24 Tempat Wisata di Klaten Hits Asik - Nomor 24 wisata paling baru | jadditahu.com

24 Tempat Wisata di Klaten Hits Asik - Nomor 24 wisata paling baru

Baca Juga


Kabupaten Klaten adalah satu dari salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang punya beberapa lokasi wisata, utamanya wisata bertema sejarah dan wisata air, karenanya di Klaten ada banyak sekali lokasi wisata berupa candi yang merupakan warisan sejarah peninggalan jaman dulu. Satu diantaranya yang terkenal ialah candi Prambanan.


Jika sobat travelers berkunjung di Klaten rasanya kurang lengkap jika belum berkunjung ke candi Prambanan ini. Destinasi ini merupakan salah satu tujuan wisata yang musti kamu kunjungi bila lagi traveling atau liburan liburan di Klaten.

Kabupaten Klaten letaknya berbatasan dengan beberapa Kabupaten diantaranya Kabupaten Sukoharjo di timur, Boyolali di utara, dan Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) di sebelah barat dan selatan.

Di Indonesia Klaten punya cerita sejarah panjang akan kerajaan-kerajaannya.

Peninggalan sejarah Kota ini sangat dipengaruhi perjembangan agama Hindu dan Buda jaman dulu, sobat pun dapat dapat melihat peninggalan sejarah dari ciri dan coraknya yang kental akan agama hindu dan budha.

Sobat travelers dapat menyaksikan arsitektur candi kuno di sini. Kali ini jadditahu.com akan mengajak sobat untuk keliling menuju tempat wisata di Klaten, dan pastinya akan menarik buat kamu kunjungi.


Paling tidak ada 16 destinasi wisata yang ada di Klaten yang musti kamu kunjungi. Berikut dibawah akan kita ulas bersama destinasi wisata di Klaten yang telah di rangkum buat kamu sobat travelers :

1. Destinasi Wisata Sejarah - Candi Prambanan



Pastinya sobat travelers kebanyakan tidak asing dengan tujuan wisata yang satu ini, yap candi Prambanan namanya.

Punya arsitektur tingkat tinggi, Candi prambanan sampai saat ini belum diketahui dengan pasti bagaimana tehnik dan cara pembangunannya.

Bukan cuma di dalam negeri Candi ini telah dikenal di seluruh dunia. Banyak pelancong yang berasal dari berbagai negara berkunjung dan datang kesini.

Kompleks candi prambanan letaknya berada di kecamatan Prambanan, Klaten, jaraknya lebih kurang 17 km arah timur laut kota jogjakarta, barat daya sekitar 50 km dari kota Surakarta dan 120 km di sebelah selatan Semarang, serta letaknya persis berada di antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Karena berada di daerah perbatasan maka wilayah komplek candi bisa dibilang unik letaknya ada di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Sleman, namun untuk jalan masuk menuju kompleknya ada di wilayah administrasi Ds Tlogo, Klaten.

Prambanan ialah salah satu candi Asia Tenggara yang tergolong termegah, dan telah masuk juga dalam deretan nama situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Rasanya tak lengkap bila pergi ke Klaten tanpa berkunjung ke candi prambanan.



2. Destinasi Wisata Air klaten - Umbul Ponggok



Di Klaten sobat travelers dapat menemukan wahana permainan yang dapat kamu jadikan sebagai salah satu alternatif, Umbul Ponggok namanya.

Objek wisata bertema air ini berlokasi di Ds Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten.

Unik dan menarik, kata itu yang bisa digambarkan pada wisata umbul ponggok, bagi sobat travelers yang punya hobi diving, maka tujuan wisata berikut ini adalah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Klaten.

Disini sobat tentunya dapat menyelam, main sama ikan, tapi hal itu sudah biasa. Yang unik kamu bisa “mengendarai motor, nonton TV, naik ontel” tetapi di bawah air dengan property yang ada disitu.

Sobat travelers yang lagi belajar menyelam sebaiknya menggunakan tempat ini buat sarana belajar. Dengan kedalaman 1 sampai 3 meter dan luas kurang lebih 6.000 m2 serta di dasar kolamnya yang berupa pasir, membuat Umbul Ponggok amat seru jika dipakai untuk beragam kegiatan bertemakan air.

Kegiatan favorit yang jadi andalan disini adalah snorkeling sembari menikmati warna-warni ikan.

Untuk bisa masuk kesini sobat travelers cuma perlu bayar Rp. 5.000 saja ( Harga tiket dapat berubah sewaktu waktu ).



3. Tempat Wisata Klaten - Mata Air Cokro Tulung



Nah Atu lagi nih, wisata air yang ada di Klaten yang musti sobat travelers untuk kamu kunjungi, OMAC namanya yaitu Obyek Mata Air Cokro atau biasa disebut dengan Umbul Cokro Tulung.

Terdapat banyak wahana permainan seperti yang biasa sobat travelers temukan di waterboom ada juga disini. Kamu dapat mainan air sepuas kamu.

Terletak di Ds. Cokro, Kec. Tulung, Kab. Klaten. Dalam soal kebersihan air kolamnya terjaga bersihnya, tak ketinggalan kolam kolam renang yang sumber airnya berasal dari mata air alam. Amat sayang buat kamu lewatkan ketika berliburan di Klaten.



4. River Boarding di Kali Pusur Klaten




Adakah dintara sobat travelers yang suka kegiatan river boarding? Nah, di Kalten tepatnya berada di Kali Pusur tak begitu jauh jaraknya dari Obyek Mata Air Cokro, kamu dapat nikmati wahana River Boarding guys.

Kurang lebih 10 km jarak yang musti kamu tempuh dengan melewati 3 desa pada Kecamatan Polanharjo dan Tulung.

Disungai ini, punya arus yang beda-beda, kadang berarus pelan, deras dan jeram. Selama berkunjung kesini, kamu akan ditemani dengan 2 orang pemandu. Buat tarifnya, sobat travelers harus bayar Rp. 150.000 untuk tiap orangnya. Gimana? Apa kamu tertarik buat coba sensasi main air disini sob?



5. Tempat Wisata Air Klaten - Umbul Jolotundo



Objek wisata di Klaten berikutnya ialah Umbul Jolotundo, nah disini kamu dapat main air bersana para ikan kecil.

Umbul Jolotundo berlokasi di Kec. Jatinom, lebih tepatnya berada 10 km di sebelah utara Kota Klaten.

Konon destinasi wisata ini sudah lama berdiri, dan dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda di tahun 1924. Bangunannya masih mempertahankan bentuk aslinya dan belum banyak mengalami perubahan.

Sobat travelers cukup bayar Rp 3000 saja buat main disini, murah bukan.

Ayo kita main air dan mandi-mandi sama ikan kecil!


6. Tempat Wisata Klaten -  Air Lepen Kencana



Destinasi wisata yang satu ini cocok buat wisata bersama keluarga. Ajak keluarga dan anak-anak untuk berkunjung ke Lepen Kencono.

Lepen Kencono punya air yang jernih sehingga membuat pengunjung betah berlama lama mengunjungi wahana ini bersama keluarga dan orang terkasih untuk menghabiskan waktu bersama.



7. Tempat Wisata Klaten - Air Umbul Kapilaler


Next tempat wisata selanjutnya di Klaten, masih bertema air ialah Umbul Kapilaler. Berlokasi di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

Meskipun tempatnya tak terlalu besar, banyak wisatawan betah berlama lama di lokasi wisata berikut ini. Hal ini karena Umbul Kapilaler ada di bawah rimbunnya pohon beringin disertai batu-batu besar yang mengelilingi pinggirnya. Jadi Umbul Kapilaler akan terasa rindang dan sejuk.

Sobat travelers yang ingin masuk tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali buat menikmati umbul alias gratisan tiket masuknya. Cuman karena gratis ya maklum jika masyarakat setempat masih menggunakannya untuk sarana mandi di pagi fan sore hari.



8. Tempat Wisata Klaten - Galuh Tirto Nirmolo


Galuh Tirto Nirmolo adalah Kolam renang yang jadi salah satu tempat rekreasi favorit di kabupaten Klaten yang sayang buat kamu lewatkan.

Berlokasi di Jalan Manisrenggo, Kilometer 1, Tlogo Prambanan, Klaten. Wisata Galuh Tirto Nirmolo memiliki fasilitas Kolam renang dewasa, Kolam anak-anak, kolam taman air, kolam seluncur anak, Kolam renang seluncur, Kolam renang laba laba, mandi Bola, Kolam Arus, Kolam Air mancur,  kolam renang Songsong gora dan kolam kuda laut.


Ketika kamu mencoba wahana kolamnya, sobat bisa juga menyewa perlengkapan berenang yang sudah disediakan seperti pelampung karet, pelampung ban dengan kisaran harga sewa antara Rp. 3.000 sampai Rp. 6.000. Dengan adanya tambahan kelengkapan fasilitas tersebut maka untuk mengajak keluarga atau anak akan sangat cocok bagi sobat travelers yang sudah berkeluarga buat habiskan waktu akhir pekan atau cuma sekedar refreshing dari rutinitas sehari-hari.


Wahana lain selain kolam renang di Galuh Tirto Nirmolo Klaten

Disamping berbagai kolam diatas juga ada bermacam macam wahana yang memang khusus buat memanjakan para pengunjung sepertihalnya


  • kereta wisata
  • kereta wisata
  • komedi putar
  • animal elektrik
  • kereta mini electrik
  • mobil lektrik
  • perahu
  • Motor trex kecil dan besar
  • arena jumping
  • motor ATV
  • Flying fox
  • boom boom car
  • bioskop 3 dimensi
  • boom boom boat
  • becak mini
  • pesawat putar
  • gokart
  • jinontro ginggong / bianglala
  • sangkar putar
  • jungle train


Gimana? Sangat banyak banget kan?

Pantas jika taman bermain Tirtonirmolo dijadikan keluarga di Klaten sebagai salah satu tempat wisata terfavorit.

Untuk bisa masuk dan main disini, sobat travelers bisa berkunjung tiap hari mulai jam 08.00 sampai jam 17.30, untuk harga tiket masuknya cukup dengan Rp. 10.000 maka kamu bebas buat mencoba beberapa kolam yang telah tersedia tanpa harus ada biaya tambahan lagi.

Kecuali bila kamu pengen nikmati wahana lain, maka tiketnya bisa sobat peroleh pada masing masing bagian wahana dengan harga tiketnya yang bervariasi tentunya. Harga tergantung pada jenis permainanan dan tentu juga hari saat sobat berkunjung, bila berkunjung jetika hari libur atau weekend biasanya harganya akan sedikit lebih mahal jika dibanding dengan hari biasa.

Range harga tiket wahananya untuk hari biasa start from Rp. 3.500 sampai Rp. 25.000 sedang ketika hari libur dan weekend bisa mencapai Rp. 30.000.

Apakah kamu tertarik buat coba main di Tirtonirmolo? Ayok langsung luangkan waktu mengunjunginya ketika sedang di Klaten.



9. Tempat Wisata Klaten - Sajian Kuliner di Warung Apung Rowo Jombor


Setelah capek jalan berkeliling,maka tentunya perutmu sudah mulai lapar sob. Nah, ada rekomendasi tempat makan yang sudah tentu asyik, Warung apung rowo Jombor namanya.

Warung apung rowo Jombor adalah satu lagi destinasi wisata di Klaten yang menarik buat kamu kunjungi.

Disini tersaji bermacam-macam kuliner dengan ikan tawar sebagai bahan dasarnya.

Nikmati sajian kuliner untuk makan siang sobat, dan nikmati pengalaman dengan sajian yang menggugah selera.

Berlokasi di Ds. Jombor Krakitan Bayat Kabupaten Klaten, kurang lebih 6 – 8 km jaraknya jika dari kota Klaten.

Untuk bisa sampai menuju lokasinya, terdapat dua rute yang bisa kamu lalui yakni melewati lewat arah jalur timur dan arah jalur barat.

Rute dari arah jalur timur :

-Kota Klaten
-Stasiun Klaten
-By Pass
-Belok ke arah selatan atau kanan
-Terminal Klaten
-Kelurahan Buntalan
-Desa Jimbung
-Rowo Jombor

Rute dari arah jalur barat :

-Kota Klaten
-Pertigaan Bendogantungan (Desa Sumberejo, belok ke arah selatan atau kiri)
-Desa Danguran
-Desa Glodogan
-Desa Jimbung
-Rowo Jombor



10. Tempat Wisata Klaten -  Candi Merak


Memang sih nama Candi merak tak sekeren dan sepopuler nama candi prambanan, tapi tak ada salahnya jika sobat travelers jalan kesini sambil menyaksikan peninggalan sejarah.

Berlokasi di Ds Karangnongko, Kec. Karangnongko. Candi merak ukurannya kecil, ditemukan di tahun 1925.

Nama merak disematkan karena pada jaman dahulu pada sekitar tempat ini konon terdapat sarang burung Merak, so daripada susah susah candi kemudian dinamakan Candi Merak.



11. Tempat Wisata Klaten - Museum Gula Gondang Winangoen


Bagi sobat travelers yang mencari tempat wisata bertema sejarah, museum gula Gondang Winangoen nampaknya akan cocok menjadi daya tarik tersendiri ketika menyambangi kabupaten Klaten.

Sobat travelers dapat menyaksikan aneka alat yang digunakan untuk produksi pabrik ketika tempo dulu di sini.

Berlokasi di Gondang, menurut catatan museum ini juga merupakan museum gula paling besar se-Asia Tenggara loh sob.

Letaknya masih berada di dalam kompleks pabrik gula yang punya luas yang sampai 100 hektar, kamu dapat melihat replika peralatan pembuatan gula, foto-foto bersejarah, diorama pabrik gula dan diorama perkebunan tebu, lokomotif kereta tebu serta alat-alat komunikasi lama. Pada sekitar museum terdapat juga arena bermain, perpustakaan gula serta kafe.


12. Wisata Budaya Klaten - Kerajinan tanduk kerbau Keprabon



Di Kabupaten Klaten terdapat desa tempat para pengrajin tanduk kerbau juga loh.

Berlokasi di Desa Wisata Keprabon yang letaknya berada di Kec. Polanharjo.

Desa ini merupakan sentranya kerajinan penyu dan tanduk kerbau.
Sobat travelers tak cuma dapat menyaksikan dan belanja cenderamata saja, tetapi bisa juga menyaksikan secara langsung bagaimana sih proses pembuatan kerajinannya.



13. Tempat Wisata Alam Klaten - Puncak Clongop


Apakah Sobat travelers ada yang ingin menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian?

Nah di Puncak Clongop Sobat travelers dapat menjadikannya sebagai tempat alternatif yang perlu kamu kunjungi.

Sejatinya Puncak Clongop ini masih termasuk kedalam bagian wilayah Watugajah, Kabupaten Gunung Kidul.

Namun bila sobat travelers dari arah Jogjakarta maupun Solo, maka akses menuju kemari akan lebih mudah buat kamu tempuh dari Klaten dengan melewati jalan yang menghubungkan Gunung Kidul dengan Klaten.

Sobat travelers perlu lewati Bayat, di sepanjang jalan sobat akan temukan beragam tempat yang menarik, sepertihalnya Curug Indah dan Curug Luweng Sampang.

Untuk bisa mencapai Puncak Clongop, sobat harus melewati jalan tanjakan yang bisa dibilang cukup curam.

Hati-hati dan pastikan kendaraan yang kamu pakai dalam keadaan siap jika ingin menuju ke sini.

Perjalanan yang menantang akan terbayar ketika kamu sudah sampai di puncaknya, sobat travelers akan menyaksikan indahnya panorama khas pegunungan plus kota Klaten yang terlihat dari arah kejauhan.



14. Tempat Wisata Klaten -  Candi Lumbung


Satu lagi nih bangunan peninggalan berupa candi yang menarik buat kamu kunjungi ketika berada Klaten, Candi Lumbung namanya. Candi Lumbung lokasinya bersebelah dengan candi Bubrah dan masih dalam satu kompleks dengan Taman Wisata Candi Prambanan.

Namun candi ini sudah masuk dalam wilayah Provinsi Jateng, yakni tentunya di Kabupaten Klaten.


15. Tempat Wisata Klaten - Candi Sewu



Dari namanya saja bisa sobat bayangkan berapa jumlah candinya, karena dalam bahasa jawa candi sewu mempunyai arti candi yang  berjumlah seribu.

Tapi hal diatas merupakan sebuah gambaran saja, bukan berarti bahwa candi ini jumlah lebih kurang seribu buah, tetapi ternyata tidak demikian dengan kenyataannya.

Gugusan dari Candi Sewu tepatnya terdiri dari 249 buah candi, dari jumlah tersebut dibagi atas 1 candi utama kemudian 8 candi antara atau candi pengapit dan sebanyak 240 buah candi perwara.

Berlokasi di Dk. Bener, Ds. Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten. candi Sewu berdekatan juga dengan Candi Prambanan, yakni sekitar 800 meter sebelah selatan dari arca Roro Jonggrang.

Letak Candi utamanya berada di tengah, pada ke empat sisi candinya dalam susunan yang simetris dikelilingi oleh candi pengapit dan juga candi perwara.



16. Wisata Religi Klaten - Ziarah ke Makam Sunan Pandanaran



Destinasi wisata di Klaten selanjutnya ialah Makan dari sunan Pandanaran Bayat yang lebih dikenal dengan beberapa nama yaitu Wahyu Widayat, Pangeran Mangkubumi, Sunan Bayat, Sunan Pandanaran (II) atau Susuhunan Tembayat ialah seorang tokoh yang dikenal dalam sejarah sebagai penyebar agama Islam yang menjadi rahmad bagi seluruh semesta.

Meskipun demikian Sunan Pandanaran tidak termasuk didalam jajaran sembilan wali penyebar agama islam di tanah jawa atau lebih dikenal Wali Songo.

Letak makamnya berada di puncak sebuah bukit yang disebut gunung Jabalkat. Dan layaknya sebuah makam tokoh wali, ketika sobat travelers menyambangi makam Sunan Pandanaran, maka tidak pernah atau jarang sekali sepi dari para peziarah yang silih berganti berziarah dari berbagai pelosok Nusantara yang datang.



17. Candi Plaosan



Nambah lagi nih tempat wisata di Klaten berupa candi yang kembali akan kita bahas, candi Ploasan namanya.

Jika dilihat memang cukup unik karena wujudnya yang kembar. Candi plaosan sendiri berlokasi di Jl. Candi Plaosan, Prambanan, Kab Klaten.

Plaosan lokasinya terletak tidak jauh  dari candi prambanan, hanya beberapa Kilometer saja jaraknya.

Tapi memang, Plaosan masih kalah pamor jika dibanding candi prambanan yang telah mendunia namanya.

Meskipun begitu jika dilihat dari segi keindahannya, Plaosan memang tak mengecewakan serta viewnya juag tidak kalah jika dibanding dengan candi-candi lain yang ada di indonesia.


18. Tempat wisata klaten - Taman Lampion



Destinasi wisata selanjutnya di klaten ialah sebuah taman yang jadi tempat buat nongkrong bagi para anak muda dan juga keluarga.

Taman ini baik siang maupun malam hari bisa sobat travelers kunjungi. Taman lampion ini juga dijadikan sebagai salah satu icon wisata baru bagi di kabupaten.

Berlokasi di Bareng Lor, Klaten Utara tepatnya ada dibelakang kantor PMI.

Apakah kamu pernah mendengar kalau di Klaten itu ada sebuah Taman Lampion ? Jika belum dengar, kamu harus update info destinasi wisata di Kab Klaten.

Taman ini memiliki tujuan awal pembangunan guna menambah (RTH) ruang terbuka hijau di kabupaten Klaten.

Waktu paling baik untuk berkunjung ke Taman Lampion ini yakni ketika saat sore hingga malam hari, hal ini karena saat malam hari akan ada banyak lampu warna warni yang bisa membuat suasana terasa semarak di Taman Lampion ini.

Namun ketika siang hari pepohonan yang ditanam di sekeliling taman ini masih baru dan kecil maka suasananya masih terasa panas, so belum dapat dibuat untuk penyejuk alami taman ini.


Masyarakat Klaten semakin banyak yang berkumpul dan menghabiskan waktu luang bersama di taman yang sengaja dibangun dengan tujuan penambahan ruang terbuka hijau ini.

Buat sobat travelers yang tertarik untuk berkunjung saat liburanan di taman lampion ini, langsung saja meluncur kesini kapan pun, tapi untuk waktu terbaiknya lebih baik sobat kesini ketika sore ataupun malam hari sebab ketika malam hari pastinya Taman Lampion Bareng Lor ada ada banyak berwarna warni lampu  yang akan semakin menambah suasana semarak sekaligus romantis.

Ketika waktu siang suasana taman masih terasa panas karena pohon yang ditanam masih kecil di taman ini,  so... pastinya belum dapat dijadikan sebagai tempat berteduh.


19. Deles Indah


Destinasi wisata berikutnya di Klaten  ialah bernama Dales Indah. Di Deles Indah para sobat travelers akan disuguhi asri dan indahnya pemandangan yang masih sangat terawat dengan baik serta hawa sejuk udara yang akan sobat travelers rasakan, akan terasa damai bagi siapapun yang menyambangi tempat ini.

Sobat travelers akan diajak untuk menikmati dari bawah panorama dan suasana Gunung Merapi.

Lokasinya ada di Ds Sidorejo, Kemalang, Kab. Klaten, Jawa tengah. dales indah punya beberapa spot-spot wisata yang bisa sobat travelers sambangi, diantaranya Sendang Kali Reno, Makam Kyai Mlayopati, Goa Sapuangin, Pesanggrahan Pakubuwana X, Taman Pring Cendani dan juga Taman Ngajaran.

Tapi amat disayangkan Wisata Deles Indah ini kerap disalahgunakan untuk tempat anak muda mudi pacaran di Klaten. Tentunya hal tersebut bisa merusak citra Deles Indah yang jadi salah satu destinasi wisata Alam yang Indah di Klaten.


20. Pemandian Lumban Tirto



Next, destinasi wisata di Klaten selanjutnya bernama lumban tirto, lumban tirto ialah sebuah pemandian yang letaknya berada di Desa Daleman, Kec. Tulung.

Jika dari kota Klaten kurang lebih 17 km jaraknya. Berdiri di area dengan Luas kawasan 700 m2.  Pemandian ini sendiri berukuran 25 m x 8 m atau 200 m2 dengan rata rata Kedalaman 1,5 m.


Juga memiliki fungsi sebagai kolam renang,  dari arah barat laut pemandian Lumban Tirto juga terdapat sumber mata air alami Umbul Ingas yang punya view yang cantik.

Dengan prakarsa Paku Buwono ke sepuluh Umbul Ingas juga digunakan sebagai sumber air minum Keraton Surakarta Hadiningrat sampai sekarang.


21. Umbul Manten



Bust sobat travelers yang ingin berlibur ke kabupaten Klaten, jangan lupa buat menyempatkan diri mampir ke sumber mata air umbul manten.


Umbul manten berada di Kawasan Janti, umbul ini tak memiliki Kolam yang besar dan dalam seperti Umbul Ponggok.

Tapi jangan kecewa dulu ya, meskipun demikian sobat travelers masih bisa kok ber-swa foto underwater dan juga berenang tentunya.

Foto underwater akan terlihat epic karena memang kolamnya yang amat jernih serta segar.



22. Candi Sojiwan


Kita beralih ke destinasi wisata di Klaten berikutnya, terdapat candi Sojiwan. Candi ini punya corak sejarah kental dengan agama Buddha.

Candi Sojiwan berlokasi sekitar kurang lebih 2 km jika dari Candi Prambanan menuju arah selatan.

Tepatnya ada di Ds Kebon Dalem Kidul, Kec. Prambanan, Kab. Klaten.


Candi ini punya banyak ukiran relief pada bagian kaki candinya. Didalam ukiran tersebut tersirat cerita Pancatantra yang berasal dari India.


23. Umbul Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani



Destinasi liburan di Klaten berikutnya yang patut sobat travelers kunjungi ialah umbul mulyono dan umbul mulyani.

Dari namanya sudah kelihatan, yang mana umbul mulyono khusus buat cowok kemudian umbul mulyani diperuntukkan untuk cewek.

Berlokasi di Ds Pluneng, Kec. Kebonarum, Kab. Klaten pemandian umbul tirto mulani dan mulyono merupakan pemandian dengan sumber mata air alami yang pada jaman dahulu dipakai buat tempat pemandian laki-laki.


24. Hutan Kota Gergunung



Destinasi wisata di Klaten terakhir yang akan kita ilulas ialah hutan kota Gergunung.

Hutan kota Gergunung ialah salah satu destinasi wisata yang lagi trend di Klaten. Hutan ini sendiri dijadikan rumah bagi burung warna-warni yang indah.

Berlokasi di Jln. Ki Ageng Gribig, Kabupaten Klaten Utara. Sebaiknya sobat travelers berkunjung ke tempat ini ketika sore hari.

Gimana? Apa sobat merasa tertarik buat berliburan ke Klaten? Atau ada diantara sobat yang bertrmpat tinggal di Klaten tapi belum pernah menyambangi lokasi-lokasi yang sama-sama kita bahas di atas?

Sobat akan rugi rasanya bila belum menyambanginya, dan Itulah dua puluh empat Tempat Wisata di Klaten yang Wajib buat kamu kunjungi versi jadditahu.com, semoga bisa jadi referensi bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata.

Yang terakhir janga lupa buat like dan share artikel ini kepada sobat travelers lainnya. Agar dapat jadi panduan liburan di Klaten bagi yang ingin menghabiskan waktu luang berlibur.

0 Response to "24 Tempat Wisata di Klaten Hits Asik - Nomor 24 wisata paling baru"

Post a Comment