyar, jawa tengah.

Ada beberapa objek wisata di kabupaten karanganyar sepertihalnya air terjun pringgodani, Gunung lawu, Camping Ground Sekipan, air terjun jumog, curug parang ijo, telaga sarangan dan yang akan kita bahas tentunya kali ini yaitu Wisata Alam Air Terjun Grojogan sewu sebagai icon utama wisatanya.

Di daerah jawa timur, jawa barat dan jawa tengah sendiri ada hal yang unik dalam memberi nama air terjun, dan ternyata punya sebutan nama yang berbeda pada setiap daerah dan lokasinya.


Beda sebutan di setiap lokasi

Di jawa barat, air terjun disebut dengan sebutan curug. Jika di jawa tengah dan provinsi daerah istimewa yogyakarta air terjun biasanya disebut dengan grojogan, seperti bila kita coba telusuri dari berbagai info yang bersumber google, ternyata ada beberapa lokasi air terjun yang dinamai  dengan sebutan Grojogan pada nama depannya. Sebagai contoh di kulon progo kemudian juga di tulungagung.

Di jawa timur air terjun dipanggil dengan sebutan coban, sebagai contohnya di ampelgading, kota malang ada coban tumpak sewu.


Keindahan Grojogan Sewu

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu - source : instagram.com

Di postingan kali ini, bersama akan kita bahas secara rinci tentang Grojogan sewu yang berlokasi di tawangmangu.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, kata grojogan sewu mempunyai arti yaitu air terjun seribu, tapi walaupun namanya begitu bukan berarti air terjun grojogansewu  banyaknya air terjunnya berjumlah seribu tapi cuma satu. Karena tinggi  dan derasnya intensitas air yang jatuh memencar kesegala arah dan terlihat banyak mungkin jadi dasar menamakan destinasi wisata yang satu ini.

Cek lokasinya di sini



Lokasi : Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar,
Prov. Jawa Tengah. Kode Pos: 57792
Harga tiket : Rp. 17.000/Orang
Jam Operasional : 07.00 s/d 17.00
Telepon : (0271) 697051
Fasilitas : Tempat Makan
Parking Area
Penginapan
Mushola
Children playground
Swiming pool
Flying Fox
Mini Rafting
Pusat Informasi
Guide
WC


Jarak dari kota terdekat : jika sobat dari pusat kota karanganyar membutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan jarak 21 km.
(jika tidak macet)
Dari pusat kota surakarta, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 20 menit dengan jarak 42 km.

Sementara informasi yang berasal dari sumber yang lain mengatakan bahwa nama grojogan sewu konon merujuk pada satuan untuk pengukuran pada zaman dulu yang mana memakai satuan pecak yaitu 1 tapak kaki orang dewasa, dimana ketinggiannya apabila jika diukur mungkin sekitar 1000 pecak dan  menjadi dasar penamaannya.

Grojogan sewu yang memiliki tinggi sekitar 80 meteran ini, mempunyai debit air yang amat deras dan bersumber dari kaki gn lawu. Selain derasnya aliran debit air, pemandangan pepohonan dan vegetasi di disekelilingnya membuat pesona air terjun ini akan muncul untuk siapa saja yang datang kesini.

Selain hal diatas untuk Mengunjungi Grojogan Sewu sobat harus melalui setidaknya 1250 anak tangga.

Tapi walaupun harus melewati banyaknya anak tangga, tampaknya sama sekali tidak menyurutkan minat bagi para travelers untuk tetap memburu panorama indah dan berkunjung di destinasi cantik berikut ini.

Jika dilihat dari banyaknya volume wisatawan yang ada setiap harinya untuk berkunjung maka terbukti grojogan sewu memiliki pesona yang menarik dan eyecathing. Pada saat akhir pekan tempat ini akan lebih dipadati para travelers.

Terlepas dari bermacam-macam kisah diatas, tentunya panorama dan pemandangan yang tersaji sekitar lokasinya tentu sangatlah sayang untuk sobat lewatkan yang khususnya bagi kamu hobby berwisata open scape.

Setelah sampai di lokasi, trevelers akan melihat papan petunjuk jalan yang bertulis  "Wisata Grojogan sewu" yang ada tidak jauh dari parking area.

Jika dilihat dari rapinya jalanan yang menuju air terjun Grojogan sewu boleh dibilang objek wisata berikut ini sangat baik pengelolaannya oleh KSDA. Akses jalan sudah di cor dengan tambahan pegangan handle untuk barier supaya lebih aman.

Grojogan sewu juga tempat yang asik untuk berfoto dengan background waterfall yang indah, untuk membuat vlogging atau video blogging yang sedang lagi hits saat ini untuk di share di berbagai social media. Pengambilan foto dari atas dengan kamera drone tentunya membuat panorama jepretan kamu semakin epic.

Penginapan (Akomodasi)

Ada beberapa tempat bermalam baik losmen atau hotel yang berada di sekitar kawasan wisata Grojogan Sewu, sobat tinggal memilih sesuai budget dan kemauanmu.

Rute Menuju Grojogan Sewu Tawangmangu


Untuk menuju ke lokasi ini pun cukup mudah, baik dari arah Sragen, Solo, Semarang dan Sekitarnya Bila sobat dari kota Semarang, ikuti rute menuju kota solo. Dari kota Solo kemudian ke Palur. Setelah itu menuju Karanganyar Kota terus ke arah Terminal Tawangmangu. Setelah sobat sampai di kawasan pariwisata Tawangmangu, sobat akan melewati jalanan yang berkelok kelok dan naik turun untuk menuju ke objek wisata Grojogan Sewu (banyak terdapat  papan petunjuk arah, so jangan kuatir untuk tersesat).


Menggunakan Angkutan Umum

Bila sobat memakai angkutan  umum, dari solo (terminal Tirtonadi) maupun dari Palur, lanjutkan cari bus dengan jurusan Tawangmangu untuk berhenti di terminal Tawangmangu. Lanjutkan perjalananmu dengan ojek atau angkot untuk sampai ke lokasi Grojogan Sewu. Bagi anda yang kemalaman atau memang sengaja ingin bermalam ditempat ini, tak perlu khawatir kesulitan menemukan penginapan.



Hal Yang Harus Sobat Hindari Ketika Berkunjung di Grojogan Sewu

Para wisatawan akan disambut kera penghuni lokasi ini, kera yang berkumpul dibiarkan hidup liar dan memang sengaja lepas seperti dialam liar, jumlahnya juga lumayan banyak dan sudah terbiasa berinteraksi dengan para wisatawan sehingga sering menghampiri pengunjung untuk sekekedar ingin tahu atau minta dikasih makan.
Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu - source : instagram.com

Sebagai saran walaupun memang sejauh ini belum ada laporan tentang serangan rombongan kera disini, tetapi sebaiknya sobat yang berencana berkuncung kesini agar tidak membawa tentengan agar terhindar dari cegatan hewan primata yang satu ini serta tetap waspada, kawanan kera  siap untuk rebutan kantong yang sobat bawaserta.
Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu - source : instagram.com

Ada lagi yang musti sobat hindari ketika berkunjung di grojogan sewu, yaitu jangan coba untuk mandi dan bermain langsung di bagian bawah grojogan.

Menurut informasi petugas pengawas, derasnya aliran air  dari atas bisa berbahaya apabila langsung terkontak dengan para pengunjung. Apalagi apabila pada alirannya ternyata ada kerikil atau bebatuan, meskipun kecil tentunya baiknya sobat hindari agar meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


Mitos dan Cerita legenda Grojogan sewu

Bila dilihat dari cerita sejarah barathayuda yang konon di jaman dulu grojogan sewu merupakan tempat Prabu Baladewa melakukan pertapaan dimana hal itu atas perintah dari Kresna, walaupun tujuan diberikannya perintah itu hanya supaya sang prabu dapat terhindar perang yang saat itu sedang terjadi  karena beranggapan baladewa terlalu sakti sampai tidak ada satupun yang bisa mengalahkannya.

Ada juga sebuah mitos yang mengatakan bahwa konon masih dalam lokasi ini pula, khususnya di area jembatan yang dinamai jembatan pegat atau dalam bahasa jawa dinamai sebagai Kretek Pegat, dimana mitosnya apabila ada pasangan yang sedang dalam hubungan yang kurang harmonis lewat di jembatan ini akan mengalami putus hubungan.

Walaupun jika dilogika tidak masuk akal karena walaupun lewat atau tidaknya di kretek pegat pasangan yg sedang ada masalah tetap saja ada kemungkinan untuk putus hubungan, karena dari awal juga kondisi pasangan tersebut sedang dalam hubungan yang tidak harmonis.


Harga tiket masuk dan fasilitas yang ada di grojogan sewu

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu - source : instagram.com

Disamping pemandangan Air Terjunya yang menawan, berbagai wahana bisa sobat coba disini. Diantaranya ada area children plyground, wahana Mini waterboom lengkap dengan renang, kemudian ada juga Flying fox serta mini rafting.

Fasilitas outbound semakin melengkapi area wisata grojogan sewu, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat family gathering instansi-instansi, perusahaan maupun untuk untuk acara sekolah.

Ada juga fasilitas sebagai penunjang bagi para travelers yang berkunjung, ada mushola, toko souvenir, toko buah-buahan dan makanan, taman binatang hutan, toilet serta tempat beristirahat.

Bagi sobat yang pengen berwisata disini, dari informasi harga tiket yang terupdate mengalami 30% kenaikan dari harga yang sebelumnya, yaitu harganya Rp. 17.000 untuk tiap orangnya.

Walaupun begitu, harga tiket masih reliable bila dibanding dengan nilai lebih dari keindahan view dan juga wahana yang tersaji. Dijamin nggak rugi deh guys!



Jamuan menu masakan unik di Grojogan sewu

Indahnya view yang ada akan kurang rasanya bila tidak ditemani  sajian kuliner yang nikmat. Nah kali ini ada menu unik sekaligus mungkin agak sedikit ekstrim di tawangmangu, apakagi kalau bukan sate kelinci yang rasanya bikin sobat travelers nagih. Berani coba?

Jangan kuatir sob karena menu sate kelinci menyehatkan untuk dikonsumsi, karena daging kelinci rendah kadar lemak dan punya  kandungan gizi yg baik buat kesehatanmu. Daging kelinci bisa digunakan sebagai obat untuk asma, menurunkan kolesterol  bahkan katanya konon bisa mengatasi masalah belum memiliki keturunan.


Tips Ketika Berwisata di Grojogan Sewu Tawangmangu :

Pilihlah hari biasa yaitu hari senin sampai jumat untuk mengunjungi Grojogan Sewu, karena bila sobat kesana ketika weekend biasanya akan ramai oleh para wisatawan.
 
Jadditahu lebih menyarankan untuk memakai kendaraan pribadi, khususnya motor. Medan jalan yang berkelok-kelok, naik turun dan cukup sempit akan memudahkan akses kamu bila sedang berpapasan kendaraan besar lain seperti bus.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu - source : instagram.com

Jagalah kebersihan dan jangan buang sampah di sembarang tempat serta selalu taatilah peraturan demi ketertiban dan keselamatan.
 
Saat masuk wilayah gerbang, jaga dan simpan baik-baik barang bawaanmu, jangan sampai kera-kera di situ mencuri barang tentenganmu.

Bawalah baju ganti untuk berjaga-jaga ketika basah.


Lokasi Wisata Terdekat Dari objek wisata Grojogan Sewu (kurang dari 1 Jam):

Candi Cheto (45 menit)
Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu - source : instagram.com

Merupakan candi yang paling popule di kabupaten Karanganyar, dan merupakan salah satu objek wisata unggulan di Karanganyar.

Candi Sukuh (27 menit)

Memiliki kemiripan arsitektur dengan bangunan di meksiko milik suku maya, Candi Sukuh jadi objek wisata candi yang tidak kalah populer setelah Candi Cheto.

Air Terjun Jumog (29 menit)

Masih ada lagi grojogan atau air terjun yang lain yang mempunyai panorama tak kalah keren dengan Grojogan Sewu, Air terjun ini memiliki nama Air Terjun Jumog

Bukit Sekipan (9 menit)
Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu - source : instagram.com

Bukit Sekipan juga cukup dikenal sebagai salah satu objek wisata untuk keluarga di kabupaten Karanganyar, Bukit Sekipan cukup dikenal karena adanya berbagai fasilitas pendukung yang sudah tersedia bagi sobat travelers.

Taman Balekambang Tawangmangu (3 menit)

Bagi sobat selfie lovers pasti suka mengunjungi Taman Balekambang. Disini sobat bisa berfoto dengan background berbagai miniatur ikon landmark dari berahlgam negara.

So, tinggal nunggu apa lagi sob? Ayo kunjungi keunikan dan keindahan air terjun grojogan sewu tawangmangu. Nikmati dan share momen kunjungan kamu pada teman dan sahabatmu. Enjoy indonesia dan lestarikan wisata lokal.


0 Response to "Grojogan Sewu Tawangmangu Air Terjun cantik di karanganyar"

Post a Comment