36 Tempat Wisata di Probolinggo Rekomendasi dan Lengkap | jadditahu.com

36 Tempat Wisata di Probolinggo Rekomendasi dan Lengkap

Baca Juga



Tempat wisata di probolinggo. Kabupaten Probolinggo ialah suatu Kota yang memiliki tempat-tempat wisata yang menarik.

Kota Probolinggo merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur, dan bila dilihat dari banyaknya jumlah penduduk merupakan kota terbesar nomor 4 di Provisi Jawa Timur.

Kota probolinggo terkenal kota yang bersih dan hijau. Dikenal juga dengan sebutan kota Seribu Taman, kota Anggur dan kota Mangga.

Probolinggo ialah kota yang punya banyak lokasi wisata yang menarik dan indah buat di kunjungi.

Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur


Berikut adalah daftar objek wisata probolinggo terbaru yang bisa sobat travelers kunjungi:



1. Gunung Bromo

Tempat wisata di probolinggo, Tempat rekreasi di probolinggo, Tempat tamasya di probolinggo, Tempat darmawisata di probolinggo, Tempat liburan di probolinggo, Tempat rekreasi di probolinggo.

Tempat Wisata di Probolinggo via instagram.com


Indahnya pesona gunung Bromo memang tiada habisnya untuk di explore.

Gunung berapi yang sampai sekarang masih aktif ini menyuguhkan indahnya bentang alam yang luar biasa. Bromo mempunyai ketinggian mencapai 2.392 Mdpl.

Bromo bersama gunung Semeru juga telah populer dan menjadi favorit di kalangan para pendaki. Wilayahnya masuk kedalam 4 wilayah Kabupaten yakni Kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruhan dan Lumajang.

Sobat travelers akan takjub saat menyaksikkan panorama alamnya.

Lembah dan ngarai yang ada di sekitar gunung nampak elok, terlebih dengan  Hamparan padang pasir yang membentang di area seluar 10 Km persegi dapat sobat jelajahi dan explore.

Sobat travelers dapat menikmati cantiknya Gunung Bromo pada view point yang telah disediakan.

Oh ya, destinasi wisata yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu titik terbaik buat melihat indahnya sunrise.

Gunung bromo memiliki kawah yang lebar, panjang garis tengahnya sekitar 800 meter dari arah selatan ke utara, 600 meter dari arah timur ke barat.

Setiap tahunnya masyarakat suku tengger yang ada di sekitar gunung bromo mengadakan upacara Yadnya Kasada. Masyarakat suku tengger percaya bahwa gunung Bromo itu ialah Gunung Suci.

Untuk bisa sampai ke objek wisata yang buka non stop selama 24 jam ini, kamu dapat memilih beberapa jalur.

Tapi, jalur yang jadi favorit para wisatawan tentu saja jalur yang melewati Probolinggo. Sobat harus pergi ke pertigaan Tongas, lalu lanjut ke Lumbang, kemudian akhirnya sampai di Sukapura. Tinggal ikut saja jalan untuk menuju Ds Cemoro Lawang dan sobat pun telah tiba di pintu masuk kawasan objek wisata Gunung Bromo.

Harga tiket masuk ke Gunung Bromo

Wisatawan nusantara
Hari Biasa : Rp 27.500 
Hari libur : Rp 32.500

Wisatawan asing
Hari biasa : Rp 217.500
Hari libur : Rp 317.500

NB :  Harga diatas sudah termasuk harga tiket plus asuransi.



2. Puncak B-29 Gunung Bromo

Tempat wisata di probolinggo, Tempat rekreasi di probolinggo, Tempat tamasya di probolinggo, Tempat darmawisata di probolinggo, Tempat liburan di probolinggo, Tempat rekreasi di probolinggo.

Tempat Wisata di Probolinggo via instagram.com


Puncak B29 ialah salah satu view point buat menyaksikan keindahan Gunung Bromo. Destinasi wisata ini ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, lebih tepatnya berada di perbatasan Ngadirejo, Sukapura, Probolinggo dengan Argosari, Senduro, Lumajang.

Dinamakan puncak B-29 karena memiliki ketinggian 2900 Mdpl di puncaknya.

Jam berkunjung tempat ini ialah 24 jam tiap harinya. Waktu paling ramai ketika pagi dan sore hari, karena para wisatawan akan berduyun-duyun untuk melihat sunrise dan sunset.

Pesona view alam yang menarik  akan tersuguh dari atas Puncak B-29, dan menjadi lokasi populer dan favorit oleh kalangan para pendaki dan pecinta alam.

Dikenal dengan sunrisenya yang indah dan biasa di sebut dengan Negeri diatas awan. Nah, semua itu bisa sobat nikmati, cukup dengan hanya membayar Rp 5.000 saja.



3. Pesona Alam Bukit Teletubies dan Padang Savana di Gunung Bromo

Tempat wisata di probolinggo, Tempat rekreasi di probolinggo, Tempat tamasya di probolinggo, Tempat darmawisata di probolinggo, Tempat liburan di probolinggo, Tempat rekreasi di probolinggo.

Tempat Wisata di Probolinggo via instagram.com


Lokasi wisata di probolinggo berikutnya ialah bukit teletubis dan padang savana yang ada di gunung bromo. Tepatnya ada di sebelah selatan dari gunung Bromo.

Luasnya hamaparan padang rumput yang tumbuh di kontur perbukitan hingga terlihat seperti bukit yang ada di serial TV anak teletubies terlihat begitu indah.

Lembah yang ada di sini juga di kenal dengan nama Lembah Jemplang. Panorama alam yang indah dipadu sejuknya udara khas daerah pegunungan pastinya akan membuat sobat travelers merasa betah buat berlama-lama saat berada di padang savana ini.

Sobat travelers bisa jalan kaki maupun menyewa mobil jeep supaya dapat sampai di sini. Mintalah drivernya untuk mengantarkanmu menuju Bukit Kingkong atau Puncak Penanjakan sehingga kamu dapat menikmati indah dan sejuknya tempat wisata ini. Jangan lupa ya guys buat memotret tiap sudut padang yang epic.

Harga tiket masuk

Sobat cuma harus membayar retribusi tiket masuk kawasan Gunung Bromo saja dan untuk bisa sewa jasa jeep untuk berkeliling, bisa disewa dengan biaya antara Rp 500.000 s/d Rp 700.000.



4. Pesona Gunung Argopuro

daerah Wisata di Probolinggo via instagram.com


Gunung Argopuro ialah Gunung berapi yang tidak aktif lagi tetapi tentunya meskipun tidak lagi terjadi aktivitas vulkanik, Gunung Argopuro masih tetap menawarkan indahnya pesona alamnya.

Gunung Argopuro memiliki ketinggian 3.088 Mdpl dan masuk ke dalam koplek pegunungan yang ada wilayah Probolinggo.

Puncak tertinggi dari gunung ini bernama puncak Rengganis, nah di lokasi ini juga ada situs bersejarah bekas peninggalan sebuah kerajaan.

Situs ini adalah sisa peninggalan pada jaman purbakala berupa teras berundak-undak berjumlah 3 komplek area. Selain itu tempat ini amat cocok sekali bila di jadikan untuk sarana wisata edukasi di wilayah probolinggo.

Nah, untuk mencapai Gunung Argopuro, Anda bisa memakai bus dari terminal Probolinggo sampai ke Bremi. Jika mau, Anda juga bisa memakai kendaraan pribadi. Dari Bremi, Anda harus mendaki melewati hutan dan danau sekitar 14 jam 30 menit sebelum sampai di puncak Gunung Argopuro.

Gunung Argopuro buka setiap hari. Bila kamu berniat untuk melakukan pendakian, sobat harus membayar Rp 20.000 per hari.



5. Uniknya Pantai Bentar

daerah Wisata di Probolinggo via instagram.com


Destinasi wisata bertema pantai di probolinggo yang satu ini jadi tujuan wisata yang cukup populer dan favorit bagi masyarakat Probolinggo.

Di sini sobat travelers bisa melihat Hiu tutul yang biasanya akan muncul pada bulan Januari hingga Bulan Maret.

Sobat bisa melihat hiu ini dari pantai atau jika ingin lebih jelas kamu dapat menggunakan teropong. Hiu-hiu terlihat karena kawanan ini melakukan migrasi dari Laut Australia ke perairan Indonesia menyesuaikan Kalender Cuaca.

Destinasi wisata pantai yang mempesona di Curahsawo, Gending. Buat liburan kamu berkesan disini dengan menikmati cantiknya pemandangan pantai sambil duduk di atas lembutnya hamparan pasir pantai dengan dimanjakan sepoi-sepoi angin laut,  pasti lebih menyenangkan.

Untuk kamu yang punya hobi fotografi, Pantai Bentar punya spot foto unik berupa sebuah dermaga serta jembatan kayu dengan panjang 50 meter yang menjorok ke arah laut.

Tempat Liburan di Probolinggo via instagram.com

Pantai Bentar buka setiap hari dan harga tiket masuknya cukup hanya Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Umtuk menuju Pantai Bentar Aksesnya cukup gamlang. Kamu tinggal lewati jalur Probolinggo-Situbondo atau Surabaya-Banyuwangi dan kamu akan menemukan tempat wisata Pantai Bentar Probolinggo ini.



6. Hutan Mangrove Probolinggo

daerah Wisata di Probolinggo via instagram.com


Kabupaten Probolinggo juga ada hutan Mangrovenya juga Lho. Rimbunya pohon mangrove berhadapan langsung dengan laut lepas.

Destinasi berikut ini akan menarik buat kamu kunjungi, karena tempat ini sangat indah dan eksotis.


Terdapat banyak wisatawan yang berasal dari luar Daerah, menyempatkan berkunjung ke lokasi wisata ini. Tidak hanya berwisata, mereka terkadang juga melakukan kegiatan penelitian dan observasi terhadap lingkungan alam sekitar sini.

wisata mangrove juga merupakan destinasi andalan kota probolinggo.



7. Pulau Gili Ketapang di Probolinggo

Tempat Liburan di Probolinggo via instagram.com

Gili Ketapang ialah sebuah tempat wisata masih lokasinya masih berada di probolinggo, berupa Pulau yang lokasinya ada di selat Madura. Jarak dari pantai Probolinggo kurang lebih sejauh 8 Km. Penduduk pulau ini ialah Suku Madura.

Pulau dengan luas 68 Hektar ini menawarkan keindahan alam yang ciamik. Sobat bisa kunjungi tempat ini dengan cara menyebrang via Pelabuhan Tanjung Tembaga.

Pantai yang indah dengan view pesona panorama alam dan deretan terumbu karang yang cantik. Sobat travelers bisa juga melakukan aktivitas olahraga air seperti berenang dan snorkling di tempat berikut ini.

Gili Ketapang dulunya ialah daratan yang menjadi satu dengan Pulau Jawa, akan tetapi karena Gunung Semeru meletus dan menyebabkan efek susulan berupa gempa dahsyat hingga menyebabkan pulau ini terpisah dari Pulau Jawa.

Sobat travelers tidak perlu membayar untuk masuk di objek wisata ini. Tapi, untuk memudahkan perjalananmu kamu bisa ambil paket wisata dengan membayar Rp 85.000.

Paket wisata diatas meliputi jasa antar dan jemput menggunakan perahu dan juga include makan siang.

Oh iya, jasa transportasi diatas beroperasi dari pukul 08.00 s/d 16.00. Bila tertarik, kamu boleh mendirikan kemah di Pulau Gili Ketapang.



8. Pemandian Air Panas Desa Tiris di Probolinggo

Tempat Berpiknik di Probolinggo via google.com

Pemandian Air panas ini berlokasi tepatnya di Desa Tiris dan terletak di Komlek Danau Ranu Segaran, jaraknya kurang lebih 200 meter.

Pemandian ini terasa masih bernuansa alami dan letaknya ada di pinggir sungai.

Hijaunya pemandangan alam serta kondisi airnya yang jernih akan membuat sobat travelers menjadi tenang dan nyaman ketika kamu sedang berendang di air panas ini.

Untuk dapat sampai ke tempat ini, sobat travelers dapat memakai kendaraan pribadi untuk menuju Segaran ataupun lewat Ranu Agung.

Biaya tiket masuk ke air panas ini adalah Rp 5.000 dan tiap hari buka.

Wisata Pemandian Air panas tiris probolinggo dapat kamu masukkan dalam booklet agenda wisata alternatif untuk tempat liburan bersama keluarga.



9. Pesona Air terjun Madakaripura

Tempat Liburan di Probolinggo via instagram.com

Wisata ini ialah air terjun yang paling cantik yang ada di Probolinggo. Berlokasi di Kecamatan Lumbang dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Semeru Bromo Tengger.

Air terjunnya memikiki ketinggiannya mencapai 200 meter, hal ini membuat Madakaripura menjadi air terjun yang tertinggi yang ada di Pulau Jawa.

Indahnya view alamnya yang eksotis dengan air terjunnya yang berbentuk Ceruk ditambah pemandangan kokohnya tebing di sekitarnya dijamin tidak akan membuat sobat travelers kecewa akan pemandangan alam yang tersaji.

Sobat travelers dapat sampai kesini dengan menggunakan kendaraan umum dari Probolinggo dan menuju ke arah Tongas.

Sobat cukup membayar Rp 5.000 saja, untuk dapat menikmati semua ini. Air terjun Madakaripura setiap hari buka, mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 7 malam.



10. Wisata air terjun Umbulan

Tempat Liburan di Probolinggo via instagram.com

Di daerah Sukapura, tidak jauh dari Air Terjun Madakaripura terdapat Air Terjun Umbulan. Kecantikannya termasuk masih perawan dan begitu indah. Wisatawan masih terbilang jarang yang melihat air terjun yang cantik ini.

Jika kamu dari terminal Probolinggo, sobat harus ikuti jalur yang menuju kawasan wisata Gunung Bromo. berjarak 500 meter setelah Pasar Sukapura, sobat akan temukan gedung kantor Telkom. Di sampingnya terdapat jalan setapak yang akan mengantarmu menuju Air Terjun Umbulan.

Siapkan dirimu, karena jalan menuju lokasi wisata ini lumayan berat. Kamu diharus melakukan tracking dengan medan yang menanjak, lewat dua buah jembatan. Kemudian sobat masih harus menuruni tangga besi sepanjang 35 meter. Tapi semua jeripayah diayas bakal terbayar lunas setelah menyaksikkan pemandangan dari Air Terjun Umbulan.

Air Terjun Umbulan buka tiap hari mulai dari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 5 sore, sobat cukup membayar harga biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000 pada hari biasa dan Rp 5.000 pada hari Minggu atau hari libur.



11. Air Terjun Watu Lawang di Probolinggo

Tempat Liburan di Probolinggo via instagram.com

Masih ada banyak lagi air terjun yang ada di Probolinggo yang indah. Satu lagi air terjun yang akan kita bahas ialah air terjun watu lawang. Nama watu lawang diberikan karena di samping air terjun ini terdapat tebing yang berbentuk menyerupai pintu atau dalam bahasa jawa disebut lawang.

Lokasinya berada di Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Air Terjun Watu Lawang bisa diakses setiap hari. Untuk bisa masuk kesini gratis kok. Sobat cuma perlu membayar tiket parkir saja.



12. Pesona Air terjun Triban

Tempat Rekreasi di Probolinggo via instagram.com

Air terjun Triban adalah air terjun yang masih alami yang masih perawan, belum banyak wisatawan yang menjamahnya.

Triban berlokasi di dekat air terjun Watu Lawang dan ada di daerah yang sama yaitu di Desa Ngepung.



13. Air Terjun Kedung Amis di Probolinggo

Tempat Rekreasi di Probolinggo via instagram.com


Untuk membuang jauh rasa bosanan saat liburan, satu lagi nih surga yang seakan tersembunyi berupa air terjun. Namanya Air Terjun Kedung Amis.

Air terjun berikut ini tak kalah bagusnya dengan air terjun lain yang telah dibahas di atas. Warga setempat menyebut dengan nama air terjun Kedung Amis.

Aliran air terjun Kedung Amis nantinya akan terbagi jadi dua, yaitu Air Terjun Sumber Pakis II dan Air Terjun Watu Lawang.

Lokasi Kedung Amis dekat dengan Air terjun Watu Lawang, yakni berada sebelum melewati air terjun Watu Lawang.

Untuk masuk kesini tidak dipungut biayanya, atau gratis. Cukup bayar biaya parkir saja. Buka setiap hari.

Oh iya, akan lebih baik bila kamu berkunjung ke sini ketika pagi, supaya tidak kesorean saat kembali.



14. Air terjun Sumber Pakis II di Probolinggo

Tempat Rekreasi di Probolinggo via instagram.com


Di Ngepung, Sukapura, masih terdapat lagi lokasi air terjun yang buat takjub yang bisa kamu kunjungi.

Berada tidak jauh dari Air Terjun Kedung Amis dan Air Terjun Triban, Air terjun Sumber Pakis ll Sama-sama memiliki pesona keindahan.

Suasana alam nan asri di sekelilingnya plus kejernihan Airnya dijamin bikin betah.

Air turun dari ketinggian dan menimbulkan gemercik suara yang menyejukkan hati dan pikiran.

Air terjun Sumber Pakis ini juga punya pesona tersendiri dan tak kalah bagusnya dengan air terjun lainnya yang terdapat di kabupaten Probolinggo.

Air terjun Sumber Pakis berlokasi di Ds Ngepung, Kec Sukapura, Kab Probolinggo. Dan keberadaannya masih terbilang alami dan jarang dijamah.

Rute yang musti kamu ambil tentu saja sama dengan jalan yang kamu ambil saat menuju ke Air Terjun Watu Lawang. Dari tempat parkir yang ada di sekitar SMKN 1 Sukapura, sobat harus melanjutkan perjalanan dengan trekking untuk bisa sampai disini. Buka setiap hari dan Biaya gratis.



15. Pesona Air Terjun Darungan

Tempat Tamasya di Probolinggo via instagram.com

Air Terjun Darungan akan mempesona soabat travelers yang berkunjung kesana, karena keindahannya tak kalah cantiknya jika dibandingkan dengan curug lain yang ada di kota Probbolinggo.

Air Terjun Darungan memiliki ketinggian mencapai 15 meter sehingga akan nampak cantik meskipun dilihat dari jauh.

Pesona alamnya yang hijau di sekitarnya dipadu dengan bening airnya pasti akan terasa menyenangkan dan menyegarkan.

Lokasinya berada di Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Untuk menjangkaunya, sobat travelers harus pergi ke Bremi, setelah terlebih dahulu menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari Probolinggo.

Lalu, kamu harus lanjutkan lagi dengan melakukan trekking sejauh 2 km untuk bisa sampai di tempat ini. Tapi jangan kuatir karena semua rasa penat dan lelah akan terbayar setelah menyaksikkan cantinya Air Terjun Darungan. Tempat ini buka tiap hari, tetapi dengan catatan kondisi cuaca tidak dalam keadaan buruk.

Cukup dengan kamu membayar Rp 3.000, soabat travelers dapat nikmati indahnya destinasi wisata memesona ini.



16. Air Terjun Kali Pedati di Probolinggo

Tempat Tamasya di Probolinggo via instagram.com

Tadi air terjun darungan yang memiliki tinggi kurang lebih 15 meter telah kita bahas, ternyata ada lagi lho wisata air terjun yang tak kalah tinggi.

Yap... Kali ini kita akan ulas air terjun yang bernama Pedati. Punya ketinggian kurang lebih 20 Meter, serta ditambah lagi punya debit air yang lebih banyak jika dibandingkan dengan air terjun Darungan.

Letaknya berada di lereng gunung Argopuro, karena letaknya berada di lereng gunung sudah tentu punya hawa yang sejuk dan segar. Air Terjun Kali Pedati ada di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Sobat travelers dapat menuju ke sini ini dengan waktu tempuh kurang lebih 90 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Ranu Agung Resort.

Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai pedati yang indah selama sekitar 1 jam. Jangan kuatir capek, karena ku akan melihat pemandangan tebing-tebing yang cantik.

Tiket untuk bisa masuk di sini masih gratis, sobat travelers cuma perlu bayar uang karcis parkir saja.

Oh iya, pastikan sobat datang ketika musim kemarau karena akan amat sulit dan licin untuk melakukan trekking ketika turun hujan. Setiap hari tempat ini buka, dari mulai pagi sampai sore.



17. Arung Jeram di Sungai Pekalen

Tempat Tamasya di Probolinggo via instagram.com

Sungai Pekalen cuma berjarak kurang lebih 25 Km dari pusat Kota Probolinggo. Sungai Pekalen memiliki debit air yang lumayan besar dan view panorama alamnya yang cantik dijamin akan membuatmu kepincut buat cobain olahraga arung jeram.

Arena jeram Sungai Pekalen memiliki track rafting yang lumayan panjang yaitu kurang lebih sepanjang 29 Km. Pasti seru buat kamu coba.

Tracknya dibagi menjadi 3 zona yaitu

- Sungai Pekalen bagian atas ( Panjang track 12 Km ) pastinya cukup menguras adrenaline kamu.

- Sungai bagian tengah ( Panjang track 7 km )

- Sungai pekalen bagian bawah ( Panjang track 10 Km ). Memiliki jeram sebanyak 32 dan amat menantang.

Masing-masing zona jeram diatas memiliki keistimewaan dan ciri khas masing-masing.

Di sepanjang perjalanan mengarungi sungai sobat travelers akan disuguhkan panorama alam yang indah seperti macam satwa liar yang ada di sepanjang sungai dan Goa kelelawar.

Untuk dapat menikmati aktivitas yang tergolong olahraga ekstrem sekaligus mengasyikkan ini, sobat travelers harus membayar Rp 250.000 - Rpv300.000 per orang.

Harga diatas diambil berdasarkan zona mana yang ingin kamu jajal.

Arung jeram ini buka tiap hari, dari mulai pagi hingga sore, dengan catatan kondisi aliran sungai memungkinkan buat diarungi.



18. Danau Ronggojalu di Probolinggo

Tempat Tamasya di Probolinggo via instagram.com

Danau Ronggojalu bukan hanya dijadikan sebagai destinasi wisata, tapi juga dijadikan masyarakat Probolinggo sebagai sumber air.

Lokasinya ada di Kecamatan Tegalsiwalan. Dari Alun-Alun Probolinggo, perjalanan untuk menuju kesana kurang lebih memakan waktu 30 menit dengan memakai kendaraan pribadi.

Danau Ronggojalu Merupakan danau yang terbentuk secara alami dan memiliki kapasitas sekitar 3000 liter tiap hari. Air yang bersih dan jernih serta melimpah, membuat danau ini di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air setiap hari oleh masyarakat Probolinggo pada khususnya.

Danau ini juga juga memiliki fasilitas pendukung seperti warung jajanan, kolam anak-anak dan sewa ban. Danau ini juga cocok buat lokasi wisata kamu dan keluarga karena punya suasana yang bikin tenang dan menyegarkan.

Buka tiap hari dari jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB,

Untuk biaya tiket masuknya sobat cukup mengeluarkan biaya Rp 5.000.



19. Pesona Danau Agung

Tempat Darmawisata di Probolinggo via instagram.com

Ranu atau danau Agung ini menyuguhkan keindahan danau yang ciamik, danau Agung secara alami terbentuk akibat dari aktivitas Gunung Lamongan.

View hijau dan menenangkannya membuat danau ini, dinobatkan sebagai danau yang terindah di Probolinggo.

Lokasi danau Agung berada di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 40 Km dari pusat kota. Disarankan sobat travelers menggunakan kendaraan pribadi untuk.

Danau Agung, buka setiap hari, dari pagi sampai sore. Untuk menikmati indahnya Pesona Danau Agung, sobat hanya cukup membayar Rp 3.000 saja.



20. Ranu segaran di Probolinggo

Tempat Darmawisata di Probolinggo via instagram.com

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata Ranu segaran ada di Desa Segaran, kec Tiris, kab Probolinggo.

Sobat travelers dapat sampai ke danau / ranu ini dengan menempuh waktu kurang lebih 30 menit jika dari kota Probolinggo.

Indahan panorama yang cantik dan menenangkan akan terlihat di danau segaran. Dengan view pemandangan khas daerah pegunungan yang hijau dipadu udara yang sejuk akan membuat Ranu segaran lebih menarik buat dobat kunjungi.



21. Danau Taman Hidup di Probolinggo

Tempat Darmawisata di Probolinggo via instagram.com

Berlokasi di Lembah Gunung Argopuro, konon danau Taman Hidup dahulu menurut ceritanya dijadikan Dewi rengganis beserta para dayangnya sebagai tempat pemandian.

Danau Taman Hidup amat populer dijadikan sebagai tempat berkemah dan beristirahat bagi para pendaki.

Di sini sobat travelers dapat menyaksikan sekawanan hewan liar yang hidup disekitar sini seperti burung merak hijau, Lutung merah,  kijang, kancil dan lutung jawa. Bahkan kamu kadang juga bisa menyaksikan babi hutan yang bebas berkeliaran.

Untuk masuk kemari sobat tidak dikenakan biaya alias gratis. Sobat bisa datang kesini setiap hari. Namun sobat diharus mendaki jalur yang lumayan ekstrem. So, siapkan mental dan fisik kamu.



22. Kebunan teh Andung Biru Probolinggo

Tempat Liburan di Probolinggo via instagram.com


Kabupaten Probolinggo memang jadi surga wisatawan untuk melancong. Pasalnya Probolinggo memiliki tempat-tempat wisata yang komplit sekali.

Probolinggo juga memiliki perkebun teh lho, kebun teh andung biru namanya. Terletak di kecamatan Tiris, kabupaten Probolinggo.

Perkebunan yang satu ini mempunyai pemandangan hijau yang eksotis dan lahan yang luas.

Untuk bisa sampai ke sini, dari Probolinggo sobat travelers harus menuju per tigaan di Pajarakan, lalu ambil arah kanan untuk sampai ke Pondok Pesantren Genggong. Dari situ tidak jauh, di daerah Krucil, terdapat pertigaan lagi, ambil saja arah kanan. Maka sobat akan sampai di wilayah Tiris.

Setiap hari perkebunan ini dibuka untuk umum. Waktu paling baik untuk berkunjung ialah pagi maupun sore karena saat itu udara akan terasa begitu segar. Ditambahlagi pemandangan sunrise dan sunset yang akan menyempurnakan liburanmu. Oh iya, untuk masuk ke sini sobat travelers cukup membayar Rp 5.000.

So... pasti sayang sekali rasanya bila liburan kamu di Probolinggo tidak menyertakan Kebunan teh Andung Biru untuk dimasukkan juga di agenda kunjungan.


23. Bukit Bentar di Probolinggo

Tempat Liburan di Probolinggo via instagram.com


Indahnya pemandangan alam akan tersaji apik jika dilihat dari atas Bukit Bentar ini. Biasanya bukit ini ramai dengan para pengunjung yang hoby berfoto-foto, karena panorama alamnya yang epik dan instagramable.

Bukit bentar ada pada ketinggian 400 Mdpl, jadi angin akan terasa sejuk dan nyaman.

Berlokasi di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo sobat travelers harus berjalan kaki melewati jalanan menanjak dan terjal untuk bisa sampai ke puncak bukit ini.

Tapi rasa lelahamu akan terbayar lunas saat sobat telah sampai di puncak dan menyaksikan pemandangan alam yang terpampang indah dari puncak bukit.



24. Candi Jabung Probolinggo

Tempat Liburan di Probolinggo via instagram.com


Candi Jabung ialah lokasi wisata sejarah bekas peninggalan Hindu pada masa kerajaan Majapahit. Lokasintmya ada di Jabung, Paiton.

Di bangun dengan menggunakan Bata merah akan tetapi bangunan candinya masih tetap kokoh berdiri walau berusia Ratusan tahun. Bangunnya bertema arsitektur klasik dan memiliki kemiripan dengan candi bahal yang ada di Sumatera.

Candi Jabung berjarak lebih kurang  sekitar 5 Km jika dari daerah Krasan Probolinggo.



25. Candi Kedaton di Probolinggo

Tempat Liburan di Probolinggo via instagram.com


Lokasi Kedaton ini ada di Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kab Probolinggo, persisnya di Dusun Kedaton, 60 Km ke arah selatan dari Probolinggo . Candi Kedaton terbuat dari Batuan Andesit yang unik.

Kedaton merupakan candi yang hanya berbentuk batur, berupa kaki candi saja. Corak candi memakai bentuk candi Hindu dan punya luas ukuran 6 m persegi.

Pembangun pada 1292 tahun saka atau sama dengan dengan 1370 tahun masehi. Ada sebanyak 33 relief di kaki candi. Pada kaki candi terlukis relief candi ini yang menceritakan bagaimana kehidupan pada saat itu.



26. Taman wisata studi lingkungan di Probolinggo

Lokasi Wisata di Probolinggo via instagram.com

Taman wisata studi lingkungan atau TWSL ialah sebuah objek wisata lingkungan yang didalamnya terdapat beragam jenis hewan maupun tanaman yang masih lestari di alam maupun yang sudah terancam punah.

Masyarakat sekitar Probolinggo biasanya menyebutkan TWSL dengan nama Kebun Binatang Probolinggo.

Berlokasi di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan. TWSL memiliki luas kurang lebih 1 Hektar.

Di sini terdapat kurang lebih 20 Jenis tanaman yang pada musim-musim tertentu. Di antaranya terdapat mahoni, mengkudu, waru, sengon dan yang lainnya.

Untuk koleksi hewannya Taman wisata studi lingkungan juga punya koleksi beberapa hewan seperti jenis aves, reptil sampai mamalia yang menarik dan mengedukasi bagi anak-anak ketika melihatnya.

Akses untuk menuju TWSL amat mudah karena ada dalam Kota Probolinggo. Kamu dapat gunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Cukup bayar Rp 3.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Murah kan? Oh iya, Taman wisata studi lingkungan buka tiap hari, dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.



27. Museum Probolinggo

Lokasi Wisata di Probolinggo via instagram.com

Museum Probolinggo berlokasi di Jalan. Suroyo Nomor 7 Kabupaten Probolinggo. Museum ini difungsikan sebagai Pusat penyimpanan barang-barang yang dianggap memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Bermacam koleksi dari Museum Probolinggo terdiri atas beberapa kategori, diantaranya

Arkeologi (benda sejarah dan pra-sejarah)
Ethnographika (peralatan rumah tangga dan pencaharian hidup, pusaka, busana, kesenian)
Historika (benda budaya yang bukan dari hasil penggalian tetapi tetap memiliki nilai historis), Numismatika (alat tukar pembayaran dan mata uang ) Filolika (Bahasa tradisional dan naskah kuno dengan aksara ), Keramologika (benda dari batuan, tanah liat dan sejenisnya)
Teknologika (peralatan yang digunakan untuk menunjang kehidupan manusia baik yang masih tradisional sampai modern).

Museum ini juga difungsikan sebagai pusat budaya dan sejarah kabupaten Probolinggo.

Cukup menarik buat sobat travelers kunjungi sebagai wisata bertema edukasi untuk pelajar dan anak-anak.

Untuk bisa ke tempat ini, sobat cuma perlu pergi menuju pusat Probolinggo, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Museum ini dapat kamu kunjungi Tiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 15. 00 WIB, tanpa sobat perlu mengeluarkan kocek sepeser pun alias gratis.


28. Agrowisata Sumberbendo di Probolinggo

Tempat Berpiknik di Probolinggo via google.com

Agrowisata Sumberbendo ialah destinasi wisata yang fokus terhadap pembudidaya tanaman Anggur.

Berlokasi di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih Probolinggo Jawa Timur.

Agrowisata ini ialah destinasi wisata alam baru yang dimiliki kota Probolinggo. Meskipun terbilang baru, telah banyak wisatwan yang berkunjung kesini.

Sobat travelers bukan cuma bisa melihat pembudidayaan buah Anggur saja, tapi di sini juga telah tersedia fasilitas Bermain buat anak-anak serta kolam yang berisi ikan mujair.

Disamping itu di Agrowisata Sumberbendo juga terdapat kolam renang, semakin lengkap bukan.

Sobat bisa berenang atau sekedar berendam untuk rileks sejenak dari kesibukan harian.



29. Kolam Renang TRA di Probolinggo

Tempat Berpiknik di Probolinggo via google.com

Destinasi wisata Kolam Renang TRA (Taman Rekreasi Anak) berlokasi di jln. Hayam Wuruk. Kolam renang yang aslinya bernama Banyuangga ini ialah kolam renang yang tertua yang ada di Kota Probolinggo.

Terdapat 2 kolam utama di sini yakni kolam buat anak-anak (antara 50-100 cm) dan kolam untuk orang dewasa (120 cm dan 180). Kedalaman kolam berfariasi, amat cocok buat liburan soabat travelers beserta keluarga.

Kolam renang TRA berlokasi di Jl Hayam Wuruk, Mangunharjo, Mayangan. Tempatnya masih berada di lingkup dalam kota, so kamu tidak akan merasa kesulitan untuk bisa mencapainya baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Sobat travelers bisa berkunjung dari setiap hari, malai dari jam 09.00 sampai jam17.00 WIB, dan hanya bayar Rp 5.000 saja untuk bisa bermain air dan berenang di kolam renang ini.



30. Wisata Hutan Mangrove BJBR

daerah Wisata di Probolinggo via instagram.com


Lokasi Hutan mangrove ini tepatnya ada di pesisir pantai Pelabuhan Mayangan Probolinggo. Objek wisata ini saat ini sedang jadi trend karena memang cukup unik.

Kata BJBR ialah singkatan dari Beejay Bakau Resort, destinasi ini di resmikan pada tahun 2013.

Jika masih sulit menemukan wisata Hutan Mangrove BJBR ini, sobat cukup berpatokan pada alun-alun Kota probolinggo. Karena terletak tidak terlalu jauh disebelah utara dari alun-alun dan cukup mudah buat di jangkau.

Oh iya, Wisata Mangrove BJBR dibuka setiap harinya dari jam 08.00 sampai 22.00 WIB, dengan harga tiketnya ialah  Rp 15.000 (Hari biasa) dan Rp 30.000 untuk akhir pekan.

Biaya diatas untuk orang dewasa, sedang buat anak-anak dapat potongan diskon 50%.



31. Alun-Alun Probolinggo

Tempat Berpiknik di Probolinggo via google.com

Namanya juga Alun-Alun pasti letaknya di pusat kota, Yup... di pusat kota Probolinggo, Alun-alunnya juga merupakan tempat yang seru untuk sobat kunjungi.

Tempatnya bisa buat santai sekaligus juga untuk wisata sejarah. Kok bisa gitu?

Jawabannya adalah karena Alun-Alun Probolinggo dibagi jadi dua, yakni alun-alun kabupaten (Kraksaan) dan alun-alun kota (Mayangan).

Di alun-alun kabupaten, kamu dapat bersantai maupun main sambil menikmati hidangan kuliner. Sementara itu, di alun-alun kota, sobat dapat menghabiskan waktu dengan main sepeda atau joging.

Karena berada di pusat kota, aksesnya menuju tempat ini amat mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi atau umum. Kamu bisa kunjungi tempat ini tiap harinya tanpa dipungut biaya selama 24 jam.



32.  Madakaripura Forest Park

daerah Wisata di Probolinggo via instagram.com

Bila sobat punya hobi berfoto, kamu harus mengunjungi deatinasi wisata yang berlokasi tidak jauh dari Air Terjun Madakaripura ini.

Letaknya ada di Negororejo, Lumbang. Panorama khas pegunungan yang hijau akan menyegarkan mata sekaligus sejuknya udara amat pas rasanya untuk dijadikan lokasi liburanmu.

Pun, viewnya yang amat cantik bisa dijadikan latar berfoto. Terdapat beberapa rekomendasi spot untuk berfoto, seperti gardu pandang, ayunan dan anjungan matahari.

Untuk bisa sampai kesini, sobat harus pergi ke pertigaan Lumbang, lalu ambil arah menuju Air Terjun Madakaripura.

Kurang lebih satu kilometer sebelum air terjun, silakan ambil arah kiri dan lanjutkan perjalananmu hingga sampai lokasi.

Buka tiap hari, dari mulai pagi hingga malam hari. Harga tiket masuk di sini ialah Rp 5.000, dan ditambah biaya lagi untuk dapat berfoto pada spot tertentu.



33.  Mahoni Grand Park

daerah Wisata di Probolinggo via instagram.com


Saat ini, destinasi wisata yang menawarkan spot foto menarik sebagai latar lagi digandrungi masyarakat. Probolinggo yang punya segudang tempat wisata pun tidak mau kalah.

Mahoni Grand Park ialah sebuah destinasi wisata baru yang akan memberimu kepuasan untukmu yang gemar fotografi.

Ambil momen terindahmu dengan latar bentang hutan nan hijau di Mahoni Grand Park.

Sembari merasakan segarnya udara, sobat pun bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, memancing, berkemah atau cuma sekadar menjajal bermacam wahana permainan.

Sobat travelers cukup membayar harga tiket Rp10.000 untuk lepas penatmu di sini. Tempat ini buka tiap hari, mulai pukul 7 pagi sampai dengan 5 pagi.

Untuk bisa sampai di objek wisata yang betada di Kecamatan Sumber ini, dari terminal Banyuangga untuk sampai ke Sumber kamu harus mengarahkan kemudimu ke jalur Lumajang atau Jember. Lalu, kamu masih harus menempuh jalan kurang lebih 12 km untuk bisa sampai di Mahoni Grand Park.



34.  Masjid Tiban Babbusalam

Tempat Darmawisata di Probolinggo via google.com

Probolinggo juga punya wisata religi loh, kamu dapat berkunjung ke Masjid Tiban Babbusalam yang letaknya di Pilang, Kademangan dan berdekatan dengan Jln raya Pantura.

Diberi nama tiban karena dulu masjid ini diyakini  tiba-tiba muncul di tahun 1600, tanpa diketahui siapakah yang membangunnya.

Memiliki bangunan yang unik dan berarsitektur kuno, tapi kokoh dan masih bertahan sampai sekarang ini. Menurut kepercayaan, Tiban Babbusalam juga merupakan tempat Syeh Maulana Ishak dalam dakwah syiar agama Islam.

Akses menuju tempat ini terbilang cukup mudah, karena dari Kota Probolinggo hanya berjarak  3 km saja.

Sebagai Rumah Allah SWT, sudah tentu masjid ini buka tiap hari untuk sarana umat beribadah.

Sobat bisa berinfaq seikhlasnya untuk perawatan masjid sekaligus sebagai bekal di akhirat kelak.



35. Pelabuhan Tanjung Tembaga

Tempat Wisata di Probolinggo via instagram.com

Coba saja soabat mampir ke Pelabuhan Tanjung Tembaga yang ada di Mayangan, kira-kira arah utara dari Kota Probolinggo.

Seperti halnya pelabuhan yang lain, Tanjung Tembaga ialah tempat berlabuh kapal niaga dan tempat sandar bagi perahu nelayan. Disamping itu, terdapat tempat lelang dan pasar ikan disini. So...  bila kamu tertarik untuk membeli ikan segar, tempat ini memang cocok disambangi.

Untuk menuju kemari, dapat kamu akses dengan mudah, karena berdekatan dengan Kota Probolinggo. Sobat travelers dapat memakai kendaraan umum maupun pribadi.

Oh iya, pelabuhan Tanjung Tembaga dibagi jadi dua. Pertama difungsikan untuk pelabuhan dan pasar ikan, dan yang kedua difungsikan untuk tempat festival dan tempat wisata serta tempat memancing. Sobat cuma perlu bayar parkir saja kok.



36.  Museum Dr. Mohammad Saleh

Tempat Wisata di Probolinggo via instagram.com

Sesuai dengan namanya, museum yang letaknya berada di Jalan Dr. Moh. Saleh Nomor 1, Tisnonegaran, Kanigaran ini menyimpan kisah sejarah seorang dokter yang pertama yang diberi amanah untuk memimpin sebuah rumah sakit umum di kabupaten Probolinggo.

Museum yang memiliki arsitektur Belanda akan buka hari Selasa- Minggu, jam 08.00 - jam 15.00 WIB dan untuk hari Jumat sampai Minggu, akan tutup lebih awal dari hari sebelum yaitu jam 12.00).

Museum Dr. Mohammad Saleh memiliki koleksi berupa ruangan disertai alat kesehatan dan perabotan yang dipakai sang Dokter saat itu. Karena bangunanya kala itu sempat difungsikan sebagai rumah dinas dan tempat praktik kesehatan, sobat travelers jangan kaget ya saat masuk ke sini.

Untuk menuju ke tempat ini cukup mudah dicapai, karena berada di pusat Kota Probolinggo dan bisa memakai kendaraan umum atau pribadi.

Tentang biaya masuknya, belum ada tarif resminya. Sobat bisa memberi dana seikhlasnya buat ikut menyumbang biaya perawatan museum bersejarah ini.

Nah... demikian telah kita ulas tentang tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten probolinggo jawa timur, dan dapat kamu jadikan refrensi liburan ketika akhir pekan.

Banyak tempat wisata mrnarik di probolinggo yang bisa sobat travelers explore dan tentunya masing-masing punya keunikan tersendiri.

Judul :

Tempat wisata di probolinggo


0 Response to "36 Tempat Wisata di Probolinggo Rekomendasi dan Lengkap "

Post a Comment